Kopi Bang Alay: Bisa Ngopi Enak dan Makan Nasi Berlauk Komplet 24 Jam

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 20 Sep 2018 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Selain kopi, kafe sederhana yang buka 24 jam ini punya makanan beragam. Porsinya cukup royal dijamin bikin perut kenyang. Ada wagyu dabu-dabu hingga singkong goreng.

Kalau sedang bingung mencari tempat makan yang buka 24 jam, dan pilihan beragam. Bisa mampir ke Kopi Bang Alay yang ada di wilayah Kalibata. Tak sekedar tempat ngopi, di sini bisa pesan makanan khas Indonesia.

Baca Juga: Sepotong Sandwich Wagyu Langka Premium Ini Dihargai Rp. 2,6 Juta
Kopi Bang Alay: Bisa Ngopi Enak dan Makan Nasi Berlauk Komplet 24 JamFoto: dok. detikFood
Tampilan luarnya cukup sederhana dan tempatnya tidak besar, tapi ramai dengan pengunjung. Aroma harum kopi menyambut kami, ketika masuk ke dalam kafe yang memiliki konsep semi outdoor ini. Menu makanan dari ayam geprek, hingga singkong goreng tersedia di sini.

Kami akhirnya memesan menu yang populer di sini, yaitu Nasi Wagyu Dabu-dabu (Rp. 32.000,-), Nasi Ayam Telor Asin (Rp. 28.000,-), dan Mie Goreng TekTek (Rp. 26.000,-).

Ciri khas menu nasi di Kopi Bang Alay, semuanya menggunakan telur mata sapi. Aroma gurih Wagyu Dabu-dabu yang menggoda selera tercium saat disajikan hangat.

Sesuai namanya, Nasi Wagyu Dabu-dabu ini berupa nasi putih, telur mata sapi, potongan daging wagyu, dan sambal dabu-dabu. Potongan daging wagyu ditumis dengan bumbu pedas manis. Ada jejak rasa jahe dan lada, yang berpadu dengan kecap manis. Gurih manis.
Kopi Bang Alay: Bisa Ngopi Enak dan Makan Nasi Berlauk Komplet 24 JamFoto: dok. detikFood
Tekstur daging sangat empuk. Pedasnya sambal dabu-dabu, memberi sentuhan segar pada tumisan daging. Cubitan pedas dari cabe rawit merah dan hijau, justru bikin nagih. Apalagi jika wagyu disantap dengan telur mata sapi, dan nasi putih. Nyam!

Lalu ada Nasi Ayam Telur Asin, disajikan dengan telur mata sapi, lalapan, ayam goreng, sambal korek, dan nasi putih. Uniknya, menu yang satu ini tidak hanya menggunakan kuning telur asin saja, tapi juga ada potongan telur rebus ke atas ayam goreng.
Kopi Bang Alay: Bisa Ngopi Enak dan Makan Nasi Berlauk Komplet 24 JamFoto: dok. detikFood
Aroma creamy dari saus telur asin cukup kuat. Daging ayam berbalut tepung yang digoreng kering ini disiram saus telur asin. Rasa asin gurih dan masir kuning telur asin terjejak enak di lidah. Sambal koreknya tidak terlalu pedas, tapi cocok jadi paduan creamy sausnya.

Terakhir ada Mie Goreng TekTek dengan porsi lumayan royal. Seperti umumnya mie goreng gaya kampung, mie goreng ini dilengkapi dengan potongan daging ayam, irisan bakso, sawi, dan kol.

Tampilannya memang sederhana, hanya ditemani acar dan kerupuk. Tapi ternyata rasanya cukup enak, dan pedas. Selain rasa bawang putih dan merah, juga ada jejak rasa gurih kemiri. Irisan cabe rawitnya memberi sengatan pedas yang enak.
Kopi Bang Alay: Bisa Ngopi Enak dan Makan Nasi Berlauk Komplet 24 JamFoto: dok. detikFood
Selain menu di atas, Kopi Bang Alay punya aneka menu kopi enak. Salah satunya kopi Gayo. Untuk makanan lainnya ada Nasi Goreng Sirloin, Nasi Fuyunghai, Spaghetti Aglio Olio, pisang bakar, hingga Martabak Telor Keto.

Tempat ini memang punya menu 'all day dining' yang cukup lengkap. Mau ngopi, ngemil, atau makan kenyang semuanya ada. Tersedia 24 jam. Jadi kalau lapar tengah malam tempat ini bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Slurpp! Enaknya Mie Tek-tek Ayam Bisa Anda Buat dengan 4 Langkah Ini



Kopi Bang Alay
Kalibata City Square, Tower Cendana.
JL. Kalibata Raya No. 1, Jakarta Selatan.
Telp: +628988855555



(sob/odi)