Nasi Uduk 17 : Nampol! Nasi Uduk Berlauk Bebek Penyet Cabe Ijo

Riska Fitria - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 17:00 WIB
Nasi Uduk 17 Benhil Foto: detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Pengin makan nasi uduk yang gurih pulen? Di tempat ini ada nasi uduk dengan lauk bebek cabe ijo yang pedas mantap rasanya.

Di sepanjang kawasan Benhil, Jakarta Pusat terkenal dengan beragam warung kuliner kaki lima. Baik di siang hari maupun malam hari. Apalagi di situ ada pasar Bendungan Hilir yang selalu ramai. Di siang hari ada beragam jajanan dari rujak, gorengan hingga warung makan serta restoran dengan beragam kuliner.

Di malam hari tak kalah seru jajan enak di kawasan ini. Kuliner yang ditawarkan sangat beragam. Selain sate dan gulai, makanan Aceh hingga seafood ada juga warung Nasi Uduk 17. Lokasinya tepat berada di depan RSAL Dr. Mintohardjo. Cukup ramai dipadati pengunjung.

Warungnya sederhana dan tidak terlalu besar. Di depan warung terdapat spanduk bertuliskan 'Nasi Uduk 17 Ayam dan Bebek Penyet'. Ya, warung ini menawarkan ayam dan bebek penyet sebagai menu andalan. Selain itu, masih ada lagi pilihan lauk pauk dengan harga yang terjangkau.

Nasi Uduk 17 BenhilNasi Uduk 17 Benhil Foto: detikFood/Riska Fitria

Baca Juga : Nasi Uduk Janda: Gurihnya Nasi Uduk Plus Puluhan Lauk Incaran Mahasiswa

Warung nasi uduk ini biasanya dipadati pembeli orang-orang kantoran, siswa dan masyarakat yang tinggal di kawasan Benhil. Malam hari sepulang kerja orang kantoran biasa mengisi perut di warung nasi uduk ini yang dikenal murah dan enak.

Melihat aneka lauk pauk yang berjejer di etalase kacang membuat kami tak sabar untuk mencicipinya. Setelah memilih tempat duduk, pelayan akan mendatangi untuk memberikan lembaran menu. Tentu saja kami penasaran dengan salah satu menu andalannya.

Kami pun memesan Bebek Penyet (Rp 25.000) dan nasi uduk Rp 5.000. Keduanya disajikan dalam piring yang berbeda. Aroma harum daun salam tercium semerbak begitu nasi uduk hangat diantar ke meja. Teksturnya pulen empuk dan rasa gurih santannya terasa ringan.

Nasi Uduk 17 BenhilNasi Uduk 17 Benhil Foto: detikFood/Riska Fitria

Porsinya pas dengan taburan bawang merah goreng. Sementara seporsi Bebek Penyet disajikan cantik di atas piring keramik hitam. Begor disajikan dengan dua jenis sambal, yaitu sambal cabe ijo dan sambal cabe merah. Dilengkapi dengan tahu goreng, lalapan berupa daun kemangi, irisan timun dan kol.

Bebeknya digoreng garing dan dibalut dengan sambal cabe ijo. Tekstur bebek gorengnya empuk dan juicy. Berbeda dengan bebek goreng yang biasanya sulit digigit. Sengatan sambal cabe ijo membuat nafsu makan kami meningkat.

Apalagi dipadukan dengan gurihnya nasi uduk hangat, Sayangnya sambal cabe ijonya disajikan sedikit. Meski ada sambal cabe merah, tetapi sambal tersebut menurut kami tidak sepedas cabe ijo. Sambal cabe ijo lebih afdol buat begor dan nasi uduknya.

Nasi Uduk 17 BenhilNasi Uduk 17 Benhil Foto: detikFood/Riska Fitria

Kami juga memesan menu Ikan Nila (Rp 20.000). Biasanya ikan nila diolah dengan cara digoreng, tetapi di warung ini ikan nilanya dibakar. Seporsi ikan nila juga disajikan dengan tahu, sambal cabe ijo, sambal cabe merah lengkap dengan lalapan. Saat dicicipi rasanya di luar ekspektasi kami.

Tekstur dagingnya crispy dengan bumbu kecap yang meresap hingga ke bagian dalam. Rasanya dominan manis karamel, serasi rasanya dengan sambal cabe ijo yang membuat rasanya semakin enak.

Nasi Uduk 17 BenhilNasi Uduk 17 Benhil Foto: detikFood/Riska Fitria

Terong Goreng (Rp 5.000) yang kami pesan sebagai pelengkap juga tak kalah menarik. Satu buah terong dibelah membujur menjadi dua lalu digoreng. Kemudian atasnya dilumuri dengan sambal rawit. Lembutnya terong goreng ini berpadu sempurna dengan sengatan pedas sambal. Cocok jadi menu pendamping saat menikmati nasi uduk.

Sebenarnya, kami tertarik dengan menu burung dara. Namun sayang, menu tersebut cepat habis. Karenanya jika kamu ingin bersantap di warung ini, sebaiknya datang lebih awal agar bisa mencicipi menu yang komplet.

Nasi Uduk 17
Jl. Bendungan Hilir No. 96A
Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
Jam Buka : 08.00 - 22.00
Telepon : 0812-1808-9993

Baca Juga : Nasi Uduk Super Spesial : Pulen Wangi Nasi Uduk Klasik yang Terkenal Sejak 1989



Simak Video "Bikin Laper: Perpaduan Nasi Uduk Daun Pisang dengan Babat Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)