Penyetan Bang Ali: Huahh! Penyetan Surabaya dengan 3 Level Sambal Puedes Poll

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 29 Apr 2021 16:00 WIB
Penyetan Bang Ali: Huahh! Penyetan Surabaya dengan 3 Level Sambal Puedes Poll Foto: detikfood

Tiga jenis sambal Penyetan Bang Ali

Penyetan Bang Ali: Huahh! Penyetan Surabaya dengan 3 Level Sambal Puedes PollPenyetan Bang Ali: Huahh! Penyetan Surabaya dengan 3 Level Sambal Puedes Poll Foto: detikfood

Penyetan Bang Ali berdiri tahun 2000. Seiring waktu, rumah makan ini terkenal karena pilihan sambalnya yang variatif.

Pasalnya ada pilihan sambal tidak pedas di sini sehingga bisa jadi tujuan orang-orang yang tidak terlalu kuat rasa pedas. Lalu ada juga sambal yang pedasnya sedang dan pedasnya 'nonjok'.

Untuk sambal tidak pedas, diracik dari cabai merah besar dan tomat saja. Jenis cabai ini memang terkenal dengan rasa pedasnya yang ringan.

Sedangkan sambal yang pedasnya sedang diracik dari cabai rawit merah dan tomat. Lalu sambal super pedas hanya memakai cabai rawit saja, tanpa tomat

"Untuk sambal yang super pedas, itu sehari bisa pakai 20 kg cabai rawit ya. Dibuat tanpa campuran tomat," jelas seorang pegawai.

Sambal-sambal ini ditempatkan di cobek kayu. Pegawai Penyetan Bang Ali memberikannya dalam porsi banyak. Dijamin pencinta penyet akan dibuat puas!

Ikan pari asap dan sate udang yang nikmat

Penyetan Bang Ali: Huahh! Penyetan Surabaya dengan 3 Level Sambal Puedes PollPenyetan Bang Ali: Huahh! Penyetan Surabaya dengan 3 Level Sambal Puedes Poll Foto: detikfood

Kami pun tertarik mencicipi beberapa lauk penyetan di sini. Ada udang goreng (Rp20.000), mujair goreng (Rp12.000), ikan pari asap (Rp10.000), sate usus (Rp6.000), dan terong goreng (Rp2.000).

Semua lauk ditempatkan di wadah stainless besar dengan lalapan irisan timun dan kacang panjang. Ikan pari asap paling menarik perhatian kami. Teksturnya padat dengan aroma 'smoky' yang khas.

Lalu ada juga ikan mujair goreng yang digoreng sampai garing. Kress! Sensasi menggigit ikan goreng yang gurih renyah ini terasa nikmat.

Kami juga menyukai sate usus yang kenyal gurih dan sate udang di sini. Untuk sate udang, berisi 4 ekor udang kecil-kecil yang manis juicy.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com