Rumah Eyang: Menikmati Kopi Hingga Mangut Ikan Lele di Rumah Joglo

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 18 Jan 2019 16:30 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Berbentuk rumah joglo restoran yang bernama Rumah Eyang ini selalu jadi tempat ternyaman cicip makanan enak. Ada nasi goreng kulit ayam, mangut ikan lele sampai racikan kopi.

Restoran yang sudah buka sejak pertengahan tahun lalu ini konsepnya bernuansa Jawa. Rumah berbentuk joglo dengan bahan kayu ini mengesankan kita pada rumah eyang di zaman dulu. Kursi-kursi kayu berjajar rapih seperti layaknya di ruang tamu rumah. Dengan hiasan barang-barang antik tempat ini sangat nyaman untuk bersantai sambil puaskan perut.

Rumah Eyang: Menikmati Kopi Hingga Mangut Ikan Lele di Rumah JogloTempat lesehan yang bisa dinikmati saat cicip kopi di Rumah Eyang. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Mampir ke sini juga tak perlu khawatir tak ada parkir. Pasalnya di bagian belakang dapur resto ini ada tanah luas yang cukup jadi lahan parkir mobil dan motor.

Baca juga: Rumah Makan Jati: Mantap Sedap! Jengkol Terasi dan Sup Iga di Rumah Joglo

Mengintip menunya, di sini tersedia nasi ayam geprek, telur dadar, mangut ikan lele, nasi goreng hingga bakmi. Di area yang berbeda, ada tempat makan kecil plus gerobak yang digunakan untuk meracik bakmi. Sayangnya saat kami mampir bakminya sudah habis.

Sajian mangut ikan lele dengan kuah kental berwarna kuning.Sajian mangut ikan lele dengan kuah kental berwarna kuning. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Akhirnya pilihan kami jatuh kepada mangut ikan lele (Rp 20.000) dan nasi ayam geprek (Rp 25.000). Racikan mangut khas Jawa Tengah ini dibuat dengan paduan bumbu santan kental dan berwarna kuning. Rasanya gurih dengan paduan rasa manis dan pedas yang berasal dari potongan cabai rawit. Ketika dicuil, ternyata ikan lelenya tidak diasapi terlebih dulu melainkan digoreng.

Meskipun begitu rasa bumbu dari mangut ini sangat 'kaya' dan enak disandingkan dengan nasi putih yang hangat. Selain mangut lele, ada nasi ayam geprek. Bagi pencinta rasa pedas tentu sajian yang satu ini bisa jadi pilihan.

Ayam geprek yang pedas dengan tampilan mirip ayam penyet.Ayam geprek yang pedas dengan tampilan mirip ayam penyet. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Ayam geprek ini tampilannya mirip sekali dengan ayam penyet. Ayam goreng yang punya rasa gurih dan tekstur daging lembut ini enak dipadu dengan sambal pedas. Nyam! Makan dengan nasi putih, sambal dan lalapan berupa kol serta timun. Kalau lauknya kurang, bisa juga ditambah dengan telur dadar (Rp 8.000).

Telur yang dikocok dengan garam ini disajikan serasi menggunakan sambal terasi. Jika sedang menghemat, bisa juga memesan nasi plus telur dadar ini. Telur dadarnya disajikan dengan pelengkap berupa sambal terasi. Bersemburat terasi yang kuat, sambalnya tak terlalu pedas dengan jejak aroma bawang merah dan sedikit bawang putih yang sedap.

Nasi goreng kulit ayam enak. Nasi goreng kulit ayam enak. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Penyuka nasi goreng? Jangan sampai tak mencicip nasi goreng kulit ayam (Rp 30.000). Tampilan nasi goreng yang berwarna cokelat ini rasanya dominan gurih manis. Isiannya berupa potongan kulit ayam, bakso serta telur dengan tambahan kol dan acar. Mau lebih pedas? Tuang saja irisan cabai rawit potong ke dalamnya.

Rumah Eyang: Menikmati Kopi Hingga Mangut Ikan Lele di Rumah JogloSecangkir kopi hangat berpadu dengan pisang goreng. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Selain bisa menikmati makanan enak bersama teman dan keluarga. Rumah Eyang ini juga punya kopi. Meskipun tempatnya ada di depan namun kopinya bisa dipesan langsung. Kopi Bule (Rp 17.000) yang diseduh dengan teknik Vietnam Drip ini memiliki sensasi rasa agak asam pahit. Aroma kopinya kuat dengan rasa manis karena ditambahkan dengan susu kental manis.

Baca juga: Bersantai Sambil Makan Enak di 5 Resto dengan Arsitektur Jawa yang Unik

Untuk teman ngopi, pisang goreng (Rp 15.000) disajikan sebanyak 3 buah. Pisang uli bertekstur lembut dengan balutan adonan tepung pisang ini disajikan panas-panas. Dinikmati dengan kopi, tentu rasanya semakin pas apalagi ditambah minum kopi dan pisang goreng hangat saat cuaca dingin seperti ini.

Nah mau kemana TGIF kali ini? Rumah Eyang yang berlokasi di kawasan Deplu bisa jadi pilihannya.

Rumah Eyang
Jl. Deplu Raya No. 52
Jakarta
Telp: 081294110840




(lus/odi)