Six Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' Bali

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 06 Sep 2021 17:00 WIB
Six Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan Vibes Bali Foto: detikfood
FOKUS BERITA Kafe Outdoor
Jakarta -

Coffee shop di Jakarta Pusat ini baru dibuka akhir Juli 2021. Ada pilihan menu nasi goreng kampung, ravioli saus jamur, hingga kue jadul pandan keju yang nikmat di sini.

Membicarakan coffee shop di Jakarta seolah tak ada habisnya. Banyak coffee shop baru hadir dengan konsep dan menu istimewa.

Salah satu yang tengah ramai dibicarakan adalah Six Ounces Coffee di Menteng, Jakarta Pusat. Suasananya disebut-sebut asri dan bergaya tradisional layaknya di Bali.

Sebelumnya Six Ounces sudah hadir di Kelapa Gading dan Panglima Polim. Dua gerai ini juga terkenal sebagai coffee shop yang nyaman, Instagramable, dan menawarkan pilihan menu enak.

Tak mau melewatkan coffee shop ini, detikfood pun tertarik mampir saat di Menteng. Apalagi menunya disebut-sebut enak. Kami menyambanginya saat akhir pekan (4/9/21).

Coffee shop dengan 'vibes' Bali

Six Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' BaliSix Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' Bali Foto: detikfood

Datang di sore hari, Six Ounces Coffee terlihat ramai pengunjung. Kami pun perlu menunggu sekitar 20 menit untuk dapat duduk.

Mengenai tempatnya, suasana asri dan sejuk langsung terasa begitu sampai di sini. Coffee shop ini layaknya rumah luas dengan bagian depan berupa area semi outdoor. Langit-langitnya tinggi dan dilengkapi kipas angin.

Interiornya didominasi kayu seperti terlihat pada lantai, langit-langit, meja, dan kursinya. Ada juga berbagai ukiran kayu dan gebyok Bali yang membuat 'vibes' Bali begitu terasa di sini.

Area dalam ruangan (indoor) coffee shop ini juga nyaman dengan pendingin udara. Di sini terdapat area coffee bar, pastry, dan beberapa meja bersantap.

Beranjak ke bagian belakang, terdapat area taman dan teras kecil yang suasananya bikin rileks. Ada gemericik suara air dan pemandangan tanaman hijau melengkapinya.

Di sini juga terdapat area bersantap privat yang cocok untuk meeting atau kumpul keluarga. Juga area santap bertingkat (tribune) dari kayu yang ikonik.

Ravioli saus truffle yang creamy enak

Six Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' BaliSix Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' Bali Foto: detikfood

Six Ounces Coffee menghadirkan pilihan menu gaya Australia, Barat, dan Asia. Menunya dibagi dalam kategori brunch, salad, burger, sandwich, pasta, hingga hidangan khas Asia.

Kami tertarik dengan menu favorit di sini yaitu Truffled Mushroom Cream Ravioli (Rp 98.000). Disajikan dalam piring cekung, hidangan ini berisi tujuh lembar ravioli dan potongan jamur champignon.

Ravioli merupakan jenis pasta isi yang populer dari Italia. Di Six Ounces Coffee, mereka menggunakan isian bayam yang klasik. Kemudian ravioli dibalut saus krim truffle yang creamy gurih.

Terlihat ada genangan sedikit minyak truffle di permukaannya. Minyak ini mengeluarkan aroma harum dan gurih khas jamur truffle.

Saat digigit, ravioli ini benar-benar memuaskan selera kami! Teksturnya lembut dengan tingkat kekenyalan yang pas.

Isian puree bayam di dalamnya juga lembut. Tercecap rasa bayam, namun tidak mendominasi atau mengganggu cita rasa saus krim secara keseluruhan. Penggemar pasta creamy pasti terpuaskan!

Nasi goreng kampung yang 'naik kelas'

Six Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' BaliSix Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' Bali Foto: detikfood

Pegawai Six Ounces Coffee merekomendasikan kami untuk coba nasi goreng di sini. Awalnya kami ragu karena khawatir nasi goreng tidak begitu istimewa.

Namun karena penjelasan pegawai yang meyakinkan, kami pun tergoda mencicipi Kampoeng Fried Rice (Rp 85.000). Wah! Tampilan nasi goreng kampung di sini benar-benar dibuat 'naik kelas'.

Nasi goreng dilengkapi telur mata sapi berbahan telur omega sehingga kuningnya berwarna oranye, tiga tusuk sate ayam, acar, 'lalapan' lettuce, emping, dan taburan bawang goreng.

Aroma gurih semerbak langsung tercium begitu nasi goreng dihidangkan di meja. Terlihat nasinya cukup berminyak dengan warna cokelat gelap. Rasa gurihnya enak dengan jejak sedikit pedas.

Paling pas dinikmati dengan kuning telur yang meleleh dan creamy. Rasa nasi goreng makin sempurna dengan tambahan acar mentimun dan wortel yang asam, manis, renyah, dan menyegarkan!

Topping sate ayamnya juga istimewa. Potongan dagingnya besar-besar dan 'full' daging. Saus kacangnya creamy dan tipe yang agak manis. Menyantap seporsi nasi goreng kampung dijamin mengenyangkan.

Mencicipi kopi ditemani kue jadul dan Nutella Babka

Six Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' BaliSix Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' Bali Foto: detikfood

Mampir ke coffee shop tentu tak lengkap tanpa mencicipi kopinya. Caramelised Cold Brew (Rp 45.000) jadi pilihan kami karena memadukan kopi cold brew, susu segar, dan saus karamel.

Penyajiannya unik menggunakan wadah mirip tabung reaksi. Slurpp! Rasa kopi single espresso di sini tidak terlalu kuat. Karakter kopinya terasa sangat lembut tanpa jejak asam atau pahit.

Paduan susu membuat minuman ini creamy dengan kehadiran saus karamel yang sedikit manis. Minuman kopi ini cocok jadi pelengkap kudapan manis.

Kami mencicipi kue jadul Pandan Cheese (Rp 25.000) di sini. Bentuknya seperti bolu gulung pandan dengan taburan keju. Rasa manisnya lumayan kuat dengan aroma pandan yang harum enak.

Six Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' BaliSix Ounces: Nasgor Kampung dan Kue Pandan Keju Enak dengan 'Vibes' Bali Foto: detikfood

Nutella Babka (Rp 30.000) juga sayang dilewatkan. Babka sendiri merupakan jenis roti manis khas Polandia yang bentuknya dikepang. Belakangan roti ini sedang tren.

Di Six Ounces Coffee, babka dipadukan selai Nutella yang legit manis. Tekstur rotinya empuk dan lembut dengan uliran Nutella yang legit.

Selain kue jadul dan Nutella babka, di sini juga ada pain au chocolate, biscoff croissant, hingga kouign amann yang sayang dilewatkan!

Six Ounces Coffee
Jl. HOS. Cokroaminoto No. 100 Menteng, Jakarta Pusat
Instagram: sixounces.coffee

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com



Simak Video "'Six Ounces', Coffee Shop dengan Vibes Bali di Menteng"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Kafe Outdoor

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com