Sate Kambing Muda Habib: Maknyus! Sate Kambing Muda dan Sop Marak Arab

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 06 Agu 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Tak jauh dari stasiun kereta Tebet, ada warung sate yang terkenal dengan daging kambing mudanya. Warung sate ini sudah buka sejak 23 tahun yang lalu.

Di sepanjang Jalan KH Abdullah Syafei, Jakarta Selatan, banyak warung sate berjejeran di pinggir jalan. Tapi ada satu warung sate yang menarik perhatian, namanya Sate Kambing Muda Habib atau SKM Habib. Tempatnya tak terlalu besar, dengan tempat bakar sate di bagian depan warung. Menyajikan menu sederhana, seperti sate kambing, sate ayam, hingga sop marak gaya Arab.
Sate Kambing Muda Habib: Maknyus! Sate Kambing Muda dan Sop Marak ArabFoto: dok. detikFood
Baca Juga: Mantap! 5 Tempat Makan Ini Punya Sate Kambing Muda yang Maknyus

"Warung sate ini sudah buka dari tahun 1996 lalu. Tapi dulu tempatnya bukan di sini, tapi di ujung jalan. Cuma masih satu jalan di Jalan Abudllah Syafei juga," tutur salah satu pelayan di sana.

Penasaran dengan rasa makanan di sini, kami pun memesan beberapa menu andalannya. Tentu saja kami memesan Sate Kambing Muda (Rp 50.000) andalannya., Satu porsi, 10 tusuk daging kambing muda yang berusia di bawah 5 bulan (batibul).
Sate Kambing Muda Habib: Maknyus! Sate Kambing Muda dan Sop Marak ArabFoto: dok. detikFood
Potongan daging kambingnya cukup besar, dipadukan dengan sedikit lemak kambing, lalu dipanggang dengan bumbu kecap dan olesan bumbu rahasia spesial Warung Sate Habib. Berbeda dengan warung sate lainnya, di sini sate kambing disajikan dengan kecap dan acar yang minimalis. Tak terlalu banyak, tapi cukup untuk dijadikan cocolan.

Tekstur daging sate kambingnya garing di luar, tapi empuk di dalam. Tak perlu tenaga untuk mengunyah sate kambing ini, karena sangat empuk dan ada sensasi 'meleleh' di lidah karena rasa gurih dan juicy yang kuat dari lemak kambing. Acara yang terdiri dari potongan tomat, bawang merah dan cabai rawit hijau menpersegar rasa sate ini.
Sate Kambing Muda Habib: Maknyus! Sate Kambing Muda dan Sop Marak ArabFoto: dok. detikFood
Bagi yang tak terlalu suka daging kambing, sate kambing di sini cocok untuk dicoba. Karena daging kambing di sini tak berbau lemak tajam.

Sop kambing di sini juga terkenal enak, Sop Marak (Rp 50.000). Bukan sop daging kambing gaya Betawi tetapi Arab yang dibuat tanpa santan. Warna kuah sopnya bening, sedikit kekuningan dari kunyit yang digunakan. Potongan daging kambingnya juga banyak, disajikan dengan irisan tomat dan bawang goreng. Aroma wangi kapulaga, kayumanis dan cengkeh tercium kuat.
Sate Kambing Muda Habib: Maknyus! Sate Kambing Muda dan Sop Marak ArabFoto: dok. detikFood
Rasa rempah yang tak berlebihan dan kaldu yang bening gurih membuat enak dihirup. Isiannya berupa tetelan daging kambing muda yang sangat empuk dikunyah. Cocok untuk disantap bersama sate kambing dan nasi putih hangat.

Selain itu tersedia juga Sate Ayam (Rp 35.000), seporsinya berisi 10 tusuk sate. Di sini sate ayamnya tak kalah populer. Karena menggunakan potongan daging ayam yang besar tanpa lemak. Sate disajikan dengan bumbu kacang yang sangat kental teksturnya mirip seperti sela. Rasanya manis dari bumbu kecap, dan gurih dari bumbu kacang. Kalau suka pedas, bisa tambah irisan cabe rawit hijau di atasnya.
Sate Kambing Muda Habib: Maknyus! Sate Kambing Muda dan Sop Marak ArabFoto: dok. detikFood

Selain tiga menu andalan di atas, di sini juga menyediakan Nasi Kebuli yang bisa dipesan satu hari sebelumnya, hingga sop kaki kambing yang enak.

Baca Juga: Sate Bang Dudung : Sate dan Sop Kambing Empuk Legendaris di Kampung Melayu

Warung Sate Habib Kambing Muda
Jl. KH. Abdullah Syafei No.17.
Bukit Duri, Jakarta Selatan.
Jam Buka: 11.00 - 23.00
Telp: 0878-8668-1200.

Simak Video "Nikmati Sate Kambing Muda dan Sop Marak Arab Racikan SKM Habib"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)