Rekomendasi Tempat Buka Puasa

Long Feng Tang: Nikmatnya Lanzhou Beef Noodle dan Sate Domba Xinjiang di Resto Chinese Muslim

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 17 Apr 2022 11:00 WIB
Long Feng Tang: Nikmatnya Lanzhou Beef Noodle dan Sate Domba Xinjiang di Resto Chinese Muslim Foto: detikfood
Bintaro -

Di Bintaro ada resto Chinese muslim yang bisa jadi tempat buka bersama. Menunya autentik China seperti mie daging sapi (beef noodle) khas Lanzhou, ikan panggang bumbu garlic, hingga sate domba khas Xinjiang.

Jika ingin menu buka puasa yang unik dan istimewa, hidangan halal autentik China Utara bisa kamu coba. Salah satu tempat yang menyediakannya adalah Long Feng Tang di kawasan Bintaro.

Mengusung konsep resto Chinese muslim, di sini muslim tidak perlu ragu akan kehalalan hidangannya. Pilihannya juga beragam sehingga bisa mengakomodasi selera banyak orang.

Menyambangi Long Feng Tang (13/4/2022), detikfood merasakan santap di resto dengan nuansa China yang kental. Hal ini tercermin dari interior dan pernak-pernik yang dihadirkan restoran. Mulai dari lampion merah hingga hiasan porselen China.

Pemiliknya Muslim dari Harbin, China Utara

Long Feng Tang: Nikmatnya Lanzhou Beef Noodle dan Sate Domba Xinjiang di Resto Chinese MuslimLong Feng Tang, resto Chinese muslim di kawasan Bintaro. Foto: detikfood

Seorang pegawai Long Feng Tang menjelaskan restoran yang berdiri pada Mei 2021 ini dimiliki sepasang suami istri. Suaminya berasal dari Indonesia dan sang istri dari kota Harbin, China Utara.

Sang istri yang kerap kangen dengan hidangan khas negaranya lantas terpikir untuk membuat restoran dengan menu-menu China halal favoritnya. Lalu untuk menjaga keautentikan rasa hidangan, beberapa rempah dan bumbu di restoran ini masih didatangkan langsung dari China.

Nama Long Feng Tang sendiri punya filosofi penting. Berupa naga jantan dan naga betina yang mengartikan restoran ini sebagai tempat suami dan istri mencari rezeki.

Mengenai ciri hidangan khas Harbin, Sight Doing (16/4/2022) menyebut keunikannya dibanding hidangan khas Shanghai atau Sichuan yang lebih dulu populer. "Ada pengaruh dari Rusia, Korea, dan Mongolia. Terdapat banyak penggunaan daun bawang, bawang putih, dan jahe," kata situs wisata itu.

Rempah yang dipakai jauh lebih banyak dari hidangan khas Shanghai, namun jauh lebih sedikit dari hidangan khas Sichuan yang terkenal akan rasa pedas lada dan rempahnya yang kuat. Hal ini tercermin dari beberapa menu andalan Long Feng Tang yang detikfood coba.

Ikan gurame panggang bumbu bawang putih

Long Feng Tang: Nikmatnya Lanzhou Beef Noodle dan Sate Domba Xinjiang di Resto Chinese MuslimGrilled fish berisi 6 jenis sayuran dengan kuah garlic yang menggugah selera. Foto: detikfood

Long Feng Tang punya menu andalan Grilled Fish (Rp 100 ribu) seberat 500-600 gram yang bisa dipilih bumbunya. Ada rasa jintan pedas, bawang putih, pickled paprika, dan kacang hitam. Kami memilih bumbu bawang putih yang tak terlalu kuat pedasnya.

Hidangan ikan panggang ini dibuat dari gurame dengan pelengkap 6 jenis sayuran. Keenamnya adalah sawi putih, pakcoy, kulit tahu, tahu putih, buncis, jamur hitam, dan jamur putih. Grilled Fish juga dilengkapi taburan kacang tanah dan rumput laut.

Ikan gurame yang lembut ini disajikan hangat-hangat dengan kuah merah berempah. Rasa yang mendominasi adalah gurih pedas dengan jejak bawang putih yang ringan. Kami seperti mencecap rasa rempah khas China yang kompleks.

Menurut chef Long Feng Tang, mereka menggunakan resep rahasia untuk membuat hidangan ini. Bentuknya berupa pasta yang sudah jadi racikannya.

Grilled Fish cocok dipesan untuk 'makan tengah' bersama keluarga atau teman. Seluruh isiannya enak disantap dengan nasi putih hangat!

Informasi soal Lanzhou Beef Noodle hingga sate domba Xinjiang bisa dilihat di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com