Kambing Babeh Dolof : Sedap Nendang! Kambing Rawit dan Kambing Gentong di Tempat Cucian Mobil

Sonia Basoni - detikFood Senin, 14 Jun 2021 15:00 WIB
Kambing Babeh Dolof : Sensasi Makan Kambing Rawit dan Kambing Gentong di Cucian Mobil Foto: detikFood
Jakarta -

Di tempat ini, daging kambing diolah jadi sajian yang unik. Ada kambing rawit yang pedas nyengat dan kambing gentong yang sedap aromanya.

Menikmati daging kambing tak melulu harus sate, nasi goreng atau tongseng saja. Banyak restoran yang menyajikan berbagai olahan daging kambing, yang pastinya tidak akan membuat para penggemar daging kambing bosan.

Salah satunya restoran Kambing Babeh Dolof di Kemang, Jakarta Selatan. Letaknya sedikit tersembunyi, di dalam area cucian mobil besar. Tapi rumah makan serba kambing ini selalu ramai, terutama di jam makan siang dan jam makan malam.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari tumisan daging kambing lembut dengan rempah dan rawit ekstra pedas. Sampai daging kambing yang disajikan dalam 'gentong' panas yang aroman gurihya bikin ngiler.

Seperti apa suasana dan sedapnya olahan daging kambing di tempat ini?

Baca Juga: Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Kondang di Jakarta Sejak 1958

1. Sajian Spesial Hidangan Kambing

Kambing Babeh Dolof : Sensasi Makan Kambing Rawit dan Kambing Gentong di Cucian MobilKambing Babeh Dolof : Sensasi Makan Kambing Rawit dan Kambing Gentong di Cucian Mobil Foto: detikFood

Jika selama ini kebanyakan rumah makan spesial kambing fokus menyajikan sop, sate, gulai hingga tongseng. Di Kambing Babeh Dolof menu hidangan kambingnya lebih beragam dan modern. Setiap menu makanan terdiri dari tiga pilihan daging, ada ayam, sapi dan yang paling favorit daging kambing.

Menunya juga beragam, ada baked rice atau nasi panggang dengan lelehan keju mozarella dan potongan daging kambing yang empuk. Kemudian ada kambing dengan tumisan rawit yang cocok disantap dengan nasi putih.

Sampai hidangan daging kambing yang disajikan dalam 'gentong' panas dengan potongan cabe hijau dan bawang putih utuh, yang aroma harumnya membangkitkan selera makan. Semua menu di sini kisaran harganya juga masih ramah di kantong sekitar Rp 55.000 saja.

2. Kambing Rawit yang Juara

Kambing Babeh Dolof : Sensasi Makan Kambing Rawit dan Kambing Gentong di Cucian MobilKambing Babeh Dolof : Sensasi Makan Kambing Rawit dan Kambing Gentong di Cucian Mobil Foto: detikFood

Walau tempatnya sedikit tersembunyi di dalam area cucian mobil. Tapi kelezatan rasa sajian kambing di Babeh Dolof ini sudah tak perlu diragukan lagi. Tak terhitung berapa banyak acara kuliner yang mampir dan meliput restoran ini.

Menu yang paling favorit di sini ada Kambing Rawit (Rp 55.000). Potongan daging kambing tanpa lemak, disajikan dengan tumisan minyak rempah dan irisan rawit merah yang diulek kasar, hingga serpihan cabe rawitnya masih terlihat.

Aroma harum dari daging kambing dan tumisan rempahnya ini sudah tercium bahkan sebelum makanannya sampai di atas meja. Kambing Rawit ini biasanya disantap dengan nasi putih hangat (Rp 6.000).

Tekstur daging kambingnya sangat lembut, dan tidak ada aroma prengus yang tercium. Bahkan saking lembutnya, Kambing Rawit ini lebih mirip seperti steak sapi dengan tingkat kematangan medium well.

Empuk gurih dari minyak rawit merah begitu meresap ke bagian dalam daging kambing yang empuk. Sengatan pedasnya langsung terasa ketika daging baru sampai di ujung mulut, tapi karena gocekan rawitnya ini yang justru bikin nagih tak bisa berhenti makan.

Menu Kambing Rawit ini cocok sekali dicicip oleh penggemar pedas yang bosan dengan makanan itu-itu saja. Bagi yang tak suka daging kambing, tak perlu khawatir. Menu ini bisa dipesan versi daging ayam atau sapi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Olahan Kambing Anti Mainstream di Restoran Kambing Babeh Dolof"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com