Ayam Penyet Margo: Sedapnya Ayam Penyet Berbalut Sambal dan Gurame Goreng Asam Manis

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 23 Jun 2015 15:38 WIB
Ayam Penyet
Jakarta -

Ayam goreng dengan balutan bumbu ungkep sederhana dipenyet ​di atas sambal rawit yang royal. Selain itu, Anda juga dapat mencicip gurame goreng renyah dengan siraman saus dan potongan nanas serta paprika. Hmm, sedap!

Istilah penyetan ini awalnya berasal dari Surabaya. Makanan penyetan biasanya digunakan untuk makanan yang dipenyet di atas cobek yang berisi sambal​ dadak yang pedas.​

Berada di kawasan Margonda, rumah makan ini terlihat mencolok. Dengan banner super besar bertuliskan 'Ayam Penyet Margo' tempat ini sangat mudah untuk ditemui. Tagline yang terkesan garang dengan tulisan 'Pedes Gila' membuat kami tertarik untuk mampir.

Rumah makan ini memiliki tempat yang luas sehingga cocok untuk Anda yang ingin berbuka bersama dengan keluarga atau teman. Selain itu, rumah makan ini juga dilengkapi dengan musholla untuk memudahkan Anda beribadah setelah berbuka.

Memasuki rumah makan ini, dibagian kanan terdapat deretan bangku dan meja panjang berpelitur cokelat dan disebelah kiri terdapat meja-meja yang dapat Anda pilih jika ingin menyantap makanan secara lesehan.

Melihat buku menunya, tempat ini menyajikan beragam sajian yang nikmat. Mulai dari ayam, bebek, ikan nila, ikan gurame, soto Betawi hingga aneka sajian es yang nikmat.

Pilihan kami jatuh pada seporsi ayam penyet (Rp 18.000) yang memiliki tekstur empuk. Saat dirobek, dagingnya sangat mudah sekali dipisahkan dengan tulangnya dan terlihat jejak minyak​. Empuk dan juicy​. Semakin mantap dan lezat saat kami mencocol daging​ ayam ini​ dengan sambal berwarna hijau oranye.

Cabainya terdiri dari rawit hijau dan rawit oranye, terasa perpaduan bawang putih yang ringan sehingga menambah gurihnya sambal. Kami mengira sambalnya akan memiliki rasa yang pedas sekali. Akan tetapi bagi kami yang sangat menyukai sambal, nampaknya pedas dari sambalnya kurang ​menggigit​.

Biasanya beberapa rumah makan menghilangkan tangkai cabai sebelum di masak. Di rumah makan ini justru tangkai cabainya diulek bersamaan dengan cabai dan bumbu. Sangat nikmat disantap dengan lalapam timun dan juga nasi uduk.

Nasi uduknya putih keabu-abuan. ​Rasa gurih santan, wangi serai, daun pandan dan daun salam menambah sedap nasi ini​. ​Pulen, empuk dan harum. ​ Semakin gurih ​dengan​ taburan bawang goreng.

​Buat penyuka ikan, sajian ​ Gurame Asam Manis (Rp 55.000) ​ini cocok dipesan. Porsinya royal dengan tampilan menggoda. Gurame yang kecokelatan disiram saus dengan potongan nanas dan paprika yang warnanya menggoda.

​I​kan gurame digoreng garing dan disajikan dengan potongan nanas, paprika hijau dan paprika merah. Daging guramenya lembut d​an keirng renyah bagian luarnya. ​Nampaknya, ikan gurame​ dibumbui cukup royal sehingga ​​ rasa gurihnya terserap hingga ke​ bagian tulangnya.​

Rasanya gurih karena dicampurkan dengan cincangan bawang putih yang berada dalam kuahnya. Terjejak rasa manis dan sedikit asam karena kuahnya dicampur dengan potongan nanas dan paprika segar.

Berbeda dengan ayam penyet yang cocok dipadukan dengan nasi uduk. Gurame asam manis ini justru lebih nikmat disantap dengan nasi hangat. Jika sambalnya kura​ng menyengat, ada ​​pilihan ​tujuh jenis aneka sambal yang tersedia. Seperti sambal ayam penyet, sambal kremes, sambal cabe hijau, sambal tempe, sambel udang, sambel bandeng dan sambel bebek.

Mencicip kedua sajian ini tak lengkap jika tidak memesan sayuran. ​T​umis ceciwis (Rp 13.000) atau ​​kol mini ini ditumis dengan ​irisan cabai, cincangan bawang putih.​ Rasanya renyah segar dengan selingan rasa pedas cabai. Cocok disuap dengan nasi.

Kalau Anda berada di kawasan Depok malam ini, tempat ini bisa jadi pilihan untuk berbuka puasa. Menu penyetannya lengkap dan pastinya menambah selera karena ragam sambalnya. ​

Ayam Peneyt Margo
Jl. Margonda Raya No. 368
Depok, Jawa Barat
Telp: 087888813086
Buka hari biasa: 08.00 - 23.00 WIB
Buka hari Ramadan: 10.00 – 04.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com