Bakso Ngangenin : Mantul! Bakso Konro dan Bakso Rendang yang Diracik Mantan Tentara

Devi Setya - detikFood Selasa, 07 Jan 2020 11:59 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta - Makan bakso dilayani pria kekar mantan tentara mungkin cuma bisa dirasakan di kedai Bakso Ngangenin. Sajian baksonya juga unik, ada bakso konro dan bakso rendang.

Berlokasi di bilangan Kranggan, Bekasi, kedai bakso yang satu ini terlihat ramai pengunjung. Papan nama bertuliskan Bakso Ngangenin terlihat dipajang dalam ukuran besar di area luar kedai ini.

Ada menu bakso yang menarik perhatian kami, tampaknya kedai ini memang menggoda rasa penasaran pengunjung dengan menunya yang unik. Dua menu andalannya yakni bakso konro dan bakso rendang. Ya, dua varian bakso ini terbilang anti mainstream.

Melihat tampilannya yang jumbo, detikFood mencoba memesan dua menu ini. Kami beruntung karena stok dua bakso ini masih tersedia karena setiap hari dua varian bakso ini masih dijual dalam jumlah terbatas, sementara peminatnya membludak.
Bakso Ngangenin : Mantul! Bakso Konro dan Bakso Rendang yang Diracik Mantan TentaraFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Satu lagi yang menjadi daya tarik di kedai ini adalah pemiliknya yang bertubuh kekar. Pria bernama Malik AlFaattah ini tak lain merupakan mantan tentara TNI AL yang memutuskan untuk pensiun dini agar bisa fokus berbisnis kuliner.

Pria ramah dengan tubuh tegap dan kekar ini tak jarang turun langsung untuk meracik bakso pesanan pembeli. Kami salah satu yang beruntung bisa melihat aksinya saat meracik bakso. Setelah menunggu, pesanan kami pun diantarkan langsung oleh mantan tentara ini.

Seporsi Bakso Konro (Rp 37 ribu) tiba di meja kami dengan kepulan asap tipis beraroma kaldu gurih. Hmm tampilannya saja sudah menggoda, ditambah lagi dengan aromanya yang semakin memancing selera.
Bakso Ngangenin : Mantul! Bakso Konro dan Bakso Rendang yang Diracik Mantan TentaraFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Bakso konro ini sejatinya adalah bakso iga namun dihadirkan dengan tampilan yang berbeda. Tulang iga berukuran besar dengan daging tebal dibalut adonan bakso yang tak kalah berlimpah. Pelengkapnya ada mie kuning, mie bihun dan sayuran.

Sebelum dibuka memang tidak terlihat bagian daging iga namun ketika dibelah barulah terlihat potongan daging yang tebal mengumpul di bagian dalam bakso. Bakso ini punya tipe adonan yang kenyal berurat.

Teksturnya empuk dengan rasa bumbu gurih yang pas. Makin enak lagi disantap dengan kuah bening yang gurih sedikit asin. Rasanya semakin nikmat begitu ditambahkan sambal dan kecap manis.

Bakso Rendang (Rp 37 ribu) juga tak kalah menggiurkan. Bumbu rendang dibuat menjadi kuah bakso yang encer namun tetap terasa kuat rempahnya. Bakso rendang ini punya ukuran yang besar juga seperti bakso konro namun disajikan dengan tampilan berbeda.
Bakso Ngangenin : Mantul! Bakso Konro dan Bakso Rendang yang Diracik Mantan TentaraFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Saat siap disajikan, bakso ini akan dikerat hingga mekar saat direbus. Dituangi kuah rendang dan disajikan dengan pelengkap kentang rebus. Tampilannya menarik dengan kuah rendang yang kuning kemerahan.

Kejutannya tak hanya sampai di situ, begitu kami belah ternyata ada potongan daging rendang di dalam bakso ini. Wah! Tekstur bakso rendang ini sama dengan bakso konro yang empuk namun sensasi rasanya jelas jauh berbeda.

Karena tidak disajikan dengan kuah kaldu yang bening, bakso ini menghadirkan rasa sensasi gurih enak ketika disantap. Rempah bumbu rendang yang kompleks menjejak kuat di lidah namun tak meninggalkan efek gurih atau pedas berlebihan.

Selain dua bakso andalan ini, Bakso Ngangenin juga menawarkan beragam menu lainnya seperti Bakso Keju, Bakso Telur, Bakso Balungan, Bakso Kuah Taichan dan menu bakso lainnya. Harga yang dibanderol untuk setiap menu di sini juga terjangkau mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 37 ribu.

Bakso Ngangenin
Jl. Pasar Kranggan-Pondok Gede No.31-D
Jatisampurna, Bekasi
Telepon : 08567614633

Jl. Raya Klapanunggal No. 68
Kembang Kuning, Bogor
Telepon : 0821-2362-1656

Jl. Cileungsi Setu 58
Pintu Gerbang Metland Cileungsi, Bogor
Telepon : 0821-1471-3148



Simak Video "Bakso Pelangi yang Sehat dan Meriah Warnanya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)