Bekal Sekolah Sehat

Siapkan Bento yang Lucu untuk Bekal Si Kecil dengan 4 Langkah Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 25 Jul 2016 14:56 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat
Jakarta - Bento dengan tampilan lucu pasti menarik perhatian si kecil. Untuk meraciknya, dibutuhkan beberapa trik khusus. Dengan tips ini, Anda bisa membuatnya sendiri.

Membawa bekal sendiri di rumah menjadi salah satu cara memberikan makanan sehat si kecil. Bekal yang dibuat sendiri lebih terjamin kebersihan serta komposisi gizinya. Dengan makan-makanan bersih dan sehat tentu perkembangan anak akan semakin optimal dan belajarnya bisa lebih fokus.

Berikut ini beberapa tips membuat bento unik yang mudah di rumah.

1. Siapkan alat


Untuk membuat bento, diperlukan beberapa alat. Salah satu yang bisa Anda siapkan adalah lunch box, cetakan nasi, tusukan makanan dan cetakan lauk.

Dengan alat ini, tentu Anda dapat lebih mudah menghasilkan bentuk makanan yang disukai si kecil. Nasi putih ataupun nasi kuning bisa dibentuk dengan cetakan berbentuk kelinci, selain itu untuk beberapa lauk seperti telur ataupun sayuran bisa Anda bentuk jadi menjadi bunga ataupun dicetak berbentuk bintang.

2. Rencanakan komposisi


Dalam satu kotak makan bekal Anda pastikan isinya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan sayuran. Bagi si kecil yang tidak suka sayur, bisa Anda siasati dengan buah-buahan. Buah tidak hanya bisa disajikan dalam bentuk potongan, akan tetapi juga bisa dibuat dalam bentuk puding hingga smoothies.

3. Buat tema

Setelah mengetahui bahan apa yang digunakan untuk mengisi kotak bekal, Anda bisa berimajenasi dengan tema. Tema tertentu seperti hello kitty, beruang hingga kelinci yang lucu.

4. Susun rapih
Susun makanan bekal dengan rapih. Untuk menghindari bercampurnya saus atau lauk lainnya sebaiknya gunakan kotak makan yang berisi beberapa partisi. Pisahkan saus agar tak bercampur dengan nasi serta lauknya dan jangan lupa lengkapi bekal dengan buah.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com