Persiapan dan Perlengkapan MPASI Bayi Usia 6 Bulan, Bunda Harus Tahu

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 19:18 WIB
mpasi Foto: Getty Images/iStockphoto/dlerick
Jakarta -

Persiapan dan perlengkapan MPASI bayi usia 6 bulan sudah bisa Bunda siapkan. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak-anak dapat diberikan makanan selain ASI saat memasuki usia 6 bulan.

Saat usianya 6 bulan, anak membutuhkan asupan gizi tambahan. Makanan pendamping ASI ini dapat diperkenalkan saat tulang dan otot leher si kecil sudah dapat menopang kepalanya.

Di awal perkenalan MPASI, berikan tekstur makanan bayi yang lunak dan lembut. Teksturnya akan naik seiring dengan usia si kecil. Di usia 7 bulan, tekstur makanan anak tetap halus namun kental. Naik usia 8 bulan, teksturnya bisa lumat seperti nasi tim.

Saat usia 9 bulan hingga 11, si kecil bisa mengonsumsi makanan yang dicincang halus atau kasar dan sudah boleh diberikan finger foods. Kemudian ketika masuk usia 12 bulan anak sudah siap untuk mengonsumsi makanan keluarga.

Lalu apa saja persiapan dan perlengkapan MPASI bayi usia 6 bulan?

Peralatan MPASI

Ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan saat mulai MPASI. Namun tidak semuanya harus Bunda miliki, pilih saja yang sesuai dengan fungsi dan kemampuan agar tidak memberatkan. Berikut pilihannya:

1. Slow Cooker

mpasimpasi Foto: Getty Images/iStockphoto/dlerick


Slow cooker bisa jadi pilihan bagi Bunda yang tak ingin repot membuat MPASI di rumah. Slow cooker dapat membuat makanan lembut tetapi tidak merusak kandungan gizinya. Bunda bisa membeli slow cooker bayi yang bagus di toko-toko ataupun e-commerce. Perhatikan daya listrik atau wattnya ya, sebaiknya pilih yang tak terlalu besar.

2. Food Processor

mpasimpasi Foto: Getty Images/iStockphoto/dlerick


Food processor bayi berguna untuk membuat makanan bayi lebih mudah. Food processor bayi sering disebut juga dengan food maker. Food processor ini juga dapat mengiris, memotong, membelah dan mengukus makanan yang kemudian nantinya dihaluskan menjadi bubur.

3. Blender

mpasimpasi Foto: Getty Images/iStockphoto/dlerick


Blender juga digunakan untuk menghaluskan makanan si kecil. Hanya saja penggunaan blender MPASI sebaiknya jangan dicampur dengan bahan lainnya seperti sambal atau bumbu.

4. Saringan Kawat

mpasimpasi Foto: Getty Images/iStockphoto/dlerick


Persiapan dan perlengkapan MPASI bayi 6 bulan tidak sesulit yang dibayangkan. Jika tak memiliki blender atau slow cooker, Bunda bisa memasak makanan bayi dengan panci dan penghalusannya bisa dibantu dengan saringan bersih yang tidak dicampur untuk menghaluskan bahan makanan lain selain MPASI.

5. Wadah bebas BPA

Kotak MakanKotak Makan Foto: Istock


Persiapan dan Perlengkapan MPASI juga harus bebas BPA (Bisphenol-A). Wadah makan, sendok, garpu dan piring haruslah yang tidak mudah pecah dan pilihlah peralatan MPASI bayi yang bertuliskan food grade untuk membuat nasi tim bayi atau sajian makanan lainnya.

BPA ini mengandung zat berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan sistem kerja kelenjar endokrin.



slow cooker bayi yang bagus
food processor bayi
blender mpasi
nasi tim bayi



Simak Video "Tips Bikin Kaldu Daging untuk MPASI ala Ayu Dewi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)