Sarapan 7 Buah Segar Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

ADVERTISEMENT

Sarapan 7 Buah Segar Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Odilia WS - detikFood
Selasa, 08 Sep 2020 08:00 WIB
Sarapan Buah Segar untuk Turunkan Berat Badan
Foto: iStock

5. Nanas

Buah tropis ini sangat kaya akan air, serat dan vitamin C. Rasanya manis, sedikit asam dan segar. Dalam 210 gram nanas cincang mengandung 78.9 mg vitamin C. Kandungan airnya bisa membantu penurunan berat badan karena memberi rasa kenyang lebih lama.

Dalam penyusunan menu harian untuk penurunan berat badan penting memasukkan bahan makanan yang kaya serat dan air. Selain menghidrasi tubuh juga membuat penurunan berat badan lebih cepat.

Nanas bisa dimakan sebagai buah segar potongan, campuran salad, dibuat jus atau smoothies. Bahkan enak dipadukan dengan yogurt, keju hingga buah-buahan lain. Enak dibuat sambal, rujak atau campuran es buah.

Jeruk MandarinSarapan Buah Segar untuk Turunkan Berat Badan Foto: iStock

6. Jeruk

Orange juice atau OJ jadi bagian menu sarapan warga Amerika dan sebagian besar orang Eropa. Ini karena jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C yang diperlukan untuk daya tahan tubuh. Selain itu jeruk juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Jika ingin konsumsi jeruk untuk turunkan berat badan para ahli menyarankan untuk mengonsumsi langsung atau berupa buah utuh dan segar. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jus apalagi jus jeruk kemasan yang umumnya ditambahkan gula.

Kandungan vitamin C dalam jeruk bisa memperkuat daya tahan tubuh dan membantu tubuh produksi kolagen dan penyerapan zat besi. Satu butir buah jeruk ukuran sedang mengandung 69.7 mg vitamin C atau memenuhi 77% kebutuhan harian.

7. Mangga

Saat ini sedang musim buah mangga, sehingga ada beragam jenis mangga dengan harga murah. Buah dengan rasa manis sedikit asam ini disukai banyak orang dan enak dinikmati sebagai menu sarapan.

Mangga diketahui sangat baik untuk metabolisme tubuh dan menurunkan risiko peradangan. Dalam sebuah studi April 2017 di jurnal The FASEB ditemukan bahwa mangga bisa turunkan tekanan darah dan menstabilkan gula darah.

Dalam 1 buah mangga mengandung 3.31 g serat sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Paling enak dikupas, dipotong-potong dan dimakan segar. Atau jadikan campuran smoothies, salad buah atau dibuat jus dengan campuran buah lainnya.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT