Si Kecil Tak Doyan Sayur? Lakukan 5 Trik Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 08 Apr 2019 18:19 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sayur mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan si kecil. Tak suka sayur? 5 trik ini bisa Anda coba.

Rasa sayur yang kurang enak dan agak pahit memang membuat si kecil enggan mengonsumsinya. Para ahli berpendapat sebaiknya jangan membohongi anak-anak agar makan sayur dengan dicampurkan ke dalam makanan lain.

"Jika anak-anak tidak diberi kesempatan untuk benar-benar mengenal sayuran bagaimana tampilan, rasa dan teksturnya. Maka mereka tidak mendapat kesempatan untuk melatih selera mereka," jelas Dr. Natalie Muth, seorang dokter di Carlsbad, California sekaligus juru bicara American Academy of Pediatrics.

Dikutip dalam NY Times (03/04) berikut ini beberapa trik mudah yang disarankan untuk membuat si kecil suka sayuran.

Baca juga: Ibu Ini Rangkai Sayuran Jadi Karakter Kartun Agar Putranya Makan Sayur

1. Makan malam bersama

Si Kecil Tak Doyan Sayur? Lakukan 5 Trik Ini!Foto: Istimewa

Anak-anak yang makan malam bersama keluarga secara teratur dapat membangun pilihan makanan sehat. Dengan menikmati makan bersama kedua orang tua juga bisa membantu mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Anak-anak yang sering menikmati makan bersama juga dapat menghindari makanan goreng dan soda.

Ketika keluarga memberikan makanan alternatif untuk anak, "Maka dia belajar". Tak perlu dipaksa banyak porsinya. Anak-anak sangat pandai untuk tahu berapa banyak makanan yang mereka butuhkan. Tugas kita adalah selalu menawarkan dan membuat sayur dan buah diolah menjadi makanan dengan rasa yang enak.

2. Jangan manjakan selera mereka

Si Kecil Tak Doyan Sayur? Lakukan 5 Trik Ini!Foto: Thinkstock

Agar si kecil mudah mencoba makanan baru, anak-anak harus datang ke meja untuk makan bersama. Dengan mengajak si kecil makan tanpa paksaan, suatu saat mereka akan dengan sendirinya mencintai makanan tersebut. Kenalkan mereka dengan beragam jenis sayur dan buah. Jika menolak, Anda harus bersabar dan mencobanya lagi.

3. Biarkan anak-anak bermain dengan makanan

Si Kecil Tak Doyan Sayur? Lakukan 5 Trik Ini!Foto: Thinkstock

Melanie Potock, spesialis pemberian makanan anak-anak di Longmont, Colorado. Dr. Fernando pernah menulis buku soal pola makan yang sehat dan menyenangkan. Ia menyarankan untuk bermain dengan makanan misalnya saja menggunakan labu yang dibentuk kotak dan disusun menyerupai bangunan.

Bisa juga menggunakan asparagus sebagai kuas cat dan catnya menggunakan jus buah untuk melukis. Ini bisa membangun kedekatan si kecil dengan makanan sehat.

4. Ajak anak-anak untuk membantu di dapur

Si Kecil Tak Doyan Sayur? Lakukan 5 Trik Ini!Foto: iStock

Membiarkan anak-anak untuk membantu di dapur juga bisa membuka pikirannya. Salah satunya mintalah ia untuk menyiapkan wortel untuk dipanggang. Ketika sedang menyiapkan makanan, biarkan mereka mengeksplorasi. Beberapa kali mintalah ia untuk mencicip makanan yang ia siapkan atau dimasak bersama.

5. Masak sayuran favoritnya

Si Kecil Tak Doyan Sayur? Lakukan 5 Trik Ini!Foto: iStock

Anak-anak pastinya akan lebih mudah makan kalau yang disajikan adalah makanan favoritnya. Coba cari tahu sayuran apa yang paling disuka.

Biasanya anak-anak suka makan bayam, wortel atau jagung. Olah sayuran ini jadi makanan yang menarik dan enak.

Baca juga: 5 Cara Jitu Agar Anak Doyan Makan Sayur dan Buah (lus/odi)