Seeng Nini: Ngaliwet Nyalira Sambil Cicip Sangu Tutug Oncom untuk Buka Puasa

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 10:55 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kangen masakan Sunda? Sore ini bisa mampir ke restoran ini untuk buka puasa. Ada menu dari Pasundan yang enak dan auntentik. Sedap mantap!

Melintasi wilayah Tebet, Jakarta Selatan, berbagai resto berderet di sepanjang jalan untuk manjakan perut. Di antaranya ada restoran Sunda Seeng Nini, yang selalu dipenuhi pengunjung, terutama jelang buka puasa.

Nuansa kayu dan pedesaan tampak dari luar resto. Sementara di bagian dalam resto, ruangannya cukup luas. Ada pilihan area makan smoking dan non-smoking. Kami pun tertarik untuk mencicipi beberapa menu andalan di sini.

Baca Juga: Saung Nikmat: Sedapnya Liwetan Lauk Sunda di Tempat Jokowi Makan Siang

Semua menunya hidangan khas Sunda, tapi yang paling digemari di sini ada Ngaliwet Nyalira (Rp 55.000), Sangu Tutug Oncom (Rp 47.500), dan Karedok (Rp 27.000).
Seeng Nini: Ngaliwet Nyalira Sambil Cicip Sangu Tutug Oncom untuk Buka PuasaFoto: dok. detikFood
Sambil menunggu pesanan tiba, Seeng Nini punya pojok foto yang berisi properti dan studio foto mirip seperti dapur tradisional. Lengkap dengan hiasan tungku atau hawu yang Instagrammable.

Tak lama setelah itu, pesanan kami sudah tersedia di atas meja. Tampilan makanannya menarik, disajikan dengan alas daun pisang, dan lalapan yang masih segar. Aroma gurih nasi pun tercium sangat menggelitik.

Sesuai namanya Ngaliwet Nyalira ini berisi paket nasi liwet untuk satu orang. Disajikan dalam talenan kayu besar, yang dilapisi oleh daun pisang, nasi liwet ditemani dengan berbagai lauk lengkap.

Lauknya ada ayam goreng serundeng, ikan asin jambal roti, jengkol goreng, tumis kangkung, tahu tempe, lalapan, dan sambal tomat segar. Di bagian atas nasi ditaburi dengan bawang goreng, dan pete di atasnya.
Seeng Nini: Ngaliwet Nyalira Sambil Cicip Sangu Tutug Oncom untuk Buka PuasaFoto: dok. detikFood
Nasi liwetnya terasa gurih dan pulen, apalagi saat disantap dengan pete yang renyah. Tumisan jambal roti dipadukan dengan jengkol, dan kangkung juga tak sedap. Lauk utama, ayam goreng kampung, digoreng garing, ditaburi serundeng garing wangi. Untuk racikan sambalnya, sedikit dominan ke rasa tomat, tapi tetap enak dan segar jadi cocok bagi yang tidak terlalu suka pedas.

Sangu Tutug Oncom atau nasi oncomnya juga sedap. Disajikan dengan nila goreng , tahu tempe goreng, sambal rawit, dan kerupuk. Ciri khas hidangan ini tentunya terletak pada rasa nasinya, yang dicampur dengan oncom hitam. Rasa nasinya saja sudah gurih, dengan semburat rasa dari kencur dan bawang, hingga jejak terasi.
Seeng Nini: Ngaliwet Nyalira Sambil Cicip Sangu Tutug Oncom untuk Buka PuasaFoto: dok. detikFood
Rasa nasi tutug ini semakin sedap, saat dipadukan dengan ikan nila yang digoreng garing. Bagian dalam ikan tidak amis, dan bumbunya meresap mantap. Jangan lupa cocol ikan nila, tahu, dan tempe goreng ke sambal rawit super pedas, yang cabenya digerus kasar. Rasanya pedas nendang!

Kedua makanan di atas, cocok disandingkan dengan Karedok khas Sunda. Karedok di sini terdiri dari sayuran mentah yang masih segar, ada mentimun, terong hijau, kacang panjang, kol, daun kemangi, hingga tauge. Kemudian diaduk rata dengan saus kacang, dan tambahan ulekan rawit pedas.
Seeng Nini: Ngaliwet Nyalira Sambil Cicip Sangu Tutug Oncom untuk Buka PuasaFoto: dok. detikFood
Tekstur bumbu kacangnya tidak terlalu halus, sehingga masih terasa krenyes renyah. Namun hal ini membuat rasa karedok jadi unik, rasanya manis, gurih, dan pedas. Cocok disantap bersama nasi liwet atau nasi tutug.

Selain tiga menu di atas, restoran Seeng Nini juga menyajikan hidangan Sunda lain yang tak kalah spesial. Seperti Colenak, Kukuluban, Gurilem, hingga Pais Lauk Emas. Jika berencana untuk berkunjung saat buka puasa, pastikan datang lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk.

Baca Juga: Satoesoek+: Puasnya Menyantap Liwetan Sunda Komplet di Atas Daun Pisang

Seeng Nini
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 61.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telp: 021 22008168 (sob/odi)