Rowstid Chikin: Gurih Juicy Ayam Panggang ala Amerika yang Dijual Pakai Bajaj

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 30 Jul 2021 17:00 WIB
Jakarta -

Di kawasan Jakarta Selatan ada penjual ayam panggang ala Amerika yang empuk juicy. Uniknya penjual menggunakan bajaj modifikasi sebagai lapaknya.

Kalau bosan dengan varian ayam panggang khas Indonesia, kini ada ayam panggang ala Amerika sebagai alternatif. Ayam panggang ala Amerika ini menggunakan bumbu rempah Barat yang telah dimodifikasi sehingga rasanya dapat diterima oleh lidah orang Indonesia.

Ayam panggang ala Amerika ini ditawarkan oleh Rowstid Chikin yang berlokasi di depan sebuah taman di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Bukan menggunakan gerobak, melainkan dengan bajaj yang telah disulap seperti food truck.

Pemilik dari Rowstid Chikin ini juga seorang mantan chef sebuah Hotel bintang 5 di Jakarta. Resepnya juga terinspirasi dari salah satu menu di restoran hotel tersebut. Namun, harga ayam panggang yang ia jual ini tentunya jauh lebih terjangkau. Penasaran dengan rasa ayam panggang ala Amerika ini, detikFood pun mencicipinya.

Buka Usaha di Tengah Pandemi

Rowstid Chikin: Ayam Panggang Amerika yang Gurih Juicy Dijual Pakai Bajaj. Berlokasi di Depan Taman Panglima Polim, Jakarta Selatan.Rowstid Chikin: Ayam Panggang Amerika yang Gurih Juicy Dijual Pakai Bajaj. Berlokasi di Depan Taman Panglima Polim, Jakarta Selatan. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Pemilik Rowstid Chikin yaitu Muhammad Faisal Adam ternyata sempat mengalami dampak dari pandemi di awal tahun 2020 lalu. Sebelumnya, Adam begitu ia kerap disapa berprofesi sebagai Commis Chef sebuah hotel bintang 4 di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Di masa awal pandemi, Adam sempat dirumahkan beberapa bulan dan akhirnya memulai usaha ayam panggang.

Ayam panggang ala Amerika yang ia jual ini terinspirasi dari menu roasted chicken dari Excecutive Club Lounge di hotel bintang 5 yaitu The Ritz Carlton Hotel Mega Kuningan, Jakarta. Sebelumnya, Adam juga pernah berprofesi sebagai Commis Chef di hotel tersebut selama 1 tahun pada periode 2017-2018.

"Awalnya sih masih merasa happy yah karena biasa kerja belasan jam tiba-tiba harus istirahat, tapi setelah 3 hari saya bingung harus ngelakuin apa. Sampai ada saran dari temen coba deh buka usaha, tapi usaha apa yang dulu paling laku deh di tempat kerja lo, katanya kayak gitu," kata Adam kepada detikFood (29/7).

"Akhirnya saya mikir oh iya roasted chicken. Dulu pas di Ritz Carlton kebetulan ini menu best seller untuk beberapa expats di Ritz Carlton, akhirnya saya modifikasi sedikit untuk menyesuaikan rasa. Saya coba kemas dengan simpel dan akhirnya kami menjual permulaan ini adalah lewat online yaitu per ekor. Sampai akhirnya melihat perkembangan online-nya cukup bagus, saya mulai berpikir kayaknya ini bisa deh jadi usaha sampingan saya," lanjut Adam menceritakan ide awal berjualan ayam panggang.

Adam memulai usahanya dengan berjualan online. Melihat perkembangan penjualan online-nya cukup baik, kemudian Adam memiliki inisiatif untuk berjualan di pinggir jalan menggunakan bajaj.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com