PiKNiK : Serunya Makan Philly Cheese Steak dengan Suasana Liburan

Devi Setya - detikFood Kamis, 13 Sep 2018 11:50 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Mau meredakan stress tapi nggak punya banyak waktu? Mampir saja ke kafe PiKNik, di sini bisa memanjakan lidah sambil 'liburan' singkat.

Berlokasi di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, kafe ini terbilang masih baru namun pengunjungnya banyak dari kalangan netizen. Konsep kafe ini bikin para netizen sekaligus foodies berdatangan untuk makan sambil hunting foto instagenik.

Area kafenya memang tidak terlalu luas tapi hampir setiap sudut didesain dengan gaya tropis yang membuat kaum millennial ogah beranjak. Oiya ada kolam renang juga di kafe ini, pengunjung bebas berenang tanpa dikenai biaya sepeserpun. Serasa liburan!
PiKNiK : Serunya Makan Philly Cheese Steak dengan Suasana LiburanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Puas menikmati suasana, kami melirik daftar menunya. Ada menu western namun diselingi menu enak bergaya tradisional. Misalnya Tempoyak Fried Rice alias nasi goreng tempoyak dan Red Makassar Fried Rice atau nasi goreng merah khas Makassar.

Kami mencoba beberapa menu andalannya seperti Philly Cheese Steak, Red Makassar Fried Rice dan semangkuk smoothie bowl. Ternyata bukan hanya konsep kafenya saja yang instagenik tapi makanan dan minuman yang disajikan juga datang dengan tampilan cantik.

Pertama kami menjajal Philly Cheese Steak (Rp 60 ribu). Ini adalah hidangan sandwich yang menghadirkan setangkup roti hotdog empuk diisi dengan tumis daging dan bawang bombay. Tekstur dagingnya juicy dengan rasa dominan gurih sedikit manis.
PiKNiK : Serunya Makan Philly Cheese Steak dengan Suasana LiburanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Tak hanya itu, bagian dalam sandwich ini juga diberi lelehan saus smoked cheddar yang creamy. Makin enak lagi kalau dimakan bersama salad dan mix chips yang disajikan terpisah.

Setangkup sandwich ini porsinya kurang nendang, apalagi untuk foodies yang kapasitas perutnya agak besar. Bisa pesan menu nasi seperti yang kami cicip yakni Red Makassar Fried Rice (Rp 45 ribu).

Nasi goreng merah ala Makassar ini punya tampilan yang menarik dan khas. Warna merah mencolok ini berasal dari saus tomat yang didatangkan langsung dari Makassar.
PiKNiK : Serunya Makan Philly Cheese Steak dengan Suasana LiburanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Selain nasi, isiannya ada irisan daging sapi, telur ceplok dan kerupuk. Simpel memang, rasanya juga sederhana tapi cukup sedap. Kalau suka pedas, boleh request untuk ditambahkan sambal lebih banyak. Kalau kami memilih rasa original.

Nah kalau yang lagi diet bisa cicip smoothie bowl yang juga jadi salah satu menu andalan. Ada dua pilihan yakni alpukat dan naga, keduanya dibanderol dengan harga Rp 45 ribu. Kami memilih varian alpukat.

Uniknya, smoothie ini disajikan di atas mangkuk kayu dengan sendok kayu juga sebagai alat makannya. Alpukat segar diblender hingga halus lalu dihidangkan dengan beragam topping seperti strawberry, kiwi, pisang, granola dan mix nuts. Makin cantik, diberi juga bunga telang sebagai garnish.
PiKNiK : Serunya Makan Philly Cheese Steak dengan Suasana LiburanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Karena dibuat tanpa pemanis tambahan, bubur alpukat lembut ini memang terasa hambar tapi enak dinikmati bersama topping buahnya. Dimakan siang-siang makin segar. Yummy!

Puas makan, kami tak mau langsung beranjak. Menikmati dulu suasana kafe ditemani jus buah naga (Rp 35 ribu) yang disajikan menggunakan kulitnya. Oiya beberapa jus di sini memang dihidangkan dalam kulit buahnya langsung, seperti buah naga, nanas dan kelapa. Jadi sekaligus bisa jadi objek foto ciamik.
PiKNiK : Serunya Makan Philly Cheese Steak dengan Suasana LiburanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Waktu paling pas untuk datang ke kafe ini memang saat pagi atau sore hari ketika suasana adem dan tidak terlalu terik sinar matahari. Tapi kalau mau puas, di sini juga ada guest house yang bisa jadi tempat menginap, namanya Arif Inn. Jadi makin maksimal meskipun liburan singkat.

Banyak pengunjung yang datang dengan balutan outfit ala liburan, jadi kalau berniat datang ke kafe ini jangan lupa bawa topi pantai atau kacamata hitam andalanmu ya!

PiKNik
Jl. Pertanian Raya No.53, RT.2/RW.4
Lebak Bulus, Cilandak
Jakarta Selatan
Telepon (021) 7692305


(dvs/odi)