Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 14 Mar 2019 19:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Seperti apa resep rendang asli Minang serta apa beda rendang di tiap wilayah yang ada di Sumatera Barat? Simak penjelasan pakar kuliner Minang berikut.

Rendang berasal dari kata 'marandang' yaitu proses memasak untuk menghilangkan air. Untuk itu, proses masak rendang asli Minang membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam. Hingga daging jadi kering, minyak naik dan tak ada air.

Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang Foto: detikFood/iStock

Ada beragam jenis rendang di Sumatera Barat. Seperti rendang dengan ayam, paru, kentang, belut, udang, telur, itik, ikan, belut hingga daun-daunan serta umbi-umbian.

"Karena rendang adalah proses memasak yaitu 'marandang', jadi semua bahan pun bisa direndang. Kearifan lokal tidak menghalangi orang membuat rendang jadi kebanggaan daerah mereka," tutur Uni Reno Adam Suri, penulis buku 'Rendang, Minang Legacy to the World'.

Baca juga:Ini Bumbu Rahasia Rendang Minang yang Gurih Pedas dan Harum

Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang Foto: iStock

Resep rendang asli Padang memakai banyak rempah. Untuk bumbu wajib dalam pembuatan rendang antara lain bawang putih, bawang merah, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit dan daun jeruk. Diluar itu, orang Minang kadang memberi tambahan rempah lain.

Masing-masing wilayah sebenarnya memiliki ragam tambahan rempah sendiri. Karenanya ada perbedaan dalam resep rendang Padang asli Pariaman hingga resep rendang Padang asli Payakumbuh.

"Kalau di Padang biasanya pakai kunyit. Kalau di Payakumbuh itu nggak. Di Payakumbuh sendiri ada yang pakai kapulaga, ada yang nggak. Kemudian kalau di Batusangkar, mereka tambahin ketumbar hijau, ketumbar mentah. Bukit Tinggi lain lagi. Mereka tambahin damar (kemiri). Jadi lain-lain. Tapi tampilannya (rendang) semua sama. Hitam dan kering," ungkap Uni Reno.

Baca juga: Resep Daging: Rendang Padang

Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang Foto: iStock

Selain bumbu, pemakaian santan juga ikut berperan dalam kenikmatan rendang. Bahan yang satu ini wajib digunakan. Biasanya untuk 1 kg daging, dibutuhkan santan dari sekitar 3-4 butir kelapa.

Pembuatan rendang sendiri melalui tiga tahapan yaitu gulai, kalio dan rendang. Jika rendang buatan Anda gagal, bisa jadi Anda melewatkan salah satu tahapan.

Sebenarnya banyak faktor yang membuat rendang enak. Kegagalan proses masak bisa terjadi karena cara pengadukan hingga penggunaan bahan tidak segar yang mengakibatkan rendang agak pahit, tidak keluar minyak, dan masih banyak lagi

Dari sekian jenis rendang. Rendang daging dan ayam jadi varian rendang paling populer. Orang tak banyak tahu soal rendang belut dan rendang 40 daun.

Padahal saat lebaran, di Batu Sangkar harga belut justru lebih mahal dibanding harga daging. Bagi orang Batu Sangkar, rendang mereka bukanlah rendang daging melainkan rendang belut atau rendang baluik.

Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang Foto: Instagram

Baca juga:Lamak Bana Rendang dari Ranah Minang yang Diakui Dunia

Sedangkan rendang 40 daun terbuat dari 40 jenis daun berbeda. Rendang daun ini mudah didapat di wilayah Padang Payakumbuh. "Seperti Payakumbuh kan ada rendang daun kayu dari kaldu ikan, ikan gabus atau ikan haruan," tambah Uni Reno.

Bukan tanpa alasan warga Payakumbuh membuat rendang daun. Menurut wanita berdarah Minang itu, penduduk setempat tahu khasiat dari berbagai jenis daun yang dibuat rendang.

"Orang Sumatera Barat nggak minum jamu jadi mereka merasa apa yang berkhasiat dimasak jadi lauk. 40 daun itu mereka tahu semua khasiatnya. Bahkan ada yang bilang 40 daun itu masih kurang, ada yang menyebut 100 daun."

Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang Foto: Istimewa

Soal karakter rasa, daun tidak memberi rasa yang signifikan maka beberapa orang menambahkan bahan tambahan. "Ada yang menambahkan kaldu ikan untuk rasa manis dan ada juga yang menambahkan kuah gulai," tutup pemilik akun YouTube Reno Andam itu.

Karena tingkat kesulitan dan kelezatannya, rendang asli Minang didapuk menjadi makanan terenak di dunia. Tahun 2017, CNN Travel merilis 50 makanan terlezat di dunia. Rendang dari Indonesia tetap masuk di urutan pertama.

Itu jadi kali kedua rendang masuk dalam makanan terenak versi CNN Travel. Sebelumnya, pada Juli tahun 2011 CNN Go's menobatkan rendang sebagai makanan terenak peringkat 11. Dan di September 2011, kemudian rendang naik hingga nomor 1. Di bulan Juli 2017, rendang tetap berada di posisi pertama.

Ini didapatkan dari suara terbanyak dalam jajak pendapat atau polling melalui Facebook. Ada lebih dari 35.000 suara yang memberikan vote, rendang jadi salah satu yang paling banyak.

Baca juga: Rendang 40 Daun dan Rendang Baluik yang Autentik Minangkabau

Berikut cara pembuatan rendang daging milik William W. Wongso yang diambil dari WilliamWongso Series.

Bahan:
1 kg daging sapi
3 butir kelapa, diambil santan kental dan santan encernya
4 lembar daun jeruk
3 batang serai, memarkan
4 butir asam kandis
100ml minyak goreng
5 gram garam
Bumbu:
60 g bawang merah
50 g bawangputih
250 g cabai merah besar
100 g lengkuas
50 g kemiri
2 g cengkeh

Cara membuat :

Haluskan semua bahan Bumbu dengan diulek atau dblender.
Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga wangi.
Masukkan batang serai, daun jeruk, asam kandis dan garam, aduk rata.
Tuangi santan dan dididihkan, masukkan daging.
Masak dengan api kecil selama beberapa jam sampai daging empuk dan bumbu kecoklatan sesuai selera.
Tambahan BW: Ada lagi rendang daging sapi khas Kapau, yaitu dengan tambahan kentang kecil, atau singkong goreng, atau kacang merah. Kacang merah direndam semalam, kemudian direbus tetapi tidak sampai empuk, kemudian ditambahkan pada jam terakhir memasak rendang. Bila terlalu cepat dimasukkan ke dalam rendang, kacang merah akan tergoreng dalam minyak yang terpisah dari santan dan menjadi keras).

(dwa/odi)