Pempek Sanjo: Gurihnya Pempek Cerewet dengan Celimpungan Berkuah Santan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 25 Mei 2018 12:37 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kalau kangen makanan khas Palembang, Anda bisa menumpas rindu di tempat ini. Ada pempek cerewet, lenggang, celimpungan, hingga es campur komplet.

Kalu sedang berada di sekitar Serpong, Tangerang. Restoran Pempek Sanjo bisa jadi pilihan tempat untuk berbuka puasa. Sesuai namanya, restoran ini menghidangkan aneka makanan khas kota Palembang.

Baca Juga: Bukan Pempek, Ternyata Ini Menu Andalan Buka Puasa Orang Palembang
Pempek Sanjo: Gurihnya Pempek Cerewet dengan Celimpungan Berkuah SantanFoto: dok. detikFood
Berada di sebuah ruko, Pempek Sanjo memiliki tempat makan yang luas, nyaman, dan bersih. Kalau melihat menu dengan beragam jenis pempek, rumah makan ini punya menu pempek cukup komplet. Karena di banyak tempat umumnya hanya menyediakan jenis pempek populer saja.

Kami pun langsung memesan menu andalan Pempek Sanjo, yaitu paket pempek komplet (Rp. 116.000,-), Celimpungan (Rp. 27.000,-), Lenggang (Rp. 26.000,-), dan Es Campur (Rp. 22.000,-).

Pelayanannya cukup cepat. Tidak perlu menunggu lama, semua pesanan kami terhidangkan hangat. Hidangan pempek komplet disajikan di atas piring anyaman. Paket pempek ini berisi otak-otak bakar, pempek adaan, cerewet, pempek telur, pempek lenjer, pempek keriting, pempek pastel, dan pempek kulit.
Pempek Sanjo: Gurihnya Pempek Cerewet dengan Celimpungan Berkuah SantanFoto: dok. detikFood
Setiap jenis pempek terdiri dari dua buah, sehingga bisa dinikmati untuk 2-3 orang. Dalam satu gigitan langsung terasa pempek memiliki rasa ikan tenggiri yang kuat,
namun tidak amis.

Juga tak terlalu alot yang berarti tak banyak tepung kanji ditambahkan. Tekstur pempeknya kenyal, semakin enak jika disantap dengan kuah cuko dengan bubuk ebi gurih.

Yang paling menarik perhatian kami dari pempek lainnya, adalah pempek cerewet. Tidak semua gerai pempek memiliki varian pempek belah yang satu ini. Pempek terbuat dari pempek dos tanpa ikan, dan diisi dengan ebi yang gurih. Rasanya juga unik dan tak kalah enak dengan pempek lainnya.
Pempek Sanjo: Gurihnya Pempek Cerewet dengan Celimpungan Berkuah SantanFoto: dok. detikFood
Setelah puas menyantap aneka pempek, kami mencoba Celimpungan. Ini merupakan salah satu hidangan asli khas Palembang, biasanya disantap ketika Lebaran. Meski sekilas terlihat seperti pempek, celimpungan punya tekstur yang lebih tipis dan pipih.

Celimpungan disajikan dengan kuah santan kuning. Ketika kami mencicipinya, tekstur celimpungan mirip dengan pempek lenjer namun lebih lembut dan tipis. Rasa kuah santan yang khas, didominasi dengan rasa kemiri dan bawang putih yang kuat.

Baca Juga: Nikmati Pempek di 4 Tempat Makan Kawasan Jakarta Selatan Ini
Pempek Sanjo: Gurihnya Pempek Cerewet dengan Celimpungan Berkuah SantanFoto: dok. detikFood
Sementara pempek lenggang dihidangkan dengan mie kuning dan soun. Pempek ini rasanya lebih gurih, karena menggunakan telur bebek. Paduan antara soun dan mie kuning, dengan irisan mentimun dan cuko, semakin memperkaya rasa dari pempek lenggang.
Pempek Sanjo: Gurihnya Pempek Cerewet dengan Celimpungan Berkuah SantanFoto: dok. detikFood
Terakhir, kami menutupnya dengan Es Campur Komplet. Es campur ini terdiri dari dawet, kacang merah, cincau, alpukat, dan es serut cokelat. Rasanya manis dan segar. Selain itu porsinya juga banyak, bisa dinikmati untuk berdua.

Nah, bagi Anda penggemar kuliner Palembang, Anda bisa mampir ke Pempek Sanjo. Karena selain aneka pempek dan celimpungan, di sini juga tersedia pempek udang, laksan, tekwan, dan pangsit ikan.



Pempek Sanjo
Ruko Bolsena, Blok B No. 27.
Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang.
Telepon: (021) 21889061 ext:641




(sob/odi)