Pondok Sate H. Paijo: Empuk Gurih, Sate Kambing Muda dan Gule Kambing yang Sedap Mantap

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 27 Mar 2015 16:57 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Malam ini, Anda bisa menghangatkan diri dengan seporsi gule kambing yang mantap. Kuah kental yang manis gurih dengan paduan rempah yang nikmat. ​​P​aling enak disantap dengan sate kambing muda yang empuk berbumbu kecap.

Pondok sate kambing muda H. Paijo memang sejak lama ingin kami ​singgahi. Terletak dekat stasiun Pondok Ranji, rumah makan ini hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Melihat menunya, ternyata tak hanya sajian sate dan gule. Ada juga sop kambing, sate sapi, tongseng hingga nasi goreng kambing. Di bagian depan berjejer gerobak-gerobak besar yang digunakan untuk meracik sate, tongseng hingga minuman.

Jejeran bangku dan meja kayu panjang berderet rapi di dalam ruangan yang cukup besar. Pelayan pun langsung memberikan daftar menu, kami memutuskan untuk memesan seporsi sate kambing (Rp 60.000) dan gule kambing (Rp 45.000).

Sate kambing di rumah makan ini memang sudah tersohor empuk dan enak. Pasalnya, daging yang digunakan untuk sate adalah daging kambing muda. Batibul alias di bawah 3 bulan atau balibul alias di bawah lima bulan. Daging kambing muda ini terkenal memiliki tekstur yang empuk dan tidak berbau​ prengus.​​

Aroma bakaran sate tercium nikmat, seporsi sate kambing berisi 10 tusuk. Sate kambing disajikan bersama dengan potongan bawang merah, irisan kol, cabai rawit hijau dan tomat. Guyuran bumbu kecap berwarna hitam pekat dan taburan lada bubuk menutupi sajian daging sate yang cukup tebal.

​Meski d​aging kambing​ irisannya ​tebal ​tetaoi ​terasa empuk, juicy dan juga gurih. Rasa manis yang berpadu dengan bumbu meresap hingga ke​ ​dalam dagingnya. Menurut kami, sate kambingnya enak dan tak bau prengus. Hanya saja harganya cukup mahal dibandingkan dengan sate kambing lain.

Untuk menghangatkan tubuh, kami pun langsung mencoba gule kambing yang tersaji panas mengepul. Gulenya berisi daging dan juga jerohan seperti paru, babat, hati dan usus. Isiannya cukup royal dan jika Anda tak suka jerohan, Anda dapat memesan gule dengan isian daging.

Terjejak rasa kunyit, kemiri, bawang putih serta santan yang gurih dalam kuah yang berwarna kuning pekat dengan jejak minyak. Kayu manis, cengkih dan kapulaga juga terasa lamat-lamat saat kami menyesap kuah gulenya.

Rasa manis dan gurih juga tercecap di​ ​lidah, apalagi ditambah dengan taburan bawang goreng yang menambah nikmat sajian ini. Oh ya, jangan lupa menambahkan sambal ​rawit ​ulek agar rasanya semakin seimbang.

Lain kali, kami akan mencicip tongseng dan sop kambing yang juga banyak dipesan oleh pengunjung. Jika ingin mencicip sajian sate kambing muda yang empuk dan hidangan kuah yang gurih, mampir saja ke sini!

Pondok Sate Kambing Muda H. Paijo
Jl. Pondok Ranji Raya No. 10 Bintaro
(Dekat stasiun Pd. Ranji)
Telp: (021) 7343258 / 7377333
Buka: 10.00 - 22.30 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com