Men Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang Pedasnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 26 Apr 2021 14:30 WIB
Men Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang Pedasnya Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Tekstur ayam betutu yang super empuk

Men Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang PedasnyaMen Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang Pedasnya Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Paket ayam betutu terlihat menggugah selera karena disajikan di atas tampah bambu berlapis daun pisang. Semua pelengkapnya disusun di sebelah ayam betutu.

Pada ayam betutu original terlihat bumbu rempah yang digerus kasar menempel di badannya. Terdiri dari potongan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, kencur, kunyit, dan banyak lainnya.

Lalu ada juga kuah berwarna kuning kecokelatan sebagai pelengkap. Kuah ini bisa disiramkan ke ayam atau ke atas nasi hangat.

Saat daging ayam disobek, teksturnya sangat empuk dan serat-seratnya halus. Tak ada sedikitpun perlawanan meski biasanya daging ayam kampung biasanya sedikit liat.

Cita rasa ayam betutu original dan goreng

Men Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang PedasnyaMen Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang Pedasnya Foto: detikfood

Soal rasa, ayam betutu original ini terasa pedas gurih dengan jejak rempah yang nikmat. Meski belum dicocol sambal, ayam betutu ini sudah nendang pedasnya!

Bagi pencinta pedas, bisa mencocol daging ayam ke sambal rawit yang encer. Jangan remehkan teksturnya, sebab makan sambal ini bisa bikin kamu bercucuran keringat!

Untuk pilihan tak terlalu pedas, ada ayam betutu goreng. Warnanya kecokelatan dengan rasa gurih renyah yang puaskan selera. Menu ini juga banyak disukai, terutama untuk pengunjung yang membawa anak kecil.

Dua paket ayam betutu dilengkapi sayuran khas bernama plecing gondo. "Gondo sejenis selada air khas Jembrana," kata pegawai Ayam Betutu Men Tempeh 1978.

Tampilannya serupa kangkung. Teksturnya sama-sama renyah dengan pelengkap tauge rebus yang juga enak renyahnya.

Nah, bagi kamu pencinta ayam betutu, tak ada salahnya mampir ke Men Tempeh 1978 saat sedang di Bali. Rumah makan ini memang agak jauh jika dijangkau dari Denpasar, sekitar 3 jam perjalanan. Namun jika kamu memasuki Bali via Pelabuhan Gilimanuk, rumah makan ini sangat layak disambangi.

Baca Juga: Ketonjok Pedasnya Ayam Asli Gilimanuk

Ayam Betutu Men Tempeh 1978
Terminal Lama, Gilimanuk, Jembrana
Telepon: 0852 3844 4335

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com