Lereng Anteng : Menikmati Iga Bakar dengan Panorama Ketinggian Bandung

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Des 2019 12:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Bandung - Kawasan Punclut, Lembang, Bandung memang sudah lama jadi tujuan wisata kuliner. Dahulu hanya ada warung Sunda tradisional, tapi sekarang banyak kafe kekinian.

Setidaknya ada 5 kafe baru yang modern dan instagrammable di kawasan Punclut, salah satunya Lereng Anteng. Dalam bahasa Indonesia, lereng anteng berarti lembah yang tenang. Ya, nama ini disematkan sesuai dengan lokasi kafe ini berada.

Kafe bertema alam ini menawarkan pengalaman bersantap yang berbeda. Pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pemandangan bukit di Bandung dari ketinggian. Saat malam hari, pemandangan akan berganti dengan kerlip lampu perkotaan.
Lereng Anteng : Menikmati Iga Bakar dengan Panorama Ketinggian BandungFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Karena masih termasuk destinasi hits, kafe ini selalu ramai dipadati pengunjung. Kami yang datang untuk makan siang pun sempat kehabisan spot terbaik di kafe ini. Karena penuhnya pengunjung.

Oya, pengunjung yang datang ke Lereng Anteng ini bisa bersantap di tiga area berbeda. Pertama area balkon dengan bangunan permanen, kemudian area kedua yang juga spot terfavorit adalah area tenda dan terakhir ada area makan lesehan.

Semua area ini bisa jadi spot instagramable, apalagi ditunjang dengan suasana alami yang dipenuhi pepohonan bunga. Udara sejuk semilir dengan panorma alam yang hijau dan keindahan warna-warni bunga, sungguh menyegarkan! Makin lengkap tentu dengan aneka hidangan lezat di kafe ini.

Menu makanan di sini didominasi hidangan Indonesia. Semuanya tampak menggiurkan apalagi saat perut lapar. Kami memilih Gehu Pedas, Nasi Iga Bakar Lada Hitam dan Nasi Liwet Ayam Goreng.
Lereng Anteng : Menikmati Iga Bakar dengan Panorama Ketinggian BandungFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Satu persatu menu hadir hangat di meja kami. Pertama ada Gehu Pedas (Rp 16.000) yang kami jadikan camilan sebelum mulai makan berat. Seporsi gehu pedas alias tahu pedas ini berisi empat potong tahu goreng yang dibalut lapisan tepung renyah.

Tahu kuning ini diberi isian sayuran seperti wortel, tauge dan kol yang sudah dibumbui sambal pedas. Hati-hati menyantapnya ya, isian sambalnya berlimpah dan dijamin pedas. Buat penggemar makanan pedas, gehu ini pasti siap menggoyang lidah.

Kamipun tergoda dengan semerbak iga bakar lada hitam (Rp 45.000) yang disajikan hangat. Potongan iga sapi berlumur saus berwarna cokelat kehitaman ini dilengkapi juga dengan irisan tomat, daun bawang dan bawang bombay.
Lereng Anteng : Menikmati Iga Bakar dengan Panorama Ketinggian BandungFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Bintik hitam khas lada hitam terlihat juga menjejak di seluruh bagian iga maupun sausnya. Iga pun datang dengan keadaan hangat, kami bahkan masih bisa melihat kepulan asap tipis dari sajian ini.

Ternyata bukan hanya aromanya yang sedap, daging iga empuk ini juga punya rasa yang enak. Dagingnya empuk lembut dan makin enak lagi disantap dengan lumeran sausnya dengan pedasnya lada hitam. Paket iga bakar ini dilengkapi dengan seporsi nasi putih. Disantap dengan nasi, iga ini bikin ngunyah ogah berhenti.

Kami juga tak melewatkan nasi liwet khas Sunda, Nasi Liwet Ayam Goreng (Rp 45.000). Nasi disajikan komplet bersama ayam goreng kremes, tahu, tempe, sambal dan lalapan. Nasi liwet di sini punya tampilan yang warna-warni. Nasi pulen yang rasanya gurih ini dilengkapi irisan cabai, daun bawang dan udang rebon sebagai penambah rasa.
Lereng Anteng : Menikmati Iga Bakar dengan Panorama Ketinggian BandungFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Gurih harum nasi liwet ini terasa 'Sunda Banget' tapi sayangnya karena penggunaan cabai yang terlalu banyak, aroma nasi liwet ini jadi agak mengganggu. Lauk pelengkapnya juga terbilang umum, namun rasa ayam goreng berbumbu kuningnya gurih dengan rasa bumbu yang menyerap ke dalam.

Suka pedas? Coba santap nasi liwet dengan cocolan sambalnya. Sedapnya nasi liwet ini terasa raos pisan! Puas makan, kami merenggangkan tubuh sambil bersantai menikmati pemandangan. Semilir angin dan udara Bandung yang sejuk memberi sensasi menyegarkan.

Selain menu yang kami pesan, Lereng Anteng juga menawarkan beberapa menu lainnya. Ada Nasi Tutug Oncom, Cireng Rujak, Baso Tahu, Sampeu Goreng hingga Batagor. Aneka kopi juga bisa dinikmati di sini.

Lereng Anteng
Jl. Baru Laksana No. 75, Lembang
Bandung
Telepon : 087825295659

Simak Video "Cara Bikin Soto Bandung yang Gurih dan Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)