Serba Enak di Tangsel

Soto Betawi Djimat : Sluurp! Sedapnya Soto Campur dan Oseng Daging Betawi

Odilia WS - detikFood Kamis, 17 Sep 2020 12:00 WIB
Warung Soto Betawi Djimat Foto: detikfood
FOKUS BERITA Serba Enak di Tangsel
Jakarta -

Kalau kangen soto Betawi dan oseng yang pedas mampirlah ke warung ini. Warungnya nyempil dan mungil, tapi racikan soto di sini jadi favorit banyak orang.

Meskipun berada di kawasan BSD City tak banyak yang tahu keberadaan warung Soto Betawi Djimat ini. Tak jauh dari kawasan Icon atau AEON Mall, persis di sebelah arena BSD Xtreme Park ada banner mungil bertulisan hijau, Soto Betawi Djimat.

Diapit gedung bertingkat, warung soto Betawi ini sudah ada belasan tahun lalu. Pilihan menu utamanya, sop, soto dan oseng. Di jam makan siang biasanya dipenuhi karyawan kantor dan para mahasiswa di sekitar area ini.

Warung Soto Betawi DjimatWarung Soto Betawi Djimat Foto: detikfood

Warungnya sederhana, dengan meja panjang nempel di bagian depan dan meja kursi kayu sekitar 40 tempat duduk di bagian dalam. Masuk ke dalam warung langsung terasa hawa sedikit pengap dan hangat. Hanya ada kipas angin yang meniupkan sedikit angin semilir.

Saat pandemi makan di warung ini harus bersiap dengan masker, disinfektan buat menyemprot meja dan hand sanitizer buat mengusap tangan sebelum makan. Atau beli untuk bungkus dibawa pulang. Meskipun buka sejak jam 08.00 pagi tapi di jam makan siang agak berjubel dan harus sabar mengantre sambil jaga jarak.

Menu utamanya Soto Daging, Soto Ayam, Soto Campur, Sop Daging, Sop Campur, Oseng Daging, Oseng Campur dan Sop Iga Sapi. Warung Soto Bewati Djimat ini sudah ada sejak 11 tahun silam makanya pengunjungnya sebagian pelanggan setia.

Warung Soto Betawi DjimatWarung Soto Betawi Djimat Foto: detikfood

Soto Betawi ada yang berkuah santan, berkuah susu segar atau paduan keduanya. Soto Betawi berkuah susu biasanya diberi tambahan minyak samin. Soto versi ini merupakan pengaruh dari kuliner Arab atau Timur Tengah. Sementara yang berkuah santan ada yang putih dan ada yang diberi tambahan rempah sehingga warnanya kuning oranye dan rasanya sedikit pedas.

Kami ingin mencicipi kembali soto campur dan oseng daging di warung ini. Disajikan dengan mangkuk sedang soto campur mengepulkan aroma gurih daging. Permukaannya digenangi kuah berwarna kuning sedikit oranye dengan taburan emping dan bawang merah goreng.

Perlu diaduk-aduk agar semua tambahan bumbu larut dan emping dan tomat jadi sedikit lemas. Aroma tipis kapulaga tercium wangi, dan kuah santannya tak terlalu pekat. Gurih sedang dengan campuran rempah sedikit pedas.

Potongan daging sapinya empuk, demikian juga dengan iso, kikil dan babat yang dipotong sedang. Dikucuri air jeruk limau, sedikit kecap manis dan air jeruk limau rasanya makin sedap. Gurih, sedikit pedas, asam dan manis. Buat yang suka gurih kuat mungkin kuah soto ini kurang kental.

Warung Soto Betawi DjimatWarung Soto Betawi Djimat Foto: detikfood

Sedangkan Oseng Daging bisa dipilih disajikan dengan kaldu bening atau kuah santan. Kami memilih menikmati Oseng Daging dengan kuah bening yang ringan. Sajian oseng ini biasanya jadi menu tambahan di beberapa warung Soto Betawi di kawasan Tangerang Selatan.

Bahannya berupa daging sapi rebus yang dipotong-potong tipis. Bisa dicampur dengan kikil dan jeroan sapi. Kemudian daging ditumis dengan bumbu bawang merah iris dan cabe rawit hijau yang diiris kasar hingga daging agak kering.

Aroma wangi bawang merah tumis tercium kuat saat Oseng Daging disajikan beriringan dengan kuah beningnya. Dagingnya empuk dan makin enak karena ada selingan lemak yang sedikit gosong. Ditambah renyah cabe rawit yang pedas dan bawang merah yang segar. Ini sajian Betawi versi ringan yang enak dinikmati hangat.

Kaldunya berupa kaldu daging, bening sedikit kecokelatan dengan taburan bawang merah goreng dan daun bawang. Segar dihirup hangat, setelah lidah tersengat pedasnya cabe rawit. Bisa juga disiramkan ke atas nasi untuk 'mendorong' tumisan daging meluncur ke mulut. Jangan lupa kucuri sedikit air jeruk limau, sambal dan kecap manis. Makin mantap!

Warung Soto Betawi DjimatWarung Soto Betawi Djimat Foto: detikfood

Sebenarnya untuk teman makan soto dan oseng tersedia gorengan dan kerupuk. Sayangnya gorengan cepat ludes apalagi jika datang seusai jam makan siang. Soal harga, mudah diingat semua menu harganya Rp 30.000 berikut nasi. Jika tak pakai nasi cukup membayar Rp 25.000 saja.

Jika ingin mencicipi Soto Betawi dengan gagrak beda bisa mampir di Warung Djimat. Sebaiknya datang lebih awal saat makan siang atau beberapa saat setelah jam makan siang agar tak antre atau terjebak dalam kerumunan di warung ini.

Soto Betawi Djimat
Jl. Alsintan No.20, Sampora, Kec. Cisauk
Tangerang
Banten

Jam Buka : 08.00 - 19.00
Telpon : 081287767484



Simak Video "Soto Betawi Masyhur di Pasar Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Serba Enak di Tangsel