Satoesoek+: Puasnya Menyantap Liwetan Sunda Komplet di Atas Daun Pisang

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 06 Jul 2018 11:28 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan
Jakarta - Nasi liwet, kini jadi makanan kekinian yang digemari banyak orang. Di resto ini, ada sajian liwet komplet yang dijamin bikin kenyang dan puas.

Di Instagram ramai unggahan liwetan di atas daun pisang. Nasi liwet berikut aneka lauk dihampar di atas daun pisang. Wah, sudah terbayang asyiknya makan dengan gaya Sunda. Kami pun ingin menjajal pengalaman makan ini.

Di Jakarta kini banyak restoran yang menyajikan menu liwetan ini, salah satunya restoran Satoesoek+ yang terletak dibilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Restoran ini juga populer sebagai destinasi buat ngeriung bersama menikmati nasi liwet.

Baca Juga: Serunya Buka Puasa Ramai-ramai dengan Menu Gaya Liwetan

Satoesoek+: Puasnya Menyantap Liwetan Sunda Komplet di Atas Daun PisangFoto: dokdetikFood
Dinding restorannya dihiasi lukisan daun pisang yang memberi kesan kekinian dan sejuk. Meski begitu, restoran ini punya andalan sajian tradisional khas Indonesia. Kami langsung memesan menu andalan di sana, yaitu paket liwetan komplet untuk 5 orang (Rp. 325.000,-).

Karena penyajian nasi liwet komplet ini membutuhkan waktu yang cukup lama, pengunjung diharuskan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu minimal H-1 sebelum kunjungan. Agar pengunjung tidak perlu menunggu lama saat berada di sana.

Satoesoek+: Puasnya Menyantap Liwetan Sunda Komplet di Atas Daun PisangFoto: dokdetikFood
Kurang dari 15 menit, pesanan nasi liwet kami akhirnya datang. Hamparan daun pisang segar yang telah dibersihkan, ditaruh di atas meja. Dengan sigap pelayan mulai menata nasi liwet, lengkap dengan lalapan segar di atas meja.

Paket liwet untuk lima orang ini, terdiri dari nasi liwet, ayam goreng, sayur asem, sate ayam, tahu tempe goreng, urap sayur, kering kentang, bakwan jagung, sambal terasi, sambal korek, lalapan, dan kerupuk putih. Kurang dari lima menit, menu nasi liwet lengkap kami sudah tertata di atas meja.

Meski disajikan di atas daun, tapi Satoesoek+ tetap menyediakan piring dari anyaman, di sisi meja. Kami langsung mencoba nasi liwetnya, warnanya sedikit kecokelatan dengan aroma daun kemangi. Nasinya pulen, dengan campuran teri medan yang gurih enak. Lengkap dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Satoesoek+: Puasnya Menyantap Liwetan Sunda Komplet di Atas Daun PisangFoto: dokdetikFood
Pilihan lauk yang banyak, semakin menambah kemeriahan ketika bersantap. Potongan ayam goreng yang renyah, dipadukan dengan gurihnya urap sayuran. Sambal koreknya yang segar, terasa menyengat semakin menambah selera makan. Tidak ketinggalan semangkuk sayur asam dengan isian jagung manis yang renyah.

Sate ayamnya juga tak kalah enak. Jika biasanya sate disajikan dengan saus kacang kental. Di Satoesoek+ sate ayam cukup dibaluri dengan kecap manis, namun rasa daging ayam tetap gurih dan sedap. Apalagi jika ditambah dengan suapan nasi liwet yang hangat.

Selain sambal korek, paket liwet ini punya sambal terasi dadakan sedap. Cukup cocol lalapan segar ke dalam sambal dadakan ini, dengan suwiran tahu tempe yang digoreng garing dan renyah.

Satoesoek+: Puasnya Menyantap Liwetan Sunda Komplet di Atas Daun PisangFoto: dokdetikFood
Meski untuk lima orang, porsi nasi dan lauk yang royal membuat paket liwetan ini bisa dinikmati hingga 7 orang. Piket liwetan juga bervariasi, dari paket untuk 5 orang hingga 30 orang. Bisa juga pesan liwetan untuk acara besar.

Selain paket liwetan, Satoesoek+ punya menu lain yang tak kalah menarik, seperti Nasi Goreng Domba, Mie Nyemek Jawa, Gado-gado, hingga Rendang Jengkol.

Jika berkunjung kemari pastikan bawa pasukan yang banyak, karena porsi makanannya yang royal dan mengenyangkan. Nikmati keasyikan menyantap nasi liwet ini dengan tangan telanjang. Raos pisan!

Baca Juga: Ini 5 Makanan Ikonik Sunda yang Sederhana Tapi Sedap!

Satosoek+
Jl. Sumagung 3, Blok P2, No. 1.
Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Telepon: (021) 4520701


Tonton juga videonya 'Puas Menyantap Liwetan Khas Sunda di Atas Daun Pisang' selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan