Lumbung Padi: Menu Buka Puasa Nikmat Pakai Nasi Uduk Bayam Komplet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 06 Mei 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Menu buka puasa di hari pertama Ramadhan harus istimewa. Di restoran ini ada nasi uduk bayam berlauk ayam goreng yang nikmat mengenyangkan. Nyamm!

Di kawasan Senayan ada restoran Indonesia yang lokasinya strategis dan pilihan menunya banyak. Namanya Lumbung Padi yang berada di sebelah Senayan Trade Center (STC) dan di seberang Senayan City (Sency). Bangunan restoran menggantikan convenience store 7-Eleven yang sudah tutup.

Lumbung Padi: Menu Buka Puasa Nikmat Pakai Nasi Uduk Bayam KompletSuasana bersantap di Lumbung Padi Restaurant (Foto: dok. detikFood)

Di hari biasa, Lumbung Padi kerap jadi tujuan makan siang para pegawai kantoran di sekitar Senayan. Mereka umumnya memilih tak mau repot masuk ke dalam mall. Soal harga, restoran ini menawarkan harga cukup terjangkau.

Untuk buka puasa, Anda bisa mencicip menu favorit di Lumbung Padi yaitu Nasi Uduk Bayam Komplet (Rp 49.000). Hidangan ini sangat lengkap dengan nasi uduk dicetak seperti tumpeng mini. Pendampingnya ada ayam goreng, telur balado, teri kacang goreng, sambal terasi, lalapan dan kerupuk.

Hmmm... Nasi uduk bayam menebar aroma gurih santan yang nikmat. Warnanya hijau muda cantik sehingga memikat selera. Terlihat kontras juga dengan sambal balado pada telur dan sambal terasi di sisiannya.

Lumbung Padi: Menu Buka Puasa Nikmat Pakai Nasi Uduk Bayam KompletNasi Uduk Bayam Komplet bisa jadi menu pilihan buka puasa (Foto: dok. detikFood)

Nasi uduk bayam begitu empuk dan pulen. Rasa gurihnya juga pas, meski kami tak mendapati jejak rasa bayam. Mirip seperti nasi uduk pada umumnya. Paling enak disuap dengan ayam goreng yang gurih berkulit garing. Ayam goreng bumbu kuning ini ukurannya tak terlalu besar.

Telur balado juga istimewa karena sambalnya pedas sedikit manis. Citarasa sambal ini berbeda dengan sambal terasi yang jejak pedasnya lebih nendang, tentunya dengan sentuhan aroma dan rasa terasi yang nikmat.

Seporsi nasi uduk bayam ini dijamin mengenyangkan untuk berbuka puasa. Apalagi ada lauk teri kacang goreng yang asin, garing, dan renyah.

Ingin makan yang berkuah, kami pilih Mie Godog Jawa (Rp 38.000) untuk hangatkan perut. Mie godog ini porsinya lumayan besar sehingga bisa jadi menu 'sharing'. Mie Hokkien nampak berendam dalam kuah kental kecokelatan.

Lumbung Padi: Menu Buka Puasa Nikmat Pakai Nasi Uduk Bayam KompletMie Godog Jawa dengan isian lengkap dan kuah gurih (Foto: dok. detikFood)

Nampak ada potongan daging ayam rebus, sawi, kol, dan taburan bawang goreng yang melengkapi mie bernama lain mie tek-tek ini. Kuahnya sendiri agak keruh karena tercampur dengan rebusan telur.

Slurpp! Mienya terasa lembut dan mulur. Kuahnya gurih, namun kami merasa sedikit keasinan. Meski begitu, mie godog Jawa tetap puaskan selera dengan potongan ayam rebus yang besar dan gurih. Sepertinya hanya memakan bagian dada ayam tanpa kulit sehingga terasa lebih 'daging'.

Kalau mau makin nikmat, mie godog Jawa bisa ditambahkan perasan jeruk nipis dan sambal yang disediakan restoran. Makin enak saat semuanya sudah teraduk rata.

Untuk menutup santapan sekaligus takjil berbuka, Anda bisa mencoba Es Goyobod (Rp 28.000). Es tradisional khas Sunda ini mirip es campur dengan kepalan es serut santan yang jadi primadonanya.

Lumbung Padi: Menu Buka Puasa Nikmat Pakai Nasi Uduk Bayam KompletTutup santapan dengan es goyobod plus alpukat, kelapa muda, dan agar (Foto: dok. detikFood)

Es goyobod dilengkapi alpukat kerok, lembaran kelapa muda, agar-agar merah, dan biji selasih. Menikmati es goyobod paling enak dengan mencampurkan es bersama toppingnya dulu. Es yang dingin dan gurih ini sangat enak ketika dimakan dengan buah-buahan segar. Pas jadi pencuci mulut!

Selain menu di atas, Lumbung Padi punya banyak menu Indonesia enak lainnya. Bahkan untuk ramadhan, mereka sudah menyediakan Paket Ramadhan dengan takjil gratis. Paket terdiri dari Bedug I, Bedug II, dan Bedug III dengan pilihan lauk ayam bakar, ayam goreng, dan rendang.

Kalau mau buka bersama, Lumbung Padi tawarkan paket isi 10 pack seharga Rp 900.000 hingga paket 20 pack seharga Rp 1.900.000. Cocok untuk lokasi buka puasa bersama teman-teman kantor. Mampir, yuk!

Lumbung Padi Restaurant
Jl. Asia Afrika No. 1, Senayan
Telepon: 021 5713651

(adr/odi)