Kadai Mak Ciak: Lamaknyo! Ayam Singgang dan Tongkol Balado yang Pedas Menyengat

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 26 Jun 2019 12:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Kalibata ada restoran Padang terkenal dengan aneka masakan Minang yang sedang dan harga terjangkau. Semuanya diracik dengan resep keluarga turun temurun.

Sering didatangi Food Blogger dan YouTuber, Kadai Mak Ciak yang terletak di Kalibata City, jadi makin banyak dikenal orang. Meski lokasinya sedikit mojok, tapi orang rela mengantre untuk makan di sini.

Baca Juga: Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai Tambusu

Dari luar tampilan rumah makan ini bisa terbilang sederhana. Terdapat etalase kaca berisi aneka makanan khas Minang. Tak beda dengan rumah makan Padang lainnya, Cara memesan makanannya bisa diracik dengan nasi atau dihidang di meja.
Kadai Mak Ciak: Lamaknyo! Ayam Singgang dan Tongkol Balado yang Pedas MenyengatFoto: dok. detikFood
"Kadai Mak Ciak ini dibuka sejak tahun 2015. Semua makanan yang ada di sini merupakan resep dari keluarga saya, dan di sini semua makanannya dibuat secara fresh sehingga kualitasnya terjaga," tutur Pak Rizal, selaku pemilik dari Kadai Mak Ciak ketika ditemui detikFood (26/06).

Untuk menu yang direkomendasikan pertama kami mencoba Nasi Ayam Singgang (Rp 20.000), menu ini terdiri dari nasi putih, sambal cabe merah, sambal lado mudo, daun singkong, dan kuah gulai.

Berbeda dengan gulai ayam, ayam singgang ini lebih kaya rempah karena dimasak melalui dua proses. Pertama direbus dengan aneka rempah, kemudian dipanggang dengan olesan bumbu dari kuah perebusnya.
Kadai Mak Ciak: Lamaknyo! Ayam Singgang dan Tongkol Balado yang Pedas MenyengatFoto: dok. detikFood

Bumbunya meresap ke bagian dalam daging. Ada jejak pedas, gurih dan asam dari asam kandis. Dicocol dengan sambal lado mudo,rasanya makin pedas segar. Ayam jantan yang berukuran sedangpun tak terlalu liat dagingnya.

Sambal lado mudo di Mak Ciak juga berbeda dengan rumah makan Padang lainnya. Di sini sambal lado mudo diulek kasar, dengan bahan-bahan tomat hijau, cabe hijau, minyak, dan jeruk nipis. Menurut Pak Rizal, rasa gurih dari sambal bukan berasal dari MSG, melainkan dari sedikit susu kental manis, sehingga warna sambal tidak hitam.

Olahan Ikan Tongkol Baladonya (Rp 20.000) juga tak kalah menggugah selera. Potongan ikan tongkolnya cukup besar, dibalut dengan sambal merah, dan nasi bertabur serundeng lengkuas.
Kadai Mak Ciak: Lamaknyo! Ayam Singgang dan Tongkol Balado yang Pedas MenyengatFoto: dok. detikFood

Meski tampilannya sederhana, ternyata ikan tongkol ini tidak amis sama sekali, dagingnya juga kokoh gurih. Karena di sini, ikan tongkol lebih dulu direbus, kemudian kaldu dari rebusannya diolah lagi dengan berbagai bumbu sebagai baladonya.

Yang wajib dicicipi adalah Dendeng Balado yang cocok dipadukan dengan Telur Dadar (Rp 27.000). Sambal baladonya diolah manual dengan tangan, jadi teksturnya cabainya kasar dengan rasa renyah juicy cabai yang terjaga.

Rasa gurih dari dendeng, didapat dari olahan kaldu daging sapi dengan sedikit rasa asam. Tekstur dagingnya garing di bagian luar namun tetap empuk di bagian dalam.
Kadai Mak Ciak: Lamaknyo! Ayam Singgang dan Tongkol Balado yang Pedas MenyengatFoto: dok. detikFood
"Sekarang Kadai Mak Ciak ini sudah punya lima cabang. Sehari bisa laku lebih dari 1.000 piring. Tujuan saya buka Mak Ciak, untuk menyajikan makanan Padang yang enak dan orang puas. Jadi tidak hanya memikirkan untungnya saja," pungkas Pak Rizal yang berasal dari Maninjau.

Selain menu-menu di atas, Mak Ciak juga punya menu andalan lainnya seperti Gulai Tunjang, Rendang Jengkol, Katupe Sayur, Sate Padang, hingga Teh Talua.

Baca Juga: Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang Kentang


Kadai Mak Ciak
Kalibata City Tower Akasia CL20.
Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan.
Telp: 0852-6501-8650



Simak Video Mencoba Rumah Makan Padang Paling Enak di Bandung:

[Gambas:Video 20detik]




(sob/odi)