GreenHouse: Main ke Kebun Hidroponik Sambil Cicip Salad Racikan Sendiri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 15 Jul 2019 16:22 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di kawasan Taman Budaya, Sentul ada resto unik yang mengusung konsep kebun hidroponik. Pengunjung bisa memanen sayuran sendiri dan menikmati olahannya jadi salad enak.

GreenHouse Resto & Cafe merupakan restoran yang dikembangkan Agrogemilang Hydroponics, perusahaan yang fokus memperkenalkan hidroponik. Mereka memiliki kebun berisi ragam sayuran di kawasan Hambalang, Bogor.

Hidroponik sendiri merupakan konsep bertani tanpa tanah. Medianya beragam seperti perlite, vermiculite, sponge, rockwool sabut kelapa, dan pasir. Media dengan kondisi pH netral ini ditambahkan nutrisi sehat dalam ukuran tepat lalu diberikan pada akar dalam bentuk larutan.

GreenHouse: Main ke Kebun Hidroponik Sambil Cicip Salad Racikan SendiriKebun hidroponik mungil di kawasan GreenHouse Resto & Cafe (Foto: dok. detikFood)

Beragam tanaman bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik termasuk sayuran untuk salad, smoothies, dan lainnya. Beberapa diantaranya adalah lettuce seperti butterhead, chris green, dan romaine. Juga bayam, kangkung, lettuce Korea, perilla, rocket green, fugui, kale, dan banyak lainnya.

Demi memperkenalkan hidroponik berikut hasil panennya, Agrogemilang Hydroponics menjual hasil panen via online. Mereka yang tertarik bisa memesan sayuran per 500 gram lewat WhatsApp. Nantinya pesanan akan diantar dari Tebet menggunakan ojek online khusus pengiriman barang.

Selain jualan online, Agrogemilang Hydroponics juga membuka restoran/kafe di kawasan Taman Budaya, Sentul. Kami yang sedang main ke Sentul tertarik menyambangi dan bersantap di restoran bernama GreenHouse Resto & Cafe ini.

GreenHouse: Main ke Kebun Hidroponik Sambil Cicip Salad Racikan SendiriPengunjung bisa memilih sendiri sayuran hidroponik untuk diolah jadi beragam hidangan (Foto: dok. detikFood)

Nampak kebun hidroponik lumayan luas dengan pencahayaan alami sinar matahari. Kami diajak pegawai restoran untuk mengelilingi kebun hidroponik. Tertarik dengan racikan salad segar, pegawai mempersilakan kami memilih beberapa sayuran.

Ia merekomendasikan butterhead lettuce, lolorosa lettuce, romaine lettuce sebagai isian salad. Ada juga sawi samhong king yang enak diolah jadi sup. Tak ketinggalan kale, bayam, dan kangkung organik yang bisa dipanen. Seporsi salad dijual Rp 55.000 di sini. Porsinya lumayan banyak sehingga bisa dinikmati 2 sampai 3 orang.

Salad bernama Originally Asian ini terdiri dari butterhead, lolorosan, dan romaine lettuce. Salad kian cantik dan bernutrisi dengan tambahan irisan wortel, kol ungu, jagung, kyuri, dan tomat cherry. Untuk sausnya bisa memilih Caesar, Tasty Sesame, atau Tangy Tomato. Kami memilih Tasty Sesame yang jadi favorit.

GreenHouse: Main ke Kebun Hidroponik Sambil Cicip Salad Racikan SendiriSalad sayuran yang segar enak dinikmati bersama saus wijen (Foto: dok. detikFood)

Kress! Lembaran berbagai selada terasa segar enak. Karena baru dipetik, tak ada aroma dan rasa langu sedikitpun. Bagi yang tak terlalu suka sayur seperti kami, dijamin lahap memakannya. Apalagi ada selingan renyahnya wortel dan manisnya jagung.

Dressing Tasty Sesame juga memuaskan selera. Teksturnya kental dengan cita rasa gurih dan aroma wangi khas wijen. Sangat pas membalut berbagai isian salad.

Penasaran dengan hidangan berkuah, kami memesan Sup Bakso Ikan Taiwan (Rp 35.000). Penyajian sup lumayan lama karena sepertinya pegawai restoran benar-benar baru membuatnya dari awal. Sup ini berisi bakso ikan, fish cake, dan lembaran sawi samhong king.

GreenHouse: Main ke Kebun Hidroponik Sambil Cicip Salad Racikan SendiriSup Bakso Ikan Taiwan makin sehat dengan lembaran sawi samhong king (Foto: dok. detikFood)

Slurpp! Gurihnya kaldu sup terasa alami dan menyegarkan. Paling pas menyuapnya dengan bakso ikan dan fish cake yang kenyal gurih. Ada juga sawi samhong king yang masih renyah meski terendam air. Bagi pencinta pedas, GreenHouse menyediakan potongan cabai rawit untuk dimasukkan dalam kuah.

Puas menyantap menu sehat, kami juga mengakhirinya dengan seruput minuman sehat. Ada Kale Smoothie (Rp 33.000) yang banyak dicari pengunjung. Smoothies ini diracik dari kale segar, pisang, dan air kelapa. Tak heran, jus berwarna hijau tua ini sedikit beraroma pisang.

GreenHouse: Main ke Kebun Hidroponik Sambil Cicip Salad Racikan SendiriKale Smoothie yang sehat dan menyegarkan (Foto: dok. detikFood)

Rasa manis lembut khas pisang tercecap pada smoothies kale. Begitu juga dengan jejak rasa air kelapa. Sebaliknya, rasa kale tak terlalu dominan sehingga jus ini bisa kami habiskan dalam waktu singkat.

Selain menu serba sehat, GreenHouse Resto & Cafe juga menawarkan ragam menu Asia dan Barat lain. Diantaranya sup kepala salmon, nasi goreng, olahan gurame, sup sayur, hingga steak dan chicken cordon bleu. Bersantap di sini juga bisa sekalian belanja bahan makanan sehat. Ada tumpukan labu butternut yang dipajang di luar restoran untuk diborong. Mampir, yuk!

GreenHouse Resto & Cafe oleh Agrogemilang Hydroponics
Jl. Siliwangi 1, Taman Budaya
Sentul City, Bogor
Telepon: 0818 941925

Simak Video "Asyiknya Main ke Kebun Hidroponik dan Racik Salad Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)