Cabe Ijo: Tersengat Pedasnya Kepiting Jumbo Saus Chili yang Nampol

Devi Setya - detikFood Senin, 17 Jan 2022 12:00 WIB
Cabe Ijo: Tersengat Pedasnya Kepiting Jumbo Saus Chili yang Nampol Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Di restoran Cabe Ijo, aneka seafood seperti kepiting, ikan dan udang ditawarkan hidup dan bisa dipilih sesuai selera. Dimasak langsung hingga terjamin lezat dan segarnya.

Salah satu keunggulan restoran seafood adalah seafoodnya yang sangat segar. Jika diolah dalam keadaan segar, aneka seafood seperti kepiting, udang, ikan ataupun cumi dijamin aromanya tidak anyir dan rasanya gurih enak.

Kalau mencari restoran yang menawarkan seafood hidup, kamu bisa datang ke Cabe Ijo, Jakarta Utara. Tempat makan ini mengusung konsep 'live seafood' sehingga hampir seluruh jenis seafood sengaja dibiarkan hidup baik dalam akuarium atau bak-bak penampungan.

Kami membuktikan langsung sensasi menikmati seafood segar dengan beragam racikan bumbu. Pada bagian depan resto, kami disambut beberapa akuarium besar yang berisi ikan dan aneka seafood hidup seperti ikan kerapu, ikan bawal dan lobster.

Cabe Ijo: Tersengat Pedasnya Kepiting Jumbo Saus Chili yang NampolTampilan depan restoran Cabe Ijo, Pluit Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Sementara di sampingnya terdapat kotak-kotak berisi kepiting hidup beraneka ukuran. Ada juga ikan, udang, kerang dan cumi segar yang ditata rapi. Sekilas mirip seperti pasar ikan dalam ukuran mini.

Pada area ini pengunjung bisa memilih langsung jenis seafood yang ingin disantapnya. Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan selera dan juga jumlah orang yang menyantapnya.

Aneka seafood segar ini bisa diolah dengan beragam teknik seperti dibakar, goreng atau rebus. Bumbunya pun tak kalah lengkap, ada bumbu saus chili pedas, sambal cabe ijo, sambal rica-rica, hingga diolah menjadi sop seafood.

Seperti apa kelezatan olahan seafood di resto Cabe Ijo?

Area makan super luas

Restoran di bilangan Pluit, Jakarta Utara ini memiliki area makan yang cukup luas. Ada tiga pilihan tempat bersantap yakni area outdoor, area indoor dan area VIP untuk pengunjung yang ingin makan secara privat.

Area makannya sengaja dibuat dengan mengusung konsep kasual. Beberapa area menyediakan sofa empuk yang nyaman, dan terdapat area makan dengan meja bundar yang cocok jadi pilihan saat makan bersama keluarga atau teman-teman.

Jarak antar pengunjung juga sengaja ditata dengan tidak terlalu berdekatan sehingga nyaman saat makan maupun ngobrol santai. Sementara area VIP bisa digunakan untuk tamu yang melakukan reservasi.

Cabe Ijo: Tersengat Pedasnya Kepiting Jumbo Saus Chili yang NampolKepiting Jumbo Saus Chili Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Kepiting Jumbo Saus Chili

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Cabe Ijo tanpa mencoba menu andalannya yakni Kepiting Saus Chili. Untuk menu ini, harganya berbeda sesuai dengan ukuran dan berat kepiting. Untuk harganya mulai Rp 42.900 per ons untuk kepiting ukuran kurang dari 7 ons. Sementara kepiting jumbo dengan bobot lebih dari 1 kilogram dibanderol harga 54.900 per ons.

Kami pun memesan kepiting dengan bobot 900 gram yang dimasak dengan bumbu saus chili. Kepiting ini punya ukuran jumbo dan dimasak dengan saus khusus yang punya rasa pedas. Dalam saus ini juga dicampurkan telur ayam yang diaduk dan dibuat berserabut.

Tampilan dan rasanya mirip Singpore Chilli Crab. Bagi penggemar makanan pedas, dijamin akan ketagihan 'nyocol' sausnya. Selain pedas cabai, kami juga merasakan sedikit aroma dan rasa kecombrang yang segar.

Bagian daging kepitingnya tebal dan penuh, teksturnya juga lembut berserat. Ini menjadi salah satu tanda kalau kepiting masih dalam keadaan hidup sebelum diolah.

Selain enak disantap dengan nasi putih, kepiting ini juga disajikan dengan mantau yang empuk. Persis seperti menyantap Singapore Chilli Crab. Mantau bisa langsung diusapkan ke dalam sausnya hingga licin tandas. Mantap!

Kepiting yang digunakan di sini adalah jenis kepiting Kalimantan dan Papua. Dua jenis kepiting ini terkenal dengan ukurannya yang jumbo dan dagingnya yang tebal dan gurih.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Udang Cah Pete dan Cumi Saos Padang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com