Sajian Lezat Imlek 2022

Tio Ciu 78: Gurame Tahu Taosi dan Capcay Goreng Khas Tio Ciu yang Populer

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 28 Jan 2022 12:12 WIB
Tio Ciu 78 Mangga Besar, Resto Chinese Food yang Tawarkan Menu Capcay Goreng dan Gurame Tahu Tausi Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Restoran Chinese food banyak tersebar di Jakarta. Salah satunya Tio Ciu 78 yang menawarkan hidangan Tio Ciu. Ada gurame tahu tausi, mie goreng dan capcay.

Restoran Chinese Food di Jakarta ada beragam sesuai dengan suku China yang ada di Indonesia. Ada restoran Hakka, Kanton dan Tio Ciu.

Salah satu restoran khas Tio Ciu legendaris yang masih eksis adalah Tio Ciu 78 yang berlokasi di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat. Restoran berusia 35 tahun ini menjadi tempat favorit untuk makan bersama keluarga.

Secara konsisten mereka menyajikan hidangan Tio Ciu, bukan hanya untuk mereka keturunan suku Tio Ciu tetapi juga untuk penggemar Chinese Food lainnya. Nyaris tak ada yang berubah cara memasak hingga citarasa makanan yang disajikan.

Berdiri Sejak 1987

Tio Ciu 78 Mangga Besar, Resto Chinese Food yang Tawarkan Menu Capcay Goreng dan Gurame Tahu TausiTio Ciu 78 Mangga Besar, Resto Chinese Food yang Tawarkan Menu Capcay Goreng dan Gurame Tahu Tausi Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Tio Ciu 78 Mangga Besar bukanlah pemain baru untuk masakan Chinese Food. Restoran yang cukup sederhana ini sudah berdiri sejak tahun 1987.

Walau generasinya sudah turun-temurun, Tio Ciu 78 selalu menjadi tempat makan favorit bersama keluarga. Saat ini generasi penerusnya adalah Lim Yen Yen yang merupakan mantu dari pemilik Tio Ciu 78.

Kepada detikfood, Lim Yen Yen menceritakan sedikit tentang sejarah berdirinya restoran Tio Ciu 78, restoran keluarga yang masih digemari orang hingga saat ini.

"Restorannya kayak masakan Chinese food biasa. Sudah berdiri sejak tahun 1987 dan pendirinya ini papa mertua saya, turun temurun. Jadi, generasinya saya sekarang terusin," kata Lim Yen Yen kepada detikFood (26/1).

Menu Andalan Tio Ciu 78

Tio Ciu 78 Mangga Besar, Resto Chinese Food yang Tawarkan Menu Capcay Goreng dan Gurame Tahu TausiTio Ciu 78 Mangga Besar, Resto Chinese Food yang Tawarkan Menu Capcay Goreng dan Gurame Tahu Tausi Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Chinese food yang disajikan oleh Tio Ciu 78 tentunya Chinese Food dengan gagrak Tio Ciu. Lim Yen Yen mengungkapkan kalau ciri khas masakan orang Tio Ciu banyak menggunakan saus tiram. Rasanya juga cenderung gurih asin.

"Yang membedakan masakkan Chinese itu sama Tio Ciu itu paling bedanya dirasanya saja gitu. Hampir sama sih kalau Tio Ciu sama Chinese food ya, nggak beda begitu jauh rasanya. Kalau bumbu Tio Ciu ciri khasnya itu kita pakai saus tiram. Kita ada (rasa) asin, nggak terlalu manis sih soalnya orang Jakarta kurang suka manis," ungkap Lim Yen Yen.

Menu andalan yang banyak dipesan oleh pelanggan adalah Capcay Goreng. Kemudian ada juga olahan ikan yaitu Gurame Tahu Taosi. Bakmi Goreng juga salah satu favorit di sini. Untuk harga, makanan di sini dibanderol mulai dari Rp 50.000-an.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cita Rasa Gurih Asin Chinese Food Tio Ciu 78"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com