ADVERTISEMENT

Sop Duren 88: Di Sini Jus Durian dan Ketan Durian dengan Harga Terjangkau!

- detikFood
Kamis, 30 Jan 2014 18:34 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Aroma durian yang wangi menyengat serta daging buahnya yang manis lembut membuat penggemarnya tergila-gila. Tak jarang mereka rela mengeluarkan uang lebih demi mencicipi nikmatnya durian impor berkualitas. Padahal, ada juga durian yang terjangkau dan tak kalah enak.

Durian tak hanya enak dimakan begitu saja. Buah acquired taste ini juga bisa membuat aneka dessert terasa lebih lezat. Harganyapun tak perlu membuat kantung jebol. Contohnya adalah kedai 'Sop Duren 88' di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Sebagai pecinta durian, melihat makanan atau minuman apapun yang berbahan durian akan membuat kami penasaran. Apalagi jika yang ditawarkan durian lokal masak pohon. Kamipun mampir ke kedai mungil yang terletak di sebelah bengkel mobil ini. Ruangannya yang sederhana hanya memuat 10 orang.

Namun, kalau malam, halaman bengkel yang sudah tutup akan ditempati meja dan kursi sehingga area makannya lebih luas. Ada pula penjual roti panggang yang berbagi area makan dengan kedai tersebut.

Daftar menunya bisa dilihat di poster. Total ada 14 dessert dan minuman berbahan durian yang bisa dicoba. Mau sop durian, es cendol durian, pancake durian, serabi durian, ketan durian, atau es krim goreng durian? Hmm... Jadi sulit memutuskan!

Kami penasaran dengan sop durian. Pasalnya, kata 'sop' identik dengan hidangan gurih berkuah hangat. Dari tiga pilihan yang tersedia yakni original, dengan tambahan boba, dan dengan tambahan kacang merah, kamipun memesan yang terakhir alias 'Sop Duren Mr. Bean' (Rp 15.000).

Wah, ternyata sop durian ini dingin! Disajikan di mangkuk es bertangkai, isinya berupa es puter durian yang meleleh dan kacang merah rebus dengan taburan kelapa parut dan keju parut. Mungkin juga diberi susu kental manis. Rasanya jadi gurih-gurih manis.

Ada pula kubus-kubus mungil berwarna kuning yang sepertinya adalah daging durian yang dibekukan. Jika sudah meleleh, dessert ini jadi seperti sup krim kental berwarna pucat.

Santapan selanjutnya adalah ketan durian (Rp 5.000). Tampilannya sangat simpel: nasi ketan yang dikukus dan dibentuk silinder tertutup siraman saus kinca kental berwarna cokelat pucat. Hidangan ini disajikan panas. Sedikit rasa asin dari nasi ketannya serta sausnya yang tak terlalu manis menjadi perpaduan menarik.

Sop Duren 88 menyediakan pilihan minuman jus durian atau coffee shake durian dengan atau tanpa boba. Kami mencoba 'Jus Duren Bubble' (Rp 12.500). Menurut kami, aroma duriannya kurang tercium, manisnya juga kurang terasa. Boba atau bubblenya terasa kenyal, membuat minuman terasa lebih meriah.

Wajar saja kalau hidangannya berwarna pucat atau kurang wangi. Pasalnya, Sop Duren 88 mengklaim tak menggunakan esens, pemanis buatan, dan pengawet. Harganya yang terjangkau, Rp 5.000-20.000 saja per sajian, bisa terwujud karena yang digunakan adalah durian lokal dari Sumatera, bukan durian impor.

Kalau sedang ngidam durian tapi kantung cekak, tempat ini bisa jadi pilihan!


Sop Duren 88
Jl. Tanjung Duren Raya No. 60 (sederetan KFC)
Jakarta Barat
Telepon: 021-97874488
Jam buka: setiap hari, 12:00-00:00


(fit/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT