Pondok Salero: Lamak Bana! Nasi Berlauk Rendang Hitam Bukittinggi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 07 Sep 2020 17:00 WIB
Pondok Salero Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Kuliner di Jalan Biak tak hanya soto dan sop kaki kambing saja. Ada juga nasi Padang legendaris berlauk rendang hitam Bukittinggi.

Menyebut Jalan Biak, Roxy, banyak orang langsung teringat deretan penjaja soto dan sop kaki kambing kaki lima. Dua hidangan berkuah ini bisa dicicipi pagi dan malam hari dengan penjual berbeda.

Selain itu, ada berbagai makanan dan jajanan lain yang layak dicoba di Jalan Biak. Salah satunya nasi Padang racikan Pondok Salero yang ada di ujung Jalan Biak. Meski hanya menempati tenda kaki lima sederhana, kelezatan ragam lauk Minang di sini sudah tersohor.

Pondok SaleroPondok Salero Foto: dok. detikFood

Terbukti saat kami mampir di sore hari, sudah ada pelanggan yang mampir makan di tempat dan bungkus makanan untuk dibawa pulang. Mereka bisa memilih sekitar 20 lauk yang ditempatkan dalam baskom layaknya penyajian lauk khas nasi nagari Kapau.

Ada telur dadar Minang yang tebal, ikan kembung bakar, ayam gulai, ayam bakar, rendang kentang, rendang daging, jengkol, dendeng balado, sampai gulai tunjang. Semuanya bikin ngiler dengan tampilan bumbu dan kuah yang 'medok'.

Tertarik makan di tempat, pegawai sigap menuangkan nasi di piring untuk kami. Ia lalu menaruh lauk sesuai pesanan dan pelengkap gulai cubadak, acar timun segar, sambal merah, dan sambal hijau.

Pondok SaleroPondok Salero Foto: dok. detikFood

Kami tertarik mencoba rendang daging, dendeng balado, dan rendang kentang di sini. Juga buntil yang jarang kami temui di tempat lain. Total harga dua porsi nasi Padang yang kami pesan, Rp 60.000.

Rendang daging begitu mencuri perhatian. Balutan bumbunya tebal berwarna hitam. Bapak Ajay selaku pengelola Pondok Salero menjelaskan rendang adalah menu andalan di sini.

Rendangnya khas Bukittinggi. "Rendang dimasak setengah hari sampai hitam (bumbunya)," kata Bapak Ajay, pengelola Pondok Salero, pada detikFood (5/8). Di Bukittinggi, rendang dimasak sampai kering dan bumbunya berwarna hitam legam. Ada yang memasaknya berjam-jam hingga dua hari.

Pondok SaleroPondok Salero Foto: dok. detikFood

Benar saja, bumbu rendang di sini begitu gurih dan meresap sampai ke serat-serat daging. Tekstur dagingnya kokoh, tebal, dan empuk. Kami tak kesulitan saat harus memotek daging rendang untuk disuap bersama nasi hangat dan sambal. Lamak bana!

Baca Juga: Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang

Satu lagi menu khas Bukittinggi yang ada di Pondok Salero. Berupa rendang kentang yang terbuat dari baby potato. Lumuran bumbu rendangnya sama dengan rendang daging, hanya saja kentang memberi tekstur berbeda. Empuk sekaligus lembut yang bikin kami terpuaskan!

Pondok SaleroPondok Salero Foto: dok. detikFood

Dendengnya juga memikat selera, kami menyukai teksturnya yang pas. Meski lembaran daging dendeng agak tebal, namun saat digigit tetap garing dan renyah. Rasa gurihnya berpadu pas dengan sambal balado yang asam dan tak terlalu pedas.

Uniknya Pondok Salero juga menghadirkan buntil yang sebenarnya adalah makanan khas Jawa, bukan Minang. Diakui Bapak Ajay, menu ini sengaja dibuat untuk memenuhi selera orang Jawa.

Pondok SaleroPondok Salero Foto: dok. detikFood

Berupa daun singkong berbumbu santan dibentuk bulat dan diikat tali rafia plus daun pisang. Saat dibelah, di tengahnya terlihat isian kelapa dan teri Medan. Sensasi rasa gurihnya khas dengan selingan tekstur yang renyah.

Bapak Ajay bercerita Pondok Salero sudah ada sejak 1975. Ia adalah generasi ketiga yang menjalankan bisnis warung Padang ini. Pelanggannya kebanyakan langganan lama yang juga sudah turun temurun.

"Rendang itu jadi menu favorit di sini. Terus kita juga ada acar timun yang jadi pelengkap khas," beber Bapak Apjay soal menu Pondok Salero. Nah, kalau tertarik mampir, usahakan datang tak terlalu malam agar pilihan lauknya masih lengkap.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Ini Daftar Lengkap Rumah Makan Nasi Padang di Jakarta

Pondok Salero
Jl. Biak No. 37, Cideng, Jakarta Pusat
Jam buka: 16.30 - 24.00 WIB



Simak Video "Bikin Laper: Canadian Lobster Berlumur Saus Salted Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)