Bu Hendro: Mantap! Nasi Bakar Ditemani 50 Pilihan Lauk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Agu 2019 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mau hemat di awal bulan? Angkringan Bu Hendro di pelataran Blok M Square bisa jadi pilihan. Ada nasi bakar plus lauk mulai dari Rp 5.000 saja!

Selain terkenal sebagai pusat perbelanjaan, Blok M Square juga tersohor sebagai kawasan kuliner. Sebab setiap hari mulai sore hari, di pelataran pintu Timur akan hadir beragam penjaja makanan kaki lima.

Ada yang berjualan di kios, gerobak, hingga lesehan. Pilihan makanannya dijamin memuaskan seperti soto ayam, mie ayam, bakso, ayam gepuk, bebek goreng, sate ayam, hingga es buah dan beragam kudapan.

Bu Hendro: Mantap! Nasi Bakar Ditemani 50 Pilihan LaukAngkringan Bu Hendro di Pintu Timur Blok M Square (Foto: dok. detikFood)

Kalau mau cicip nasi dan beragam lauk pauk khas Jawa, mampirlah ke angkringan gaya Jogja bernama Bu Hendro. Gerainya menarik perhatian dengan embel-embel sambal setan. Yang unik, angkringan ini juga menjajakan nasi bakar.

Nasi berbungkus daun pisang ini hadir dalam beragam jenis dan isian. Ada nasi bakar merah, uduk, kuning, dan putih. Sementara isiannya berupa orek, teri, cakalang, ayam, peda, dan cumi. Nantinya nasi akan dibakar sesaat sebelum disajikan.

Kami mencicip nasi merah dan nasi uduk bakar dengan isian ayam. Harganya Rp 10.000 per bungkus. Sebagai 'teman' menyantap nasi bakar, terlebih dulu kami asyik mengamati sekitar 50 lauk yang dijejer di gerobak. Semuanya kelihatan menggoda.

Bu Hendro: Mantap! Nasi Bakar Ditemani 50 Pilihan LaukJejeran sekitar 50 lauk di Angkringan Bu Hendro (Foto: dok. detikFood)

Sebut saja cumi cabe ijo, oseng kikil, jengkol balado, telur balado, sambal teri kacang, tumis bunga pepaya, telur dadar, urap, paru balado, hingga gudeg dan krecek. Tak ketinggalan berapa sate seperti paru, otak-otak, usus, dan bacem telur puyuh.

Pilihan kami jatuh pada nasi merah bakar plus urap (Rp 5.000), cakalang suwir (Rp 5.000), dan cumi cabe ijo (Rp 10.000). Wah, nasi bakar yang tersaji hangat-hangat menguarkan aroma bakaran daun pisang yang menggugah.

Nasi merah di angkringan ini rupanya dicampur sedikit nasi putih sehingga teksturnya tidak pera. Yang kami suka, nasi merahnya begitu empuk dan tak bau langu seperti nasi merah pada umumnya.

Bu Hendro: Mantap! Nasi Bakar Ditemani 50 Pilihan LaukUrap, cakalang suwir, dan cumi cabe ijo jadi lauk nikmati nasi bakar (Foto: dok. detikFood)

Empuknya nasi merah berpadu enak dengan isian ayam suwir bumbu balado dan campuran daun kemangi. Menyantap nasi ini pun makin nikmat dengan cakalang suwir yang empuk, gurih, dan pedas khas bumbu balado. Namun kami perlu hati-hati menyantapnya karena duri cakalang masih lumayan banyak.

Pencinta cumi asin seperti kami puas dengan potongan cumi yang kenyal dan pedas. Rasa asinnya pas dengan semburat sedikit asam dari tomat hijau. Sementara urap sayur begitu menyegarkan meski rasanya tak begitu istimewa.

Penasaran nasi uduk bakar, kami menyandingkannya dengan krecek (Rp 5.000), telur puyuh balado (Rp 5.000), dan teri balado (Rp 5.000). Krecek ala Bu Hendro tak terlalu merah kuahnya. Berisi lembaran kerupuk kulit dan tahu coklat segitiga.

Bu Hendro: Mantap! Nasi Bakar Ditemani 50 Pilihan LaukNasi uduk bakar dengan paduan telur puyuh dan teri balado (Foto: dok. detikFood)

Kreceknya tak terlalu pedas, melainkan lebih gurih. Kuah santannya sendiri tak terlalu kental. Untuk ukuran harga Rp 5.000, menurut kami krecek ini lumayan enak.

Telur puyuh baladonya juga dibalut bumbu merah menyala. Namun rasa pedasnya tak terlalu kuat. Begitu juga dengan teri gorengnya yang justru dominan asin. Sepertinya hal ini sengaja karena Angkringan Bu Hendro menyediakan sambal setan secara terpisah. Ada juga sambal bawang dan sambal dabu-dabu yang menyegarkan

Bu Hendro: Mantap! Nasi Bakar Ditemani 50 Pilihan LaukKrecek di Angrkingan Bu Hendro (Foto: dok. detikFood)

Pengelola angkringan, Aris, mengatakan seporsi menu di sini dijual tak lebih dari Rp 35.000. "Tergantung jenis lauk dan banyak sedikit lauk yang diambil," kata Aris saat ditemui detikFood (1/8).

Nah, kalau malam ini mau mampir makan enak dan murah meriah, Angkringan Bu Hendro bisa jadi pilihan. Apalagi di sekitar angkringan ada banyak penjual makanan dan jajanan enak lainnya.

Angkringan Bu Hendro
Pintu Timur Blok M Square
Waktu buka: Setiap hari 18.30 - 24.00



Simak Video "Merakyat Nikmat! Angkringan Sampai Risol Pedas di Kawasan Blok M Square"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)