Bakmi Aping: Kenyal Mulur Mie Ayam dengan Swekiau Padat Gurih

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 24 Jul 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Bermula dari jualan di gerobak lalu pindah ke ruko. Kedai bakmi yang satu ini punya mie yang mulur lembut dan swekiau yang patut dicoba.

Terletak di salah satu ruko yang berada di dalam komplek perumahan Raffles Hills, Cibubur. Kedai Bakmi Aping paling menarik perhatian. Karena antrean pengunjungnya. Kamipun tertarik untuk mencicipi racikan mie yang ada di sini.

Baca Juga: Mie Keriting Luwes: Mie Daging Sapi dan Yamin Enak Dekat Stasiun Sudirman
Bakmi Aping: Kenyal Mulur Mie Ayam dengan Swekiau Padat GurihFoto: dok. detikFood
Tempat Bakmi Aping memang tak terlalu luas, hanya tersedia beberapa meja dan kursi plastik, sementara mie diracik langsung di luar pintu kedai. Beberapa pelayan dengan sigap melayani.

Pilihan kami pertama kali jatuh ke menu Bakmi Spesial (Rp 38.000). Menu ini yang paling terkenal di Bakmi Aping, sejak mereka masih berjualan menggunakan gerobak. Satu porsi Bakmi Spesial terdiri dari mie, daging ayam, jamur, 2 buah swekiau ayam, 2 buah bakso sapi, dan pangsit goreng. Disajikan dengan kuah kaldu terpisah.

Berbeda dengan mie ayam lainnya, di Bakmi Aping gaya mienya lebih kering dan sedikit berminyak. Mereka menggunakan minyak ayam, yang terdiri dari racikan bumbu khusus untuk mengaduk mienya. Potongan daging ayamnya juga tidak dibumbui, hanya potongan dadu ayam rebus dengan kulit, dan jamur rebus.
Bakmi Aping: Kenyal Mulur Mie Ayam dengan Swekiau Padat GurihFoto: dok. detikFood
Tekstur mie yang tipis dan kenyal, menyerap bumbu minyak ayam dan sedikit kecap asin yang menambah rasa pada jamur dan ayam rebus. Sementara kuah kaldunya bening, dengan sedikit jejak rasa lada dan bawang daun. Agar lebih enak, swekiau ayam atau pangsit rebus yang lembut ini, bisa disiram sedikit dengan kuah kaldu, sebelum disantap dengan mie.

Jamur kancing yang melengkapi mie ini warnanya cokelat gelap, kenyal, bisa jadi dibuat dari jamur kancing kalengan. Mungkin akan lebih enak jika memakai jamur merang segar yang lebih juicy dan segar.

Yang unik adalah swekiau ayam. Jenis dumpling yang biasa dinikmati dengan kuah kaldu ayam. Kulit dumplingnya tidak dilipat-lipat tetapi hanya dibentuk setengah bulatan. Isian ayam cincang yang padat membuat dumpling ini terasa mantap.
Bakmi Aping: Kenyal Mulur Mie Ayam dengan Swekiau Padat GurihFoto: dok. detikFood
Kwetiau Bakso Sapi (Rp 28.000) di sini disajikan dengan kuah kaldu bening, kwetiau rebus, taburan bawang putih goreng, seledri, dan dua jeruk limau sebagai pelengkap. Baksonya 5 butir dengan rasa kenyal garing dan warna cokelat keabuan. Karena Bakmi Aping memproduksi bakso sapi sendiri setiap harinya.

Yang agak berbeda adalah Misoa Ayam Spesial (Rp 40.000), sesuai namanya, menu yang satu ini menggunakan misoa mie beras yang halus. Diracik seperti mie ayam, sama-sama menggunakan minyak ayam dan bumbu khusus.
Bakmi Aping: Kenyal Mulur Mie Ayam dengan Swekiau Padat GurihFoto: dok. detikFood
Dilengkapi dengan bakso dan swekiau ayam, jamur, serta potongan ayam rebus, dan sawi. Kalau misoa ini enaknya disantap tanpa kuah, sehingga tekstur lembutnya lebih teras. Karena tidak 'over cooked' misoanya teras lembut ringan dan tidak hancur.

Selain tiga menu di atas, Bakmi Aping juga punya menu andalan lainnya seperti kwetiau goreng, siomay ayam, bakso goreng, hingga bubur ayam. Semua makanan di sini dijamin halal. Yuk, mampir!

Baca Juga: Mie Ayam Bangka Chandra: Gurih Mie Ayam Khas Bangka yang Mantap

Bakmi Aping
Ruko Blok Citywalk Blok Lt No.2, Jalan Raffles Hills Boulevard.
Tapos, Jawa Barat.
Telp: (021) 84304123

Simak Video "Kisah Mie Ayam Gerobak Bikin Gebrakan Festival Mie Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)