Mankena : Nongkrong Sambil Makan Ayam Rempah dan Tuna Kecombrang

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 17:00 WIB
Jakarta -

Di Shophaus Menteng bukan hanya bisa ngemil dan ngopi. Kamu juga bisa nongkrong seru sambil makan masakan nusantara yang autentik.

Shophaus di Menteng, Jakarta Pusat punya konsep open space sekaligus modern foodcourt. Tempat ini jadi destinasi favorit millenial untuk ngopi dan nongkrong bareng teman dan keluarga.

Ada beragam gerai makan kekinian seperti burger, gelato, bakmi, pizza hingga bakery. Di Shophaus juga ada tempat makan 'hidden gems', yang menawarkan hidangan khas nusantara dengan rempah-rempah yang kuat.

Di Mankena, kamu bisa nongkrong sekaligus makan kenyang ditemani ayam bakar rempah dan ikan tuna kecombrang enak.

1. Menu Makanan Indonesia

Mankena : Nongkrong Sambil Makan Ayam Rempah dan Tuna KecombrangMankena : Nongkrong Sambil Makan Ayam Rempah dan Tuna Kecombrang Foto: detikFood

Berbeda dengan konsep restoran khas Indonesia lainnya. Mankena didirikan oleh Vania, yang belajar masak secara otodidak dan tertarik untuk mengeksplorasi bumbu dan rempah masakan Indonesia.

"Jadi dulu kita buka di Bandung, tahun 2019. Lalu sejak pandemi, akhirnya kita pindah ke Jakarta dan buka Mankena di Shophaus ini," jelas Vania ke detikFood (19/05).

"Untuk membuat menu-menu yang ada di Mankena, inspirasinya itu dari makanan-makanan tradisional yang saya coba ketika berkunjung ke kota atau daerah di Indonesia," sambungnya.

2. Bumbu Rempah Andalan

Mankena : Nongkrong Sambil Makan Ayam Rempah dan Tuna KecombrangMankena : Nongkrong Sambil Makan Ayam Rempah dan Tuna Kecombrang Foto: detikFood

"Di Mankena ini memang kita fokus menyajikan masakan Indonesia. Seperti heritage atau warisan kuliner itu sendiri. Kita mau mengangkat makanan-makanan yang masih jarang diketahui," sambung Vania.

Agar lebih mudah memperkenalkannya, Vania memilih jenis lauk yang familiar seperti ayam bakar dan ikan tuna. Bedanya, ia mengolah bumbu, sambal hingga nasi dengan resep dan rempah-rempah yang dia pelajari.

Menurutnya menu yang paling populer di sini ada Ikan Tuna Kecombrang, Ayam Bakar Rempah, serta Risoles aneka isi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com