RM Ibu Haji: Sedapnya Soto Betawi dan Ayam Goreng Gaya Rumahan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 28 Agu 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Rumah makan ini sudah ada sejak 1996. Tersohor dengan racikan soto Betawinya yang gurih, dan ayam gorengnya harum dengan harga terjangkau.

Melintasi Jalan Alternatif Cibubur, ada rumah makan yang selalu ramai dan menarik perhatian kami. RM Ibu Haji, spesialis menyajikan menu soto Betawi dan ayam goreng dengan harga murah. Seperti namanya yang sederhana, rumah makan ini juga punya andalan makanan yang enak dan sederhana.
RM Ibu Haji: Sedapnya Soto Betawi dan Ayam Goreng Gaya RumahanFoto: dok. detikFood

"RM Ibu Haji sudah buka dari tahun 1996, menu yang paling laris di sini ada soto Betawi, soto ayam, nasi uduk, hingga ayam goreng," tutur Pak Acul, salah satu pegawai di sana sambil sibuk meracik soto Betawi pesanan pengunjung.

Tak sabar untuk mencicipinya, kami pun mencoba Soto Betawi Campur (Rp 15.000). Isiannya ada campuran daging, jeroan, hingga kikil. Dilengkapi dengan irisan tomat segar, daun bawang, emping, taburan garam, dan sedikit kecap manis.

Sementara gaya kuah soto Betawi di RM Ibu Haji ini kuah putih, bukan gagrak soto Betawi berkuah kemerahan. Kuahnya terasa gurih santan yang kuat. Dibandingkan dengan soto Betawi yang menggunakan campuran susu, seperti Soto Betawi H. Husein, rasa soto ini lebih ringan gurihnya.
RM Ibu Haji: Sedapnya Soto Betawi dan Ayam Goreng Gaya RumahanFoto: dok. detikFood
Meski harga soto Rp 15.000 tetapi tekstur daging dan kikilnya empuk. Cukup porsinya untuk dinikmati dengan sepiring nasi putih. Semerbak kapulaga dan kayumanisnya juga terhirup harum. Dikucuri air jeruk limau dan diaduk dengan sedikit sambal, rasanya makin mantap.

Baca Juga: H. Husein : Rela Antre Demi Nikmati Semangkuk Soto Betawi yang Gurih Mantap

Tentu saja kami tak melewatkan Ayam Goreng dan Nasi Uduk (Rp 19.500) yang juga disukai pelanggan. Menu ini disajikan dengan sambal rawit merah kecap, lalapan, dan nasi uduk bertabur bawang goreng.
RM Ibu Haji: Sedapnya Soto Betawi dan Ayam Goreng Gaya RumahanFoto: dok. detikFood

"Kalau di sini itu ayam gorengnya, menggunakan ayam jantan jadi ukurannya tak terlalu besar tapi rasanya lebih enak dari ayam negeri. Kalau bumbu sendiri tidak ada yang berbeda, sama seperti bumbu kuning kebanyakan," lanjut Pak Acul.

Tersedia potongan daging dada dan paha ayam di sini. Ayam jantan yang sudah diungkep dengan bumbu kuning, kemudian digoreng dalam minyak panas hingga kecokelatan.

Bumbu dari ayam meresap sempurna, dengan tekstur daging ayam sedikit lebih liat dibandingkan ayam negeri. Karena digoreng hingga garing, bagian tulang ayam jadi renyah dan enak untuk dimakan. Cocolan sambal dari gerusan cabe merah, dengan t sedikit kecap, dan bawang goreng juga menambah rasa pedas manis. Semakin enak disantap dengan nasi uduk hangat.
RM Ibu Haji: Sedapnya Soto Betawi dan Ayam Goreng Gaya RumahanFoto: dok. detikFood
Kami juga mencicipi Babat Goreng (Rp 15.000), yang jadi menu pelengkap favorit di sini. Wah, babatnya berupa babat jarit yang berlapis-lapis tipis dan masih hitam. karena diungkep dengan bumbu yang pas, aroma babat tercium gurih. Teksturnya empuk menambah enak babat jarit yang disajikan dengan taburan bawang merah ini.

RM Ibu Haji buka setiap hari, dari jam 09.00 - 21.00. Menu lain yang ditawarkan ada Soto Betawi Ayam, Soto Betawi Kikil, Ati Ampela, hingga Paru Goreng. Tak perlu merogoh kocok dalam-dalam, olahan masakan Betawi rumahan yang sedap bisa Anda nikmati.

Baca Juga: Menikmati Kelezatan Soto Betawi Legendaris di 5 Tempat Ini!


RM. Ibu Haji
Jl. Alternatif Cibubur No.25.
Harjamukti, Kec. Cimanggis, Depok.
Telp: 021 22875953
Jam Buka: 09.00 - 21.00

Simak Video "Menyantap Soto Betawi Legendaris di Depok, Gurihnya Pas!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)