Formosan Kitchen : Sedap! Racikan Omurice dan Kangkung Hotwok Khas Taiwan

Odilia WS - detikFood Senin, 30 Mar 2020 17:00 WIB
Formosan Kitchen & Tea Bar di Jakarta Foto: detikcom
Jakarta -

Hidangan Taiwan tak sepopuler Hong Kong tetapi kelezatannya bisa diadu di sini. Ada beragam racikan nasi, hotwok hingga teh dan kue legit.

Formosan Kitchen & Tea Bar tergolong pendatang baru, ada 3 outletnya di sekitar Jakarta. Dari namanya sudah dapat dipastikan hidangan Taiwan menjadi andalannya. Apalagi ada embel-embel tea bar, membuat kami penasaran untuk mampir ke restoran ini.

Furnitur kayu dengan lampu neon hias memberi suasana restoran jadi homey modern. Buku menu yang disodorkan pramusaji membuat kami agak lama menentukan pilihan. Maklum saja beberapa menunya selain populer juga menarik.

Formosan Kitchen : Sedap! Racikan Omurice dan Kangkung Hotwok Khas TaiwanSusana cozy dan hangat di dalam restoran. Foto: detikcom



Buat penggemar nasi, ada pilihan rice bowl dan omurice. Kedua racikan nasi ini diadaptasi dari menu Jepang. Juga ada rasa lokal seperti nasi goreng, nasi rendang, nasi tuturaga hingga nasi rawon. Selain itu ada juga berbagai varian pasta. Rupanya selain menu khas Taiwan juga ada menu internasional yang populer.

Tentu saja kami tertarik mencicipi sajian khas Taiwan di sini. Omurice atau omelette rice, merupakan sajian nasi khas Jepang. Nasi dibungkus omelet kemudian disajikan dengan beragam lauk. Di sini ada pilihan Cheesy Italian Beef Omurice, Kala Curry Omurice, Black Pepper Beef Omurice.

Selain populer dengan racikan dessert, Taiwan juga populer dengan racikan teh modernnya. Makanya kami menyegarkan diri sebelum memulai santapan. Jade Lemon & Lime Tea with Jelly (Rp.35.000). Minuman ini disajikan dalam karaf dan gelas berisi potongan kecil jelly.

Rasanya sesegar tampilannya. Paduan lemon dan jeruk nipis kecut manis menyegarkan. Apalagi saat terkenal kristal gula pasir di bibir gelas. Manis-manis asam! Cocok buat pembilas mulut dan merangsang selera makan.

Formosan Kitchen : Sedap! Racikan Omurice dan Kangkung Hotwok Khas TaiwanFoto: detikcom



Kala Curry Omurice (Rp 65.000) merupakan omurice favorit di sini. Omurice memenuhi mangkuk saji yang dilengkapi fillet ayam goreng tepung dengan saus kari plus wortel, buncis dan jagung muda. Gurih telur beriringan dengan aroma kari yang wangi menguap dari mangkuk.

Nasi pulen dibalut omelet yang tebal ini dilengkapi kucuran saus tomat. Saus karinya gurih pekat, enak dicocol dengan ayam goreng tepung yang renyah. Meski terlihat seperti curry rice biasa tapi porsi dan rasanya lumayan memuaskan, terutama buat pencinta nasi.

Formosan Kitchen : Sedap! Racikan Omurice dan Kangkung Hotwok Khas TaiwanKangkung and Beef Hotwok yang disajikan panas mengepul. Foto: detikcom



Yang unik, ada hotwok, sajian dalam mangkuk panas. Kalau di China dikenal hotpot maka hotwok di sini merupakan one dish meal. Sajian lauk yang dimasak dalam tembikar panas, dilengkapi dengan acar dan nasi putih hangat. Pilihannya ada 4 jenis, chicken, chilli chicken, kangkung dan szechuan spicy beef.

Tertarik yang unik Taiwanese Kangkung Beef Hotwok (Rp.69.000) jadi pilihan kami. Disajikan dalam satu baki, mangkuk panas berisi kangkung dan daging sapi, nasi putih dan acar lobak. Mangkuknya super panas dan kuah dagingnya masih mendesis bergolak mendidih.

Harus menunggu beberapa saat setelah daging dan kangkung hangat baru bisa disantap. Kami memindahkan ke mangkuk kecil untuk beberapa suapan. Irisan daging sapinya empuk lembut dengan kuah kecokelatan yang manis gurih. Kangkungnya renyah segar. Pas disuap dengan nasii hangat. Meski mangkuk terlihat kecil tetapi isiannya penuh dan banyak.

Formosan Kitchen : Sedap! Racikan Omurice dan Kangkung Hotwok Khas TaiwanFoto: detikcom



Sengaja kami menyisakan ruang di perut buat menutup santapan dengan dessert Taiwan yang populer. Semangkuk Taiwanese Q Dessert (Rp.48.000) disajikan dalam mangkuk keramik sedang dilengkapi dengan madu. Paduan warna-warni bola ubi, ronde dan kacang azuki serta cincau sungguh menggiurkan.

Rasa dan isinya tak mengecewakan seperti dessert Taiwan umumnya. Apalagi dikucuri madu yang legit enak. Cocok dijadikan penutup dan cukup dinikmati berdua karena porsinya cukup besar.

Formosan Kitchen : Sedap! Racikan Omurice dan Kangkung Hotwok Khas TaiwanFoto: detikcom



Satu lagi kue kering khas Taiwan yang populer, Pineapple Cake juga ada di sini. Nastar Taiwan ini kalo dibeli satuan harganya Rp. 25.000 tetapi kalau dipesan dengan teh hangat harganya Rp 35.000. Karena teh Taiwan juga menarik dicicipi kamipun memilih nastar Taiwan berikut tehnya.

Teh dan pineapple cake disajikan di atas baki kayu. Poci teh kaca yang mungil dan nastarnya masih berbungkus plastik. Pineapple cakenya berukuran sekitar 5x5x2 cm beraroma gurih butter yang enak.

Nastar diberntuk segi empat dengan isian selai nanas di tengahnya. Renyah wangi adonan kuenya dan selai nanasnya tak terlalu tebal dan tidak terlalu manis, rasa alami nanas yang sedikit asam masih tercecap segar.

Makin komplet dinikmati dengan iringan jasmine green tea yang diseduh hangat. Aroma harum jasmine mengiringi teh hijau yang segar. Kalau kurang masih bisa diseduh ulang dengan air panas. Santapan ala Taiwan di sini kamu tutup dengan pencuci mulut yang sempurna!



Formasan Kitchen & Tea Bar
Supermal Karawaci
Jalan Bulevard Diponegoro No. 105
Kelapa Dua, Tangerang, Banten

Lippo Mall Puri Indah GF 83 - 85
Kembangan, Jakarta Barat,

Mall Ciputra
Mall Ciputra, Lantai Lower Ground, Jl. Letjen S. Parman
Jakarta Barat

Jam Buka : 10.00 - 22.00



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)