Mau Jelajah Kuliner Betawi dari Rumah Aja? Cus Ini 5 Daftarnya!

Erika Dyah - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 12:05 WIB
Ilustrasi kuliner Foto: shutterstock
Jakarta -

Ibu Kota Jakarta tak hanya dikenal sebagai pusat pemerintahan nasional dan ekonomi Tanah Air, tetapi juga memiliki daya tarik lain sebagai salah satu tempat kulineran #DiIndonesiaAja yang menawarkan aneka kuliner tradisional hingga modern dengan berbagai rasa dan rupa.

Di Jakarta, kamu bisa menemukan ragam kuliner Indonesia dengan cita rasa yang lezat termasuk juga kuliner Betawi yang tak boleh kamu lewatkan. Makanan khas betawi dikenal sedap dan bisa bikin kamu ketagihan.

Sebagaimana kita tahu, Suku Betawi merupakan penduduk asli yang bermukim di sebagian besar wilayah Jakarta. Oleh karena itu, tak sulit sebenarnya mencari kuliner Betawi yang enak di tempat asalnya, yakni Jakarta. Akan tetapi, di tengah pandemi seperti saat ini kita disarankan untuk sebisa mungkin mengurangi mobilitas di luar rumah.

Buat kamu yang rindu kuliner Betawi tapi nggak bisa kemana-mana, jangan dulu khawatir! Kamu juga tetap bisa menikmati kuliner Betawi meski di rumah aja. Melansir berbagai sumber, berikut 5 rekomendasi kuliner Betawi yang bisa dinikmati warga Jakarta meski di rumah saja.

Gabus Pucung

Meski namanya tak sepopuler sajian lain, kuliner khas Betawi yang satu ini tetap patut kamu coba. Gabus Pucung merupakan kuliner Betawi yang terbuat dari ikan gabus dan buah keluak yang sering digunakan dalam rawon. Gabus Pucung didominasi sensasi rasa yang gurih berpadu asam, lengkap dengan daging ikan gabus yang tebal dan nikmat.

Hidangan ini bisa kamu dapatkan dengan memesannya secara online meski di rumah saja, salah satunya di Batavia Cafe.

Gado-gado

Kuliner khas Betawi Gado-gado sering juga dikenal sebagai salad-nya Indonesia. Makanan ini terbuat dari berbagai sayuran rebus seperti kentang, tauge, bayam, kacang panjang, dan kol yang disiram saus kacang. Biasanya, ditambahkan pula tempe, tahu, dan telur ke dalam hidangan ini. Gado-gado bisa dimakan dengan nasi ataupun lontong sebagai pelengkap.

Kuliner khas Betawi yang satu ini tak hanya nikmat untuk disantap, tapi juga sehat dan mengenyangkan. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pernah menjamu Duta Besar Hungaria untuk Indonesia dengan hidangan ini, lho. Untuk kamu yang rindu cita rasa Gado-gado, kamu bisa dapatkan hidangan ini meski di rumah saja dengan memesannya dari restoran The Terrace Senayan.

Kue Ape

Kuliner Betawi juga memiliki jajanan khas populer yang sayang untuk dilewatkan, yakni Kue Ape. Kue tradisional ini berbentuk bulat dengan pinggiran tipis renyah seperti renda berwarna coklat dan memiliki bagian tengah berwarna hijau yang lembut.

Adonannya Kue Ape terbuat dari tepung beras, santan, gula, vanili, air daun suji dan daun pandan yang menambah cita rasa jajanan ini. Selain memberi rasa, daun suji dan pandan yang digunakan juga memberi warna kehijauan yang khas di Kue Ape.

Kue Ape umumnya dijajakan dengan gerobak atau pikulan oleh penjual pinggir jalan. Meski demikian, kamu juga bisa makan Kue Ape dari rumah saja dengan memesannya di salah satu restoran yaitu Caca Marica yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

Kue Pancong

Selain Kue Ape, ada pula jajanan khas tradisional Betawi yang terkenal yaitu Kue Pancong. Kuliner khas Betawi ini terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan kelapa parut kasar. Bahan kelapa parut yang terdapat dalam adonannya membuat kue ini memiliki tekstur yang renyah nan gurih saat disantap.

Kue yang juga dikenal dengan nama gandos dan bandros ini dibuat dengan cara dicetak dalam cetakan berbentuk setengah lingkaran, lalu dibakar di atas api hingga matang. Tak jarang, kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir di atasnya untuk menambah cita rasa manis pada jajanan khas Betawi ini. Kamu juga bisa lho dapatkan Kue Pancong meski di rumah aja dari restoran Caca Marica.

Soto Betawi

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki hidangan soto andalannya, termasuk juga Soto Betawi. Soto Betawi identik kuah kentalnya yang memiliki cita rasa bumbu rempah lezat dan sulit untuk ditolak.

Dalam seporsi Soto Betawi, biasanya terdapat potongan kentang, tomat, daging sapi atau kambing, hingga jeroan seperti babat, paru, dan hati. Sajian ini dihidangkan dengan pelengkap perasan jeruk nipis, sambal, dan emping yang bakal bikin rasanya tambah nikmat.

Soto Betawi cocok dimakan kapan saja, baik untuk hidangan makan siang maupun makan malam. Meski harus di rumah saja, kamu bisa merasakan kenikmatan hidangan ini dengan memesannya secara online di sejumlah restoran seperti Warung Tekko yang bisa kamu temui pada beberapa daerah di Jakarta.

Tahukah kamu? Seluruh restoran dengan kuliner Betawi yang sudah disebutkan di atas telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

Melansir situs pedulicovid19.kemenparekraf, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada Jum'at (2/7) juga telah mengingatkan pegiat usaha parekraf, termasuk pelaku industri kuliner, untuk menjadikan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai momen untuk memperbaiki dan mengevaluasi nilai-nilai yang terkandung dalam standar CHSE.

"Dua minggu ke depan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ini kita minta tingkatkan kepatuhannya pada CHSE," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis (15/7/2021).

Penerapan CHSE bantu kamu bisa menyantap kuliner Betawi sekaligus dukung #BeliKreatifLokal dengan lebih aman dan nyaman. Pastikan juga untuk terus menerapkan protokol kesehatan 6M dalam keseharian. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama. Selain itu, penting juga untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 untuk menciptakan kekebalan tubuh dan mencegah bahaya virus.

Buat kamu yang ngaku cinta Indonesia, kamu bisa berkreasi sembari mengikuti Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Ada berbagai hadiah menarik yang bisa kamu dapatkan, berupa saldo uang elektronik sebesar Rp 250 ribu dan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia untuk 20 orang pemenang beruntung.

Follow atau ikuti juga akun Instagram @pesonaid_travel untuk mengetahui informasi lengkap tentang kuliner dan destinasi wisata #DiIndonesiaAja.

(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com