Uduk Bro: Buka Puasa Pakai Nasi Uduk Kekinian Berlauk Lele dan Bebek

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 08 Mei 2019 11:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sedang ngidam nasi uduk? Anda bisa menciicpi nasi gurih berlauk komplet di resto kekinian. Selain ayam, ada bebek hingga lele yang gurih renyah.

Lewat jalan Tebet Utara, Anda akan disambut dengan jejeran resto kekinian, hingga makanan kaki lima yang selalu dipenuhi pengunjung. Di antaranya, ada resto Uduk Bro. Dengan lambang neon berwarna terang di pintu restoran, membuat kami tertarik untuk mencicipi makanan di sana.

Baca Juga: Lumbung Padi: Menu Buka Puasa Nikmat Pakai Nasi Uduk Bayam Komplet
Uduk Bro: Buka Puasa Pakai Nasi Uduk Kekinian Berlauk Lele dan BebekFoto: dok. detikFood
Restoran ini terletak di lantai dua, dan terbilang masih cukup baru di kawasan Tebet. Bagian dalam ruangan yang cukup besar dan balkon yang menghadap langsung ke jalanan Tebet Utara. Beberapa pelayan langsung sigap dan ramah menunjukkan menu, dan memberi saran menu populer di Uduk Bro.

Kami akhirnya memesan Paket Nasi Uduk Setengah Ekor Bebek (Rp 70.900), Nasi Uduk Hedon Lele dan Ayam Kalasan (Rp 59.000), dan terakhir Nasi Uduk Hemat (Rp 22.200). Meski pengunjungnya cukup ramai, tapi pelayanan makanannya cukup cepat. Kurang dari 15 menit, semua pesanan makanan sudah tersedia.

Semua nasi uduk disajikan di atas wadah berlapis daun pisang. Aroma harum dari nasi uduk, dan gorengan lauk yang masih mengepul panas begitu menggoda selera.
Uduk Bro: Buka Puasa Pakai Nasi Uduk Kekinian Berlauk Lele dan BebekFoto: dok. detikFood
Pertama kami mencicipi Nasi Uduk Bebek, di sini nasi uduk hangat disajikan dengan dua potongan daging bebek goreng yang besar, tahu tempe, kremes, lalapan, hingga sambal rawit pedas spesial Uduk Bro.

Saat suapan pertama, tekstur nasi uduknya cukup pulen, dengan rasa gurih dari perpaduan bumbu santan dan taburan bawang goreng yang gurih. Lalu meski daging bebek hanya digoreng saja, tapi bumbu ungkep bebek dengan jejak rasa bawang dan ketumbar meresap hingga ke bagian daging.

Tekstur daging bebeknya juga lembut, dan tidak berminyak atau alot. Tidak ada aroma amis dari daging bebek, sehingga rasanya semakin enak ketika ditaburi kremes gurih dan cocolan sambal pedas.

Lalu beralih ke menu lain, ada paket yang tak kalah menarik. Yaitu paket nasi uduk, berisi potongan daging ayam kalasan, dan dua lele goreng ukuran jumbo. Tentunya paket ini juga dilengkapi nasi uduk, tahu tempe, lalapan, dan sambal. Menu ini bisa disantap hingga dua orang.
Uduk Bro: Buka Puasa Pakai Nasi Uduk Kekinian Berlauk Lele dan BebekFoto: dok. detikFood
Di bagian atas nasi uduk, diberi irisan telur dadar dan taburan bawang goreng. Untuk tekstur lele sendiri, rasanya sedikit berbeda dengan lele goreng di tenda kaki lima. Di sini rasanya lebih enak dan gurih, dengan bagian daging lele yang garing di luar, dan lembut di dalam. Tidak ada rasa atau aroma amis, yang biasanya muncul di hidangan lele goreng.

Kalau ayam kalasannya, menggunakan potongan daging dada ayam yang digoreng hingga garing. Tentunya rasa daging ayam kalasan ini lebih gurih, karena menggunakan ayam kampung. Apalagi dibalut dengan bumbu kalasan yang meresap sempurna hingga ke tulang.

Terakhir kami cicip paket hemat, yang juga jadi menu favorit di Uduk Bro. Paket hemat ini hanya berisi nasi uduk, dua tahu dan dua tempe, lengkap dengan sambal rawit pedas. Menurut pelayan di sana, paket uduk ini biasanya disandingkan dengan Jamur Krispi (Rp 16.200) yang disajikan saat masih panas.
Uduk Bro: Buka Puasa Pakai Nasi Uduk Kekinian Berlauk Lele dan BebekFoto: dok. detikFood
Perpaduan rasa dari jamur berbalut tepung sedap, dengan nasi uduk dan tahu tempe ternyata bisa juga memanjakan selera. Porsinya juga cukup banyak, jadi meski menu hemat tapi dijamin tetap mengenyangkan, dan cocok untuk menu berbuka puasa bersama teman atau keluarga.

Selain tiga menu di atas, Uduk Bro juga punya menu satuan yang bisa dipesan secara terpisah. Salah satunya ada Karedok, Semur Daging, Orek Tempe, Tumis Kangkung, hingga Bihun Goreng.

Baca Juga: Nasi Uduk Kota Intan : Gurih Nikmat! Nasi Uduk Legendaris di Pasar Baru

Uduk Bro
Jl. Tebet Utara Dalam No.3.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telp: 0813-1682-8150

(sob/odi)