Sop Sapi Anak Abah: Sluurp! Gurih Segar Sop Daging dan Iga Sambal Pucung

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 10 Jul 2019 11:30 WIB
Foto: Sonia Permata/detikfood Foto: Sonia Permata/detikfood
Jakarta - Sup daging dengan kuah bening jadi andalan rumah makan ini. Meskipun sederhana ini jadi favorit banyak orang dan para artis pun jadi pelanggannya.

Di antara banyak restoran yang terus bermunculan di wilayah Cibubur, ada rumah makan Sop Sapi Anak Abah yang tak terlalumencolok. Tempatnya sedikit masuk ke dalam, tepatnya di wilayah ruko Cibubur Times Square. Meski demikian rumah makan ini jadi langganan para artis seperti Sultan Djorghi dan Annisa Trihapsari, hingga Keluarga Gen Halilintar.
Sop Sapi Anak Abah: Sluurp! Gurih Segar Sop Daging dan Iga Sambal PucungFoto: Sonia Permata/detikfood

Baca Juga: Gimana Kalau Siang Ini Makan Sop Iga Enak di Tempat Ini?

Karena sudah lumayan banyak diperbincangkan orang, kami ingin membuktikan kelezatan sup daging di sini. Sayangnya ketika kami sampai, hanya tinggal dua menu yang tersedia, yaitu Sup Daging (Rp 25.000) dan Semur Iga Sambal Pucung (Rp 30.000), sisanya sudah habis terjual.

Untungnya kami bertemu dengan sang pemilik rumah makan ini, Pak Rofi. Menurutnya menu-menu di sini sengaja dibuat dalam porsi yang terbatas, untuk menjaga kualitas makanannya. Jadi jika kesiangan sudah pasti menu tak bakal lengkap lagi.

Sambil menunggu pesanan kami tiba, Pak Rofi menemani kami berbincang. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 2009 lalu, dan punya andalan sup daging sejak tahun 2015 Semua menu yang ada dibuat tanpa MSG, dan semua makanan baru diracik ketika dipesan.
Sop Sapi Anak Abah: Sluurp! Gurih Segar Sop Daging dan Iga Sambal PucungFoto: Sonia Permata/detikfood

Disajikan dalam mangkuk sedang, kepulan asap kaldu panasnya menebarkan aroma gurh khas sup sapi. Tampilannya sederhana tak jauh beda dengan sup daging gaya Betawi. Tetapi di sini diberi tambahan irisan tomat hijau, brokoli, wortel.

Potongan daging sapinya cukup besar dan tebal. Sop menggunakan daging bagian sengkel, sehingga lapisan lemak sehingga rasanya kenyal-kenyal gurih dan empuk. Rasa kaldunya dominan kaldu daging. Dengan bumbu minimalis bawang putih, merica dan garam saja.

Menurut Pak Rofi daging lebih dulu direbus selama satu jam lebih hingga benar-benar empuk. Tentunya dengan api kecil sehingga kuahnya tetap bening dengan rasa gurih kuat dan dagingnya empuk.

Kalau ingin 'sengatan' dari kaldu sapi, bisa ditambahkan sambal rawit hijau yang pedas nendang. Penyuka rasa manis gurih dan pedas, bisa dikucuri sedikit kecap manis. Rasa renyah kecut tomat hijau menambah nikmat sup ini. Sayuran yang dimasukkan terakhir terasa krenyes segar.
Sop Sapi Anak Abah: Sluurp! Gurih Segar Sop Daging dan Iga Sambal PucungFoto: Sonia Permata/detikfood

Yang unik justru Semur Iga Sambal Pucung. Tampilannya ditata dengan cantik menggunakan tomat merah dan hijau, brokoli rebus, buncis, serta taburan bawang goreng. Berbeda dengan semur daging biasanya, kuahnya cokelat gelap dan lebih kental.

Empuk juicy, bumbu semurnya ke serat daging. Menurut kami ini varian lain dari semur daging Betawi. Yang lebih menarik karena semur yang manis gurih ini disajikan dengan sambal pucung.

Meski namanya semur iga sambal pucung, tapi Pak Rofi sengaja memisahkan sambal pucung atau kluwak yang berwarna hitam. Karena menurutnya tak semua orang suka dengan rasa kluwak, sehingga sambal pucung disajikan secara terpisah.

Sambalnya pekat dengan rasa keluwak yang sedikit asam. Berpadu dengan cabai hingga ada nuansa pedas yang enak. Makin enak diaduk dengan kuah semur yang manis. Perpaduan yang cukup menarik.
Sop Sapi Anak Abah: Sluurp! Gurih Segar Sop Daging dan Iga Sambal PucungFoto: Sonia Permata/detikfood

"Selain sop daging dan semur iga, ada menu lain seperti Sop Ayam Kampung yang hanya menggunakan ayam jago, lalu ada Daging Geprek, hingga Telor Bebek Geprek," pungkas Pak Rofi. Iapun menyarankan untuk memesan makanan lebih dulu lewat telepon sebelum datang ke sana agar tak kehabisan.

Baca Juga: Iga Sapi Enak Diolah Jadi Tongseng dan Tom Yum yang Sedap

Sop Sapi Anak Abah
Cibubur Times Square. JL. Alternatif Cibubur.
Jatisampurna, Bekasi.
Telp: 0815-1945-0199

Simak Video "Segar dan Gurih! Cicipi Gabus Pucung dan Pecak Nila khas Betawi "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)