ADVERTISEMENT

Sand & Salt: Kafe Nuansa Pantai Ini Punya Nasi Campur Bali Sedap

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 30 Mei 2022 12:00 WIB
Sand & Salt: Kafe Nuansa Pantai Ini Punya Nasi Campur Bali Sedap
Foto: detikfood
Jakarta -

Kafe bernuansa pantai (beach vibes) tengah digemari. Di Kemang, Jakarta Selatan, ada Sand & Salt yang bisa disambangi untuk mencicipi nasi campur Bali, pasta alfredo, hingga mojito strawberry menyegarkan.

Kafe di Jakarta semakin beragam konsepnya. Salah satu yang banyak diminati adalah kafe bernuansa pantai. Di sini pengunjung bisa makan sambil menikmati suasana tropis layaknya di pinggir pantai.

Kafe seperti ini hadir di Alam Sutera, Bogor, Bandung, hingga belum lama ini di Kemang, Jakarta Selatan. Kawasan kuliner ini diramaikan dengan kehadiran kafe nuansa pantai bernama Sand & Salt yang dibuka sekitar 3 bulan lalu.

Para foodies yang penasaran ramai-ramai mendatangi kafe ini untuk menikmati suasana. Tentu saja mereka juga tak melewatkan foto-foto di spot Instagramable kafe yang dulunya merupakan Harlequin Bistro ini.

Pasir pantai hingga nuansa rustic di Sand & Salt

Sand & Salt: Kafe Nuansa Pantai Ini Punya Nasi Campur Bali SedapSand & Salt, kafe bernuansa pantai yang baru dibuka sekitar 3 bulan di Kemang, Jakarta Selatan. Foto: detikfood

Menyambangi Sand & Salt (29/5), detikfood merasakan seperti liburan instan ke pantai! Begitu masuk, ada lorong yang menyambut tamu dengan pernak-pernik bernuansa rustic sekaligus tropis yang didominasi warna cokelat dan putih.

Memasuki ruang utama kafe, terlihat area makan begitu luas dan memiliki langit-langit tinggi. Area ini seperti 'open space' meski sebenarnya dilengkapi atap.

Bangunan utama tak ubahnya kedai pinggir pantai di Bali yang terbuat dari susunan kayu. Di tiang-tiangnya diberi lilitan kain khas Bali bermotif kotak-kotak hitam putih.

Atapnya juga dilengkapi rumbai dan kursinya merupakan kayu dan rotan. Tak ketinggalan kehadiran hiasan palem-palem kering dan nuansa hijau dari tanaman seperti pohon pisang dan kaktus yang dipajang di beberapa sudut.

Sand & Salt: Kafe Nuansa Pantai Ini Punya Nasi Campur Bali SedapLayaknya di pantai sungguhan, Sand & Salt menghadirkan pasir putih. Foto: detikfood

Semakin istimewa karena Sand & Salt menghadirkan pasir pantai di seluruh area lantai 1. Banyak pengunjung senang dan betah bisa merasakan sensasi buliran pasir pantai nan lembut ini.

Naik ke lantai 2, nuansa pantai juga bisa kamu rasakan meski lantainya tak ditutupi pasir. Di area ini kamu bisa mengintip suasana kafe secara keseluruhan dari ketinggian.

Nasi campur Bali yang jadi andalan

Sand & Salt: Kafe Nuansa Pantai Ini Punya Nasi Campur Bali SedapNasi Campur Bali jadi menu andalan di sini karena memiliki topping yang lengkap. Foto: detikfood

Mengenai menu, Sand & Salt belum memiliki banyak pilihan. Meski begitu, dari kategori nasi ada menu favorit pengunjung yang bikin detikfood penasaran karena turut direkomendasikan pegawai.

Nasi Campur Bali (Rp 75.000) disajikan dengan lauk super lengkap! Tampak nasi daun jeruk dibentuk kerucut. Hidangan ini menebar aroma wangi daun jeruk begitu disajikan. Terlihat juga irisan daun jeruk agak besar di antara buliran nasi.

Nasi campur Bali dikelilingi lauk spesial, mulai dari ayam sisit bumbu merah, ayam sisit bumbu kuning, urap Bali, dua tusuk sate lilit, telur sambal hijau, sambal matah, dan sambal merah!

Memulai santapan dari ayam sisit bumbu merah, kami menduga rasanya bakal pedas karena warna cabenya amat merah dan ada juga biji-biji cabe di antara suwiran ayam. Tapi ternyata pedasnya hidangan ini lembut dengan irisan rasa gurih dari pemakaian banyak jenis rempah.

Sand & Salt: Kafe Nuansa Pantai Ini Punya Nasi Campur Bali SedapTampilan ayam sisit bumbu merah, salah satu lauk Nasi Campur Bali. Foto: detikfood

Untuk ayam sisit bumbu kuningnya memiliki rasa gurih yang lebih kuat, mirip ayam bumbu kuning pada umumnya. Rasa rempah paling menonjol seperti kunyit dan lengkuas. Suwiran dada ayamnya terasa cukup lembut.

Urap Bali yang terdiri dari potongan wortel dan kacang panjang menambah kenikmatan nasi campur ini dengan teksturnya yang renyah. Ada juga sate lilit Bali yang empuk dan lembut. Agaknya dibuat dari campuran ayam dan kelapa.

Nasi campur Bali semakin istimewa dengan paduan 2 jenis sambal. Pertama, sambal matah yang pedas segar dengan irisan bawang merah, cabe rawit, hingga daun jeruk. Kedua, sambal merah yang seperti dibuat dengan paduan tomat. Rasa pedasnya cenderung lebih lembut.

Bagi pencinta pedas, kami sarankan untuk mencocol nasi ke sambal matah yang pedasnya lebih mantap. Jangan lupa dikombinasikan dengan berbagai lauk yang ada!

Sand & Salt juga punya menu pasta dan mojito strawberry enak, baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Bersantai di Kafe Nuansa Pantai yang Punya Nasi Campur Bali Sedap"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT