Mie Keriting Luwes: Mie Daging Sapi dan Yamin Enak Dekat Stasiun Sudirman

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 18 Mar 2019 11:20 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Melintasi Stasiun Sudirman jangan lewatkan cicip mie ayam enak. Ada pilihan topping daging sapi atau ayam dengan pelengkap bakso hingga pangsit. Nikmat!

Tak sulit menemukan jajanan enak di sekitar Stasiun Sudirman. Banyak penjual makanan, mulai dari penjaja gerobakan, rumah makan, restoran, hingga kios-kios dalam area food court.

Dekat pintu keluar bagian tengah Stasiun Sudirman, terdapat food court yang nyaris selalu ramai pengunjung mulai dari pagi hingga malam hari. Penjaja favorit di sini adalah Mie Keriting Luwes yang menyediakan mie ayam sebagai menu andalan.

Mie Keriting Luwes: Mie Daging Sapi dan Yamin Enak Dekat Stasiun SudirmanFoto: dok. detikFood

Sudah berjualan sejak 10 tahun lalu, Mie Keriting Luwes sempat berpindah-pindah lokasi jualan. "Pernah di Senayan, Menteng, terus di Stasiun Sudirman tapi bukan yang lokasi sekarang, di seberang dulunya," jelas seorang pegawai.

Ia mengatakan semua bahan baku Mie Keriting Luwes dibuat sendiri seperti mie, bakso, dan pangsitnya. Selanjutnya proses meracik mie dilakukan di area terbuka. Pengunjung dapat mengintip penjual menuang ragam bumbu, merebus mie, hingga menambahkan topping ke jejeran mangkuk pesanan.

Mie Keriting Luwes: Mie Daging Sapi dan Yamin Enak Dekat Stasiun SudirmanFoto: dok. detikFood

Kami tak melewatkan Yamin Bakso Pangsit (Rp 25.000) yang jadi menu andalan di sini. Porsinya lumayan besar dengan topping cacahan daging ayam, daun bawang, sawi rebus, dua butir bakso, dan dua lembar pangsit.

Dibanding mie ayam biasa, tekstur mie di sini lebih pipih, lebar, dan agak keriting. Rasanya juga lebih gurih. Pesanan yamin pun membuat tampilan mie ini cokelat gelap karena diberi tambahan kecap manis. Soal rasa, kami mencecap paduan gurih manis yang enak dari pemakaian lada putih, minyak bumbu, dan ragam bumbu mie lainnya.

Yang kami suka, mie di sini terasa lebih premium, sesuai harganya yang lebih mahal dibanding mie ayam pinggir jalan. Misalnya saja cincangan ayam terlihat bersih dengan sentuhan gurih enak. Tak nampak lemak, kulit, atau bagian ayam lain yang terkesan tak bersih.

Mie Keriting Luwes: Mie Daging Sapi dan Yamin Enak Dekat Stasiun SudirmanFoto: dok. detikFood

Baksonya juga enak dan empuk. Terlihat titik-titik hitam di permukaan bakso seperti pemakaian lada hitam sehingga rasanya juga sedikit lebih pedas. Sementara pangsitnya, tak ada isian spesial, hanya berupa lembaran pangsit rebus tipis. Ada juga semangkuk kaldu hangat untuk pendamping yamin.

Mie Daging Komplet (Rp 28.000) menghadirkan topping dan pelengkap yang sama seperti Yamin Bakso Pangsit, hanya saja dengan cacahan daging sapi sebagai primadona. Nampak daging sapinya berwarna cokelat gelap. Hmmm, aroma gurihnya juga mengundang selera!

Mie Keriting Luwes: Mie Daging Sapi dan Yamin Enak Dekat Stasiun SudirmanFoto: dok. detikFood

Cita rasa daging sapi ternyata juga istimewa saat dipadukan mie ayam. Tercecap rasa manis yang lebih dominan dari topping ini. Pencinta daging sapi dijamin puas!

Oh ya, soal pelengkap saus sambal, Mie Keriting Luwes menyediakan saus botolan dengan merek terpercaya sehingga terjamin kualitasnya. Tak heran banyak pengunjung sekitar Stasiun Sudirman sempatkan makan di sini. Menurut informasi penjual, pada hari kerja mereka bisa menjual 800 porsi mie ayam, sementara di akhir pekan sekitar 500 porsi,

Kalau tertarik mampir, Mie Keriting Luwes mulai buka pukul 6 pagi hingga 9 malam. Sementara pada akhir pekan, waktu bukanya sedikit lebih siang. Mampir, yuk!

Mie Keriting Luwes
Jl. Kendal No. 19A
Menteng, Jakarta Pusat
HP: 08151861329

(adr/odi)