Rumah Makan Jati: Mantap Sedap! Jengkol Terasi dan Sup Iga di Rumah Joglo

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 10 Jul 2017 12:25 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Kalau doyan jengkol dan pecak gurami, di sini tempat untuk menikmatinya. Suasananya asri dab menunya juga bervariasi. Yuk, ke sini!

Rumah Makan Jati di kawasan Ciater, Serpong menempati bangunan berbentuk joglo khas Jawa. Di sini, Anda bisa memilih ingin menikmati makanan dengan cara lesehan atau di meja makan besar. Interior dengan furnitur serba jati memberi nuansa serba cokelat yang hangat.

Baca juga: Taman Santap Rumah Kayu: Nikmatnya Ayam Kalasan di Cocol 3 Sambal

Area pekarangannya, diisi dengan beragam pepohonan hijau yang membuat suasana semakin sejuk. Datang di hari libur, rumah makan ini cukup ramai dikunjungi keluarga yang ingin menghabiskan waktu libur. Di bagian depan, ada dua kolam kecil yang berisi ikan koi hingga mas warna-warni.

Bagian depan rumah makan jati yang terlihat asri.Bagian depan rumah makan jati yang terlihat asri. Foto: detikFood

Rumah makan ini punya berbagai menu komplet. Mulai dari gurame goreng, gurame pecak, pesmol gurame, ayam goreng kampung, sup iga, rawon, udang pete balado hingga aneka jengkol dan sayuran tumis.

Pernah mencicip ikan gurame asam manis yang enak, kedua kalinya datang ke sini tentu ingin mencoba sajian lain. Karena menu andalannya gurame, kami mencicip gurame pecak (Rp 76.000). Ikan guramenya dibakar hingga kering, warnanya kecokelatan. Aromanya bakaran tercium sedap.

Gurame bakar yang enak disiram dengan bumbu pecak.Gurame bakar yang enak disiram dengan bumbu pecak. Foto: detikFood

Gurame disajikan dengan kuah berwarna merah dengan gerusan aneka bumbu. Tercium aroma jahe yang kuat dengan irisan cabai merah dan bawang merah. Walaupun agak kurang mlekoh bumbunya, tapi agar enak menyantapnya, Anda bisa mencampurkan kuah pecak langsung di atas gurame bakar.

Baca juga: Haji Awi: Aduh Enaknye! Makan Pecak Ikan Mas dan Sop Daging di Warung Betawi

Pecak khas Betawi ini cukup menyegarkan. Apalagi gurame bakarnya juga dilengkapi dengan sambal kecap dan sambal terasi. Dijamin puas kepedasan!

Buat penggemar jengkol, di sini jengkol dibumbui sambal terasi. Jengkol terasi (Rp 20.000) disajikan dalam piring kecil. Tercium aroma sambal terasi yang gurih sedap. Rupanya jengkol direbus dengan benar. Karena itu teksturnya empuk 'nutty' khas jengkol. Saat dikunyah terasa perpaduan rasa yang gurih dengan pedas menyegat sambal terasi.

Jengkol bumbu sambal dan terasi di rumah makan jati.Jengkol bumbu sambal dan terasi di rumah makan jati. Foto: detikFood

Jangan segan menambah nasi yang pulen wang. Karena pasti nambah, apalagi nasinya pulen disajikan dalam bakul bambu. Mantap!

Selain kedua menu ini, semangkuk sup iga (Rp 60.000) dengan isian komplet bisa jadi pilihan. Saat diseruput, kuah supnya begitu segar dengan perpaduan rasa gurih kaldu iga. Potongan daging iga cukup royal dan empuk. Berpadu enak dengan potongan daun bawang, tomat dan emping.

Sup iga gurih bergaya Betawi.Sup iga gurih bergaya Betawi. Foto: detikFood

Sup iga gaya Betawi dengan kuah bening ini terasa segar dan gurih. Makin komplet ketika diberi perasan jeruk nipis, sambal dan juga acar. Jangan lupa nikmati dengan nasi hangat!

Teh poci hangat.Teh poci hangat. Foto: detikFood

Untuk menetralisir rasa gurih yang berlemak, Anda bisa menikmati secangkir teh poci (Rp 15.000) yang bisa dinikmati berdua. Teh yang kental plus aroma wangi bunga gambir, ini makin nikmat ditambah gula batu.

Baca juga: Pecel Pincuk Godong Ijo: Uenak Tenan Rawon Daging yang Gurih Plus Teh Poci Nasgitel

Kalau mau makan sambil santai berkaraoke juga bisa. Rumah makan ini juga sediakan tempat karoke yang bisa dibooking beberapa hari sebelumnya. Cocok buat acara kumpul-kumpul.

Rumah Makan Jati
Jl. Ciater raya No. 2
Serpong, Jakarta Selatan
Buka: 09.00 - 22.00
Telp: (021) 7566520




(lus/odi)
Load Komentar ...