Kajoemanis Nusantara: Sedap Mantap! Mie Gentong Cirebonan dan Sate Plecing Lombok

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 03 Jul 2019 11:43 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kangen makanan tradisional? Di sini ada racikan empal gentong versi baru dan sate khas Lombok yang pedas menyengat. Semuanya disajikan hangat!

Restoran 'Kajoemanis Nusantara' berlokasi di Kota Wisata Cibubur. Termasuk salah satu restoran keluarga bergaya rumahan dengan hidangan tradisional. Seperti yang tercermin dari nama resto ini. Karenannya ada tempat bermain untuk anak-anak.

Baca Juga: Selera Bogana: Makan Siang Kenyang dengan Aneka Nasi Gurih Lauk Komplet
Kajoemanis Nusantara:  Sedap Mantap! Mie Gentong Cirebonan dan Sate Plecing LombokFoto: dok. detikFood
Interiornya ditata sejuk dan nyaman. Dengan aksen tanaman dan sofa-sofa dengan warna senada. Tawaran menu lokalnya lumayan lengkap. Kami
pun mencoba Mie Gentong Cirebonan (Rp 39.000). Sajian ini merupakan versi baru dari Empal Gentong Cirebon yang biasa disajikan dengan nasi putih.

Disajikan dalam claypot dengan kuah panas mengepul menebarkan aroma gurih santan dan bumbu rempah. Kuahnya kekuningan dan gurih seimbang. Sementara potongan dagingnya juga empuk.
Kajoemanis Nusantara:  Sedap Mantap! Mie Gentong Cirebonan dan Sate Plecing LombokFoto: dok. detikFood
Bedanya empal gentong disajikan dengan mie hokkian, jenis mie lidi yang tebal dan mulur. Meski terasa sedikit aneh tetapi rasanya tetap 'jodoh' dengan kuah santan yang gurih berempah.

Menu nasi andalan di sini, Nasi Tumpeng Mini Kajoemanis (Rp 57.000). Berupa tumpeng mini dengan lauk komplet. Nasi kuning, dengan ayam tangkap, urap, tempe orek, hingga cakalang rica-rica. Menu ini laris dipesan, karena porsinya yang banyak, dan pilihan lauk yang beragam.

Menu ini menarik karena menyatukan beragam sajian dari daerah-daerah di Indonesia. nasi kuning, tempe orek dan urap dari Jawa, ayam tangkap dari Aceh dan cakalang rica khas Manado. Sekali cicip bisa merasakan berbagai hidangan daerah.
Kajoemanis Nusantara:  Sedap Mantap! Mie Gentong Cirebonan dan Sate Plecing LombokFoto: dok. detikFood
Paduan lauk buat menemani nasi kuning inipun serasi. Pulen gurih nasi kuning, dengan orek tempe yang gurih manis, cakalang rica yang pedas, dan ayam tangkap yang renyah aromatik. Sensasi eksotik terasa dalam tiap suapan.

Masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat juga bisa dicicipi di sini. Sate Plecing Lombok (Rp 47.000), Sate sapi dengan bumbu pelecing sajikan di atas panggangan kecil berisi arang yang menyala. Agar sate tetap hangat hingga gigitan terakhir.
Kajoemanis Nusantara:  Sedap Mantap! Mie Gentong Cirebonan dan Sate Plecing LombokFoto: dok. detikFood
Daging sapi has yang dipukul-pukul dan diaduk dengan bumbu pelecing membuat rasa pedas gurih meresap. Bumbu pelecing yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih dan terasi Lombok terasa cukup dominan. Pedas-pedas gurih, nikmat! Bisa juga dicocol dengan saus kacang, dan kecap manis, dan cabe rawit yang disajikan sebagai pelengkap.

Kalau mau coba menu Nusantara lainnya, ada Nasi Campur Bali, Ayam Sambel Ijo, Soto Tangkar Iga, Sate Kambing, hingga Gado-Gado. Menebus kangen makanan tradisional bisa Anda puaskan di sini.

Baca Juga: 5 Restoran Baru di Jakarta Ini Punya Sajian Nusantara hingga Cake Enak


Kajoemanis Nusantara
Kota Wisata Cibubur
Jl. Virginia, Blok L6 No. 8-9, Cibubur.
Telp: 021 84930895

Simak Video "Tamikil Bumbu Dua Belas, Olahan Makanan Masyarakat Pantai Madasari"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)