Puluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 Karawang

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 14:00 WIB
Puluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 Karawang
Foto: detikFood
Jakarta -

Di Karawang ada satu restoran China autentik yang mewah. Menawarkan puluhan hidangan dari penjuru China dengan sentuhan peranakan yang memanjakan selera.

Terkenal dengan hamparan sawah hingga pusat pabrik, kota Karawang kini sudah berkembang menjadi kota modern yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya kuliner tradisionalnya saja yang menarik untuk dicoba.

Di Karawang, restoran China autentik yang mewah juga bisa ditemukan di hotel bintang 4, Resinda Hotel Karawang. Hotel yang dikelola oleh Padma Hotels ini memiliki empat restoran dengan spesialisasi hidangan yang berbeda.

Salah satunya Hai Wang Chinese Delight yang terletak di Mezzanine Level, Resinda Hotel Karawang. Di sini pengunjung bisa menikmati beberapa menu terbaru seperti Special Beef Brisket in Casserole hingga Stir-Fried Chicken With Chili Padi yang pedas gurih.

Berikut beberapa menu yang wajib dicoba jika berkunjung ke Hai Wang Chinese Delight Restaurant.

Baca Juga: Tio Ciu 78: Gurame Tahu Taosi dan Capcay Goreng Khas Tio Ciu yang Populer" selengkapnya


1. Sajikan 40 Menu Terbaru

Puluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 KarawangPuluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 Karawang Foto: detikFood

Restoran dengan konsep Chinese Region ini, memang menyediakan Chinese food dari berbagai wilayah China. Hai Wang Chinese Delight juga baru meluncurkan 40 menu terbaru yang dibuat langsung oleh Chinese Chef terbaru mereka, yaitu Chef Tan Dee Hond.

Chef Tan Dee Hond yang berasal dari Johor Bharu, Malaysia. Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun memasak hidangan China Peranakan. Sebelumnya ia sempat bekerja sebagai chef di beberapa hotel yang ada di Singapura, Australia hingga Malaysia selama belasan tahun.

Dari 40 menu terbaru yang dibawanya ke Hai Wang Chinese Delight. Chef Tan Dee Hond memperkenalkan 6 dari menu terbaru tersebut. Mulai dari sajian udang, ayam, sapi sampai tofu yang lembut.

2. Kuliner China Peranakan yang Unik

Puluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 KarawangChef Tan Dee Hond Foto: detikFood

"Saya memang fokus di kuliner China Peranakan. Misalnya seperti menu pembuka atau appetizer Signature Prawn and Crispy Bread with Spicy Sauce. Di sini saya menggunakan mantau goreng, lalu udangnya saya beri saus pedas yang rasanya mirip seperti saus Singapore (chilli sauce)," ungkapnya.

Kemudian untuk menu utamanya, Chef Tan Dee Hond memperkenalkan menu Stir-fried Chicken with Chili Padi dengan tampilan yang tak kalah menarik. Menu ini cocok untuk lidah orang Indonesia yang suka makanan pedas.

"Untuk menu ayam goreng ini bisa disebut juga ayam cabe rawit ya. Tapi agar asanya lebih enak, sebelumnya kita kukus dulu ayam ini, kita goreng, baru kita tumis dengan cabe rawit (chili padi). Jadi rasanya itu pedas, gurih dan teksturnya garing di luar namun bagian dalam dagingnya tetap empuk," sambungnya.

3. Sajian Cumi dan Tofu Shimeji

Puluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 KarawangPuluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 Karawang Foto: detikFood

Selain ayam goreng dengan tumisan rawit. Chef Tan Dee Hond membawa menu Stir Fried Squid with Superior Soy Sauce, serta Bean Curd Shimeji Mushroom and Minced Chicken.

"Untuk menu cumi, kita masak cumi dengan saus kecap asin superior yang memang jadi kunci untuk memasak banyak hidangan khas China. Nah, agar tekstur cumi tidak alot ketika ditumis itu apinya harus besar dan jangan terlalu lama," tuturnya.

Rasa tumisan cumi ini memang lebih smokey, dan paduan gurih dari kecap asinnya juga terasa. Menyantap cumi tumis ini, cocok disanjikan dengan sajian bean curd atau tofu homemade yang tak kalah enak.

Puluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 KarawangPuluhan Hidangan China Peranakan yang Lezat Ini Ada di Hotel Bintang 4 Karawang Foto: detikFood

Menu Bean Curd atau tofu ini cukup menggugah selera. Tofu yang lembut dan tidak asam, disajikan dengan paduan kuah kental dari saus tiram, saus Sichuan serta tomat.

"Rasanya memang sedikit asam manis ketika dicicip. Kemudian pelengkap dari tofu ini ada jamur Shimeji, sama kita juga menggunakan daging ayam cincang di kuahnya jadi lebih padat," ungkap Chef Tan Dee Hond yang sudah belajar memasak sajian China dari kecil.



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]