Benarkan Temulawak Dapat Tingkatkan Nafsu Makan pada Anak?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 23 Des 2015 12:43 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Temulawak bisa dibuat jamu atau dicampurkan ke dalam makanan. Keduanya dipercaya dapat bantu tingkatkan nafsu makan. Benarkah?

Temulawak merupakan jenis tanaman rimpang yang bentuknya mirip seperti kunyit. Di Indonesia, temulawak banyak dijadikan sebagai bahan campuran herbal atau jamu. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa memberikan temulawak pada anak-anak dapat membantu tingkatkan nafsu makan.

Foto: Thinkstock

“Temulawak dan juga kunyit mengandung kurkumin. Akan tetapi bukan berarti saat diberi temulawak anak akan langsung nafsu makan. Tentu suasana makan dan rasa makanan yang lezat dapat membantu tingkatkan selera makan anak,” jelas Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS selaku Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia kepada detikFood (29/11/15).

Hampir sama dengan pernyataan sebelumnya. Menurut Dr. Ulul Albab, SpOG selaku Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), temulawak dan juga kunyit sebenarnya kaya akan kandungan falvonoid yang merupakan zat antioksidan.

Foto: Thinkstock

"Sepertinya belum ada penelitian yang menunjukkan temulawak dapat tingkatkan nafsu makan. Tapi yang jelas, temulawak, jahe dan kunyit mengandung flavonoid sehingga bisa tingkatkan daya tahan tubuh. Kalau badannya sehat, otomatis nafsu makan juga akan baik," Tambah Ulul saat ditemui dalam acara talkshow di Hypermart Cyberpark, Karawaci (22/12/15).

Rempah berbentuk rimpang ini sudah lama menjadi andalan untuk menjaga kesehatan. Selain dapat tingkatkan daya tahan tubuh, temulawak dan kunyit juga dapat hilangkan nyeri, hingga cegah kanker.

(lus/odi)
Load Komentar ...