Mangut Lele Pak Gianto: Racikan Mangut Lele Berkuah Pedas yang Bikin Nagih

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Jan 2022 12:00 WIB
Mangut Lele Pak Gianto: Racikan Mangut Lele Berkuah Pedas yang Bikin Nagih Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Warung mangut lele Pak Gianto yang kondang di Yogayakarta buka cabang di Bekasi. Mangut lele beraroma asap dengan kuah pedas ini bikin nagih.

Mangut lele termasuk salah satu makanan khas Yogyakarta. Populer di kawasan Bantul, ada beberapa penjual mangut lele yang populer. Salah satu yang laris manis adalah warung mangut lele Pak Gianto. Warungnya nyaris tak pernah sepi di jam-jam makan. Sering diantre pembeli.

Kini warung mangut lele Pak Gianto membuka cabang di Bekasi, lokasinya di Jalan Agus Salim, Bekasi Timur. Di sini ada sajian mangut lele yang autentik, rasa dan proses pengolahannya sengaja dibuat sama persis dengan warung yang di Jogja.

Ciri khas mangut lele adalah pemakaian ikan lele segar yang diasap hingga agak kering. Karenanya ada aroma 'smoky' dari ikan lele berpadu dengan bumbu rempah gurih dan sedikit pedas. Dijamin bikin nagih!

Seperti apa lezatnya mangut lele Pak Gianto ini?

1. Baru buka di Bekasi seminggu

Tampaknya banyak warga Bekasi yang menantikan kehadiran mangut lele Pak Gianto ini. Terbukti, meskipun baru buka kurang lebih seminggu warungnya langsung ramai diantre pembeli.

Keramaian warung mangut lele ini sudah terlihat meskipun belum jam makan siang. Saat jam makan siang, warungnya langsung diserbu pembeli. Bahkan ada yang rela antre karena tak mendapat tempat duduk.

Pilihan menu yang ditawarkan di sini sebenarnya sederhana yakni mangut lele, mangut ayam, mangut ikan nila. Selain menu mangut, ada juga lele sambal korek, ayam sambal korek dan nila sambal korek.

Mangut Lele Pak Gianto: Racikan Mangut Lele Berkuah Pedas yang Bikin NagihMangut Lele Pak Gianto: Racikan Mangut Lele Berkuah Pedas yang Bikin Nagih Foto: detikFood/Devi S. Lestari

2. Proses masak membuat mangut jadi sedap

Pak Gianto punya resep mangut yang juara. Proses masak yang panjang, sebanding dengan rasa yang dihadirkan. Sebelum digoreng dan dimasak dengan kuah mangut, ikan lele, ayam serta nila diolah dahulu dengan cara diasap.

Proses ini dilakukan selama berjam-jam sehingga menghasilkan lele, ayam dan nila yang harum khas. Daging ikan dan ayam pun jadi lebih padat dan kering namun tetap lembut.

Setelah diasap, kemudian lele, ayam dan nila ini digoreng hingga matang. Sebelum disajikan, kuah mangut dipanaskan di atas piring tanah liat hingga mendidih lalu dicelupkan lele, ayam dan nila. Proses ini menjamin mangut tersaji dalam keadaan panas.

Mangut Lele Pak Gianto: Racikan Mangut Lele Berkuah Pedas yang Bikin NagihMangut Lele Pak Gianto: Racikan Mangut Lele Berkuah Pedas yang Bikin Nagih Foto: detikFood/Devi S. Lestari

3. Rasa mangut lele yang bikin nagih

Seporsi mangut lele (Rp 18.000) disajikan super panas dengan kuah yang masih mendidih. Penyajian ala hotplate tradisional ini menjadikan aroma mangut lebih harum semerbak. Mangut lele juga dihidangkan dengan seporsi nasi putih. Penyajian seperti ini juga dilakukan untuk varian ikan nila dan ayam.

Aroma dan rasa khas dari proses pengasapan membuat lele jadi makin istimewa. Terjejak rasa 'smoky' yang kuat dari daging lele. Jika biasanya daging lele sedikit amis dan berbau lumpur berbeda dengan lele asap ini. Apalagi ada tambahan kemangi pada kuah mangutnya.

Tekstur lele juga jadi lebih padat dan tidak mudah hancur. Sensasi menyantapnya makin terasa mantap saat dimakan langsung dengan tangan alias tanpa sendok garpu.

Kuahnya merupakan kuah mangut versi kuning, bukan yang kemerahan. Kuahnya berwarna kuning oranye tetap memikat selera. Bumbunya memakai kencur dan daun jeruk yang tercium harum. Sedikit sensasi pedas juga terasa menggigit di lidah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sedapnya Mangut Lele Autentik Kini Bisa Dinikmati di Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com