Vegepoint: Cicip Ayam Kalasan Hingga Suki Enak Vegetarian

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 15 Feb 2019 17:00 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Restoran khusus vegetarian ini punya aneka sajian makanan enak. Bisa cicip menu ayam Kalasan hingga ikan saus mangga tanpa tambahan bahan hewani sama sekali.

Di kawasan Alam Sutera, ada restoran khusus vegetarian yang sajikan menu enak. Meskipun tidak menggunakan bahan hewani sama sekali. Restoran ini membuat tekstur yang menyerupai ayam dan ikan dengan bantuan tepung jamur hingga kedelai.

Vegepoint: Cicip Ayam Kalasan Hingga Suki Enak VegetarianFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Mengintip menunya, di sini tersedia menu yang hampir sama dengan restoran umum. Ada ayam Kalasan, sate Padang, soto Betawi hingga curry rice. Porsinya cukup besar, sehingga restoran ini diperuntukkan bagi Anda yang datang bersama dengan keluarga.

DetikFood mencicip Ayam Kalasan (Rp 45.000), Ikan Saus Mangga (Rp 48.000) dan Suki (Rp 48.000) dengan tambahan 3 jenis topping (Rp 75.000).

Baca juga: Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang Kentang

Ayam Kalasan disajikan dengan tampilan yang benar-benar mirip. Potongan daging 'ayam' berwarna kecokelatan dipadu dengan taburan rempah. Menurut salah satu karyawan, ayam kalasan ini dibuat dengan jamur dan tepung kedelai.

Vegepoint: Cicip Ayam Kalasan Hingga Suki Enak VegetarianFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Teksturnya lembut dan agak berserat. Rasanya gurih dengan paduan bumbu kuning bersemburat kemiri dan lengkuas. Hmm, aromanya nikmat dan sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Selain nasi, restoran ini juga punya menu ikan. Kombinasi tepung kedelai dengan nori menghasilkan tekstur yang mirip sekali dengan ikan berdaging padat. Adonan tepung dan bumbu dibentuk menyerupai ikan.

Vegepoint: Cicip Ayam Kalasan Hingga Suki Enak VegetarianFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Agar rasanya ada semburat 'amis', adonan tersebut dilapisi dengan nori atau rumput laut. Nyam! Teksturnya lembut padat dengan paduan saus asam manis yang sedikit pedas. Bikin makin segar, ketika kami mengunyah potongan mangga yang asam nikmat.

Dan terakhir menu suki. Suki ini sepertinya wajib dipesan karena berisi aneka sayuran dengan pilihan bakso ikan yang enak. Seporsi suki disajikan dengan isian sayuran berupa sawi putih, sawi hijau, jamur kancing, wortel dan jagung.

Pelengkapnya berupa daging bakso, otak-otak dan bakso udang. Tekstur baksonya kenyal dengan semburat gurih. Sedangkan bakso udang memiliki warna putih dengan bercak merah muda sama seperti bakso udang sungguhan. Dan otak-otak dibuat dengan campuran warna oranye yang nyata.

Vegepoint: Cicip Ayam Kalasan Hingga Suki Enak VegetarianFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Disajikan dengan dua kuah berbeda. Ada kuah kaldu bening dan tomyum. Kuah tom yumnya punya citarasa yang pedas. Dengan warna yang merah, kuah ini sangat cocok dinikmati untuk menyegarkan badan karena rasanya gurih, asam dan pedas.

Baca juga: Kehidupan: Makan Murah Meriah dengan 'Sate' dan 'Telur' Vegetarian yang Sedap

Kalau tak suka pedas disarankan untuk memilih kuah kaldu bening. Kaldu sayuran yang bening ini rasanya tak kalah enak. Makin nikmat dicampurkan dengan aneka sayuran dan bakso. Sluurp, pas untuk hangatkan tubuh.

Supaya mulut tak terlalu berminyak, langsung saja memesan Chinese Tea (Rp 35.000). Teh chrysanthemum ini bisa dinikmati hingga 6 orang. Meskipun menu vegan tetap selezat menu biasa.


Vegepoint Vegetarian
Alam Sutera Town Centre Blok 10H No. 12,15 dan 16
Tangsel
Telp: 082125477014



(lus/odi)