Ayam Cipo: Mantap Banget! Makan Ayam Goreng Serundeng Pakai Lalapan Sebaskom

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Agu 2020 17:00 WIB
Ayam Cipo Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Ayam Cipo patut jadi tujuan bersantap para foodies saat di Bogor. Menu ayam goreng serundengnya gurih renyah dengan cocolan sambal dan pendamping ragam lalap.

Kulineran di Bogor seolah tak ada habisnya. Ada banyak makanan legendaris hingga kekinian yang patut dicoba. Khusus penggemar ayam goreng, cobalah sambangi Ayam Cipo yang memiliki dua lokasi di Kota Hujan.

Lokasi pertama yang makin terkenal setelah dikunjungi banyak YouTuber makanan ada di kawasan Batu Tulis. Lalu untuk lokasi kedua tak jauh dari pusat kota yaitu di Jalan Ahmad Yani, Tanah Sareal, sejajar dengan banyak tempat makan kekinian.

Buka mulai pukul 3 sore, gerai Ayam Cipo di sini juga kerap ramai pembeli, terlebih di akhir pekan. Pemandangan jamak yang langsung kami lihat saat ke sini adalah baskom-baskom lalapan yang ada di tiap meja. Lalapan disusun menarik dengan komposisi warna yang mencuri atensi.

Ayam CipoAyam Cipo Foto: dok. detikFood

Ayam Cipo memang terkenal menawarkan sensasi makan ayam goreng pakai lalapan super banyak. Jenis lalapannya ada lebih dari tujuh. Mulai dari mentimun, tomat, terung hijau, terung ungu, daun selada, daun kemangi, hingga daun pohpohan. Semuanya bisa diambil gratis sampai puas!

Mampir di malam hari saat akhir pekan, kami melihat banyak pengunjung sudah memadati area pemesanan. Sistemnya, harus mengambil sendiri lauk yang diinginkan, setelah itu menyerahkannya ke kasir untuk dihitung dan digoreng.

Menu andalannya tentu saja ayam goreng, namun ada juga bebek goreng. Juga menu lain seperti ceker ayam, sate usus, dan tahu tempe goreng. Nantinya menu-menu yang sudah kami pilih akan diantar langsung ke meja. Soal harga, per potong ayam goreng sekitar Rp 17.000 dan bebek goreng Rp 35.000.

Ayam CipoAyam Cipo Foto: dok. detikFood

Lalu nasinya bisa pilih nasi biasa atau nasi uduk. Sayangnya ketika kami mampir, bebek dan nasi uduknya sedang habis. Lantas setelah memesan dan menunggu beberapa menit, pesanan kami akhirnya datang.

Baca Juga: RM Aroma: Empuk Gurih Ayam Goreng dan Burung Marlon Bumbu Kuning dari Bogor

Wah! Lauknya nampak menggugah selera karena disajikan dalam satu wadah, lengkap dengan taburan serundeng yang royal. Kami juga meminta lalapan terung ungu digoreng sehingga diantara tumpukan lauk terlihat lembaran terung. Konon terung goreng di sini memang jadi favorit.

Ayam CipoAyam Cipo Foto: dok. detikFood

Mencicipi ayam goreng, kami langsung jatuh cinta dengan teksturnya yang empuk dan juicy. Padahal Ayam Cipo memakai ayam kampung yang dagingnya identik lebih keras. Namun hal itu tidak terasa pada ayam goreng di sini.

Sebelumnya ayam sudah diungkep lama dengan bumbu kuning sehingga rasa gurihnya meresap sampai ke dalam daging. Taburan serundeng semakin menyempurnakan rasanya karena menghadirkan sedikit aksen manis.

Makin enak saat ayam dicocol ke sambal bawang yang minyaknya lumayan 'banjir'. Menurut kami, rasa pedas sambal berwarna merah oranye ini pas. Lumayan menggigit tapi tak bikin kami kapok mencocolnya lagi dan lagi. Apalagi ketika sudah dipadukan nasi hangat.

Ayam CipoAyam Cipo Foto: dok. detikFood

Sate usus di sini juga wajib dicoba. Meski bumbu ungkepnya sama-sama kuning, rasanya sedikit lebih manis. Usus ini digoreng tidak sampai kering sehingga masih terasa empuk, bukan garing.

Sensasi menjajal ragam lalapan disinipun ikut kami coba. Semuanya segar dan enak dimakan mentah. Favorit kami adalah daun kemangi dan daun pohpohan yang renyah segar dan harum aromatik.

Ayam CipoAyam Cipo Foto: dok. detikFood

Kepada detikFood (25/7), Dicky selaku manajer Ayam Cipo di Tanah Sareal mengungkap dalam sehari mereka bisa sediakan 8 kg lalap per jenisnya. Jumlah ini untuk akhir pekan, sedangkan di hari biasa kisarannya 4 kg.

Untuk ayam kampung, sengaja dipilih yang umurnya masih muda sekitar 3-4 bulan. Pantas saja tekstur empuk dan lebih juicy! Ayam ini bisa laku 300 potong di akhir pekan dan sekitar 160 potong kalau hari biasa.

Baca Juga: Gurih 7: Raos Pisan! Ayam Goreng Basah Khas Sunda yang Gurih Lembut

Ayam CipoAyam Cipo Foto: dok. detikFood

Dicky mengaku serundeng, sambal, dan terung goreng jadi dua pelengkap paling favorit pengunjung di sini. Apalagi Ayam Cipo juga dijual via aplikasi ojek online dimana pelanggan bisa beli ekstra sambal sangat banyak, padahal beli ayamnya sedikit.

"Misalnya mereka beli ayam 2 potong, tapi sambalnya ekstra 10. Ini paling banyak dipesan online," kata Dicky. Meski gerainya baru kembali buka 5 Juni 2020 karena sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, kini Ayam Cipo kembali ramai pengunjung.

Ayam CipoAyam Cipo Foto: dok. detikFood

Pihaknya tetap mengingatkan agar pengunjung mematuhi protokol kesehatan saat bersantap di tempat. Seperti mencuci tangan dengan sabun, wajib pakai masker ketika tidak makan, dan sebisa mungkin menjaga jarak satu sama lain minimal satu meter.

Pencinta ayam goreng, pastikan mampir ke Ayam Cipo kalau sedang kulineran di Bogor. Bisa pilih di Batu Tulis atau di Jalan Ahmad Yani yang gerainya lebih modern. Namun kekurangannya satu, di sini tidak tersedia petai goreng seperti yang jadi favorit di Ayam Cipo Batu Tulis.

Ayam Cipo
Jl. Ahmad Yani
Tanah Sareal, Bogor
Telepon: 0812 97359893
Jam buka: 15.00-22.00 WIB



Simak Video "Bikin Laper: Review Ayam Goreng-Samosa Buatan UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)