Serunya Buka Puasa Ramai-ramai dengan Menu Gaya Liwetan

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 20 Mei 2018 12:40 WIB
Foto: JW Marriott Foto: JW Marriott
Jakarta - Berbuka bersama keluarga atau teman bisa Anda lakukan di sini. Ada buffet yang menyediakan hidangan Timur hingga Barat serta liwetan tradisional yang nikmat.

Menyambut bulan suci Ramadan, JW Marriott Hotel Jakarta punya dua pilihan paket berbuka yang tak boleh Anda lewatkan. Dengan tema 'East Meats West' yang ada di Sailendra Restaurant dan 'Buka Puasa Seru Liwetan' di berbagai function room hotel yang berjumlah hingga 26 ruangan.

Di 'East Meats West', Anda bisa mencicip beragam menu lokal dengan cita rasa asli Indonesia. Ada Nasi Kedawetan, Nasi Goreng Betutu, Bakso Buntut, Gecok Babat, Ayam Taliwang, Telur bumbu Bali, Sate Rembiga, Kambing Guling, Otak-otak Bintan hingga Nasi Bakar Cakalang.
Serunya Buka Puasa Ramai-ramai dengan Menu Gaya LiwetanFoto: detikFood
Tak ketinggalan ada pula sajian Timur Tengah yang bisa menambah pelengkap berbuka puasa. Martabak Mesir, Chicken Shawarma hingga Lamb Ouzi bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk menu Baratnya tersedia Giant Pizza and Spanish Ball, Pasta hingga Salmon En Croute.

Racikan menu khusus Ramadan yang jadi andalannya adalah Sambal Koja. "Sambalnya dibuat dengan campuran daun koja dan daun melinjo. Ide sambal koja ini karena saya melihat banyak pohon koja, kemudian saya mencoba sendiri di rumah, rasanya enak dan saya akhirnya coba di sini untuk dijadikan sambal of the month," tutur Heri Purnama, Executive Sous Chef Sailendra Restaurant kepada detikFood (08/05).

Selain itu, Ikan Patin Bakar Bambu juga jadi andalan dan juga cocok dinikmati dengan sambal koja. "Patin bakarnya tidak menggunakan tulang dan kepala. Karena ikan ini sangat tricky memasaknya, kalau memasak dan kualitasnya kurang bagus tentu rasanya akan kurang enak. Sebaiknya cek dulu tekstur ikannya harus bagus dan fresh kemudian di fillet," jelas chef kelahiran Sumbawa ini.
Serunya Buka Puasa Ramai-ramai dengan Menu Gaya LiwetanFoto: detikFood
Patinnya dimasak dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar dengan campuran bumbu sekitar 25 menit, tergantung besar ikannya.

Untuk menikmati Ayam Bakar Taliwang, Chef Heri sarankan untuk menikmatinya bersama dengan sambal beberuk. "Sambal ini terbuat dari terong ungu yang dibakar dan dicampur dengan terong bulat mentah yang dipotong kotak kecil. Sehingga teksturnya lembut namun crunchy," ujarnya.

Ia juga menambahkan, sambal khas Lombok ini dibuat dengan menggunakan terasi, tomat, bawang putih, bawang merah, gula merah dan sedikit minyak. Makin enak dipadu dengan sayur bening untuk menetralisir rasa pedas.

Salah satu yang unik adalah Gecok Babat. Berasal dari Sumbawa, ini jadi salah satu menu yang disukai pengunjung restoran. Dalam proses pembuatannya, babat harus dicuci bersih dan direbus agak lama. "Proses perebusannya dengan menambahkan serai, lengkuas, jahe dan daun jeruk untuk menghilangkan aroma amis," ujar sang chef memberikan tips.

Setelah itu, babat dimasak dengan sambal wijen. Sambal ini dibuat dari kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat yang semuanya dibakar untuk mendapatkan aroma. Kemudian diulek dan dicampurkan dengan wijen hitam sangrai. Hmm, sedap! Makin enak ditambah dengan bawang putih, serai serta daun jeruk, cabai merah dan taburan bawang goreng.

"Ada sensasi rasa gurih sedikit asam yang berasal dari perasan air jeruk nipis dan limo," tambahnya. Disajikan dengan kacang panjang rebus dan tomat hijau.
Serunya Buka Puasa Ramai-ramai dengan Menu Gaya LiwetanFoto: detikFood
Jangan lewatkan ta'jil berupa Es Campur Sailendra Baklava hingga Bubur Kampiun yang disajikan dalam mangkuk batok kelapa unik. Cocok untuk mengawali waktu berbuka puasa.

Jika tertarik dengan 'Buka Puasa Seru Liwetan' bareng teman kantor bisa juga. Dalam paket liwetan ini semuanya adalah sajian Nusantara yang disajikan dengan daun pisang sebagai pengganti piring. Nasi putih hingga nasi liwet disajikan dengan beragam lauk enak seperti ayam goreng, udang balado, gado-gado, aneka sate, lalapan, aneka sambal hingga kerupuk.

Untuk menikmati sajian liwetan ini dibandrol dengan harga Rp 388.000++ per orang dengan minimal 30 orang. Sedangkan untuk sajian buffet 'East Meats West' dibandrol mulai dari Rp 360.000++ per orang, harga sudah termasuk ta'jil dan free flow iced tea dan iced lemon tea. (dvs/odi)