Warung Gaul Ayam Malaya: Crispy Gurih Ayam Malaya yang Legendaris

Riska Fitria - detikFood Kamis, 09 Jan 2020 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood / Riska Fitria
Jakarta - Kawasan Menteng, Jakarta Pusat dikenal sebagai kawasan elite. Namun di antara rumah mewah terdapat warung kaki lima legendaris yang menawarkan menu ayam malaya.

Menelusuri kawasan elite di Menteng kamu akan menemukan sebuah warung sederhana yang mangkal di pinggir jalan. Warung tersebut dikenal dengan nama Warung Gaul Ayam Malaya yang sudah ada sejak tahun 1980-an.

Warung Gaul Ayam Malaya: Crispy Gurih Ayam Malaya yang LegendarisFoto: dok. detikFood / Riska Fitria

Sesuai namanya, warung sederhana tersebut menawarkan menu ayam malaya. Selain itu juga menawarkan menu nasi goreng dengan berbagai varian. Namun, Warung Gaul Ayam Malaya ini memiliki dua menu yang menjadi andalan dan selalu dicari pelanggan.

"Menu yang paling favorit di sini itu ada ayam gohyong dan ayam malaya," ujar salah satu pelayan kepada detikcom (8/1).

Lebih lanjut, pelayan tersebut menjelaskan bahwa ayam gohyong merupakan olahan daging ayam cincang yang dicampur dengan daging sapi. Kemudian daging cincang tersebut dibalut dengan telur lalu digoreng. Gohiong sendiri sebenarnya dikenal dalam kuliner Betawi yang merupakan makanan khas China.


Sementara ayam malaya merupakan makanan yang terbuat dari daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung dan digoreng. Di media sosial, kedua makanan tersebut sangat populer. Bahkan banyak dari netizen yang merekomendasikan untuk datang ke warung tersebut dan mencicip menu makanannya.

Karena penasaran, akhirnya kami pun mengunjungi warungnya. Lokasinya berada di pertigaan jalan. Tampilan Warung Gaul Ayam Malaya sangat sederhana. Hanya berupa gerobak dengan 3 meja dan beberapa bangku, bahkan tanpa tenda.

Namun, warung tersebut tetap dipenuhi dengan pengunjung yang silih berganti. Kami langsung memesan kedua menu yang telah direkomendasikan. Warung Gaul Ayam Malaya ini dilayani oleh beberapa pelayan, sehingga kami tidak perlu menunggu waktu lama untuk pesanan kami.

Warung Gaul Ayam Malaya: Crispy Gurih Ayam Malaya yang LegendarisFoto: dok. detikFood / Riska Fitria

Pertama ada Ayam Gohyong (Rp. 25.000). Dilihat dari porsinya cukup royal, dengan potongan ayam gohyongnya yang juga terbilang besar. Ayam gohyong tersebut disajikan dengan kuah mentega yang berwarna kecokelatan dari mentega dan kecap asin.

Teksturnya tidak renyag tapi sedikit lembek. Ketika dipotong, cincangan daging di dalamnya langsung keluar. Ketika ayam gohyong disantap berbarengan dengan kuah mentega rasanya makin mantap. Karena saus yang gurih sedikit asam.

Begitu pun dengan menu ayam malaya (Rp. 25.000) yang juga memiliki porsi yang royal. Dengan melihat tampilannya, kamu pasti langsung terbayangkan dengan tekstur renyah dari ayam malaya tersebut. Benar saja, begitu disantap bunyi 'kress' pun terdengar karena teksturnya yang crispy.

Warung Gaul Ayam Malaya: Crispy Gurih Ayam Malaya yang LegendarisFoto: dok. detikFood / Riska Fitria

Meskipun tak berupa lapisan tepung crispy seperti ayam goreng fastfood. Lapisan tepungnya tebal tetapi daging ayam cukup padat. Menu ayam malaya ini juga disajikan dengan kuah mentega yang gurih.

Menu makanan di sini disajikan hangat-hangat, sehingga sangat cocok disantap saat cuaca dingin. Meski hanya warung kaki lima, tetapi makan di Warung Gaul Ayam Malaya sangat nyaman.

Letaknya yang berada di antara perumahan elit, membuat pelanggan tidak dibisingkan dengan kendaraan yang lalu lalang melintas. Warung ini dapat dikunjungi setiap hari, tetapi hanya buka di waktu malam saja. Kalau penasaran, langsung saja mampir ke warungnya.

Warung Gaul Ayam Malaya
Jl. Lombok, Gondangdia
Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka : 18.00 - 01.00

Simak Video "Gurih Ayam Gohyong dan Malaya dengan Porsi Royal"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)